Pesantren Santi Asromo Majalengka | Rating Tinggi dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Santi Asromo Majalengka merupakan salah satu pondok legendaris di Jawa Barat, bahkan menurut kami di Indonesia. Santrinya ribuan, alumninya juga ribuan, berhasil kuliah di dalam bahkan di luar negeri.

Oleh sebab itu kami akan mengulas informasi lengkap dengan cara merangkum brosur yang berhasil kami dapatkan, juga melihat website resmi agar menjadi bahan pertimbangan para wali santri yang ingin masuk pesantren Mufidah Santi Asromo.

Pesantren Santi Asromo Majalengka

Pesantren Mufidah Santi Asromo berdiri pada tahun 1932 oleh salah satu pahlawan perjuangan yaitu KH. Abdul Halim Iskandar. Santri mulai datang ketika itu berjumlah 20 orang. Bisa dikatakan ini merupakan salah satu pesantren tertua di Indonesia.

Sedangkan nama Santi Asromo merupakan bahasa sanksekerta yang berarti Santi adalah sunyi dan asromo adalah tempat. Berarti tempat sunyi yang jauh dari perkotaan sebagai wadah terbaik menuntut ilmu agama.

pesantren santi asromo majalengka

Pendidikan di Santi Asromo Majalengka

Ada banyak jenjang pendidikan di pesantren Santi Asromo Majalengka. Di antaranya adalah MTs PUI yang merujuk kepada kemenag. Kemudian ada SMP Prakarya dan SMA prakarya yang merujuk ke diknas.

Kalau modelnya lebih kepada boarding school. Yaitu pendidikan yang mana sisi formalnya cukup baik. Adapun keislamannya lebih kepada unsur pembiasaan sehari-hari. Nanti bisa dilihat dari kegiatan harian di bagian bawah.

Untuk nilai akreditasinya sudah A. Yang berarti sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam beragam aspek. Mulai dari kurikulum, guru, model pembelajaran, fasilitas, hingga sarana dan prasarana.

Materi Pembelajaran di Ponpes Santi Asromo

Sedangkan materi utama pembelajaran di Ponpes Santi Asromo selain kegiatan akademi adalah tahfidz Quran. Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi berapa jumlah target hafalan yang harus dicapai.

Kedua ada pembiasaan hidup islami. Caranya adalah pembinaan di asrama pesantren yang didampingi selama 24 jam. Sehingga shalat subuh, mengaji, dan kegiatan keagamaan lain dikondisikan dengan baik.

Ada juga kegiatan peningkatan ketrampilan, seperti menjahit, batik, karate dan silat, bahkan yang menurut kami menarik adalah adanya desain grafis dan cinematografi. Bisa dikatakan pendidikan di pesantren Santi Asromo Majalengka cukup lengkap.

Prestasi Santri               

Bahkan prestasinya cukup mentereng. Di antaranya adalah juara pertama kompetisi Bahasa Arab Nasional virtual tingkat SMA kabupaten Majalengka di tahun 2021. Ada juga juara pertama puisi tingkat SMP atau sederajat di kabupaten Majalengka di tahun yang sama.

Masih ada lagi juara pertama pencak silat Sumedang Rarang Open pada tahun 2019. Bisa dikatakan rata-rata prestasi yang diraih oleh santri Mufidah Santi Asromo adalah bidang non akademik.

Fasilitas

Menurut kami kalau dari fasilitas pondok pesantren adalah standar. Namun keunggulan utamanya adalah wilayah pesantren yang cukup luas. Kemudian memang berada di antara hijaunya pohon. Jadi nyaman. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan di bawah.

Kegiatan Harian Santri

03:30-04:00Qiyamul Lail
04:00-05:00Shalat subuh dan dzikir
05:00-05:30Tahfidz dan kosakata bahasa
05:30-06:30Sarapan pagi dan kegiatan pribadi
06:30-07:00Dzikir pagi
07:00-12:00Belajar Formal
12:00-14:00Dhuhur dan Makan siang
14:00-15:00Kegiatan ekstra
15:00-16:00Ashar dan Waqiah
16:00-17:00Istirahat
17:00-18:00Kegiatan pribadi, maka dan shalat
18:00-19:45Tahsin, kitab kuning, dan hadist
19:45-20:00Isya
20:00-21:30Belajar malam
21:30-03:30Istirahat

Rating Google

Di Google rating pesantren Santi Asromo hampir sempurna, yaitu 4.8 dari nilai maksimal 5. Yang mengulas juga banyak, sampai 87. Di antara komentarnya adalah “Pondok pesantren bagus, udaranya bersih, sunyi dan jauh dari keramaian.”

Pendaftaran Pesantren Modern Santi Asromo

Bagi yang ingin mendaftar ke pondok pesantren modern Santi Asromo Majalengka, maka pendaftaran sudah dimulai sejak awal Desember hingga Maret. Nantinya ada rentetan seperti tes dan lain sebagainya.

Tapi daftarnya cukup online, yang harus disiapkan adalah file pas foto, NIK, NISN, biodata santri dan wali santri, nomor handphone aktif untuk konfirmasi, serta biaya pendaftaran sebesaar Rp300.000.

Tapi perlu diketahui, bahwa ada tes yang harus dilewati, yaitu tes potensi akademik, baca Quran, dan wawancara. Jadi harus disiapkan dengan baik jika ingin ke Pesantren Santi Asromo Majalengka.

Biaya Masuk Santi Asromo

Untuk biaya masuk SMA sebesar Rp9.100.000, sedangkan untuk SMP sebesar Rp9.000.000 dengan biaya bulanan sama yaitu Rp750.000. Biaya masuk sudah termasuk biaya SPP bulanan. Ini tahun ajaran 2022-2023.

Menurut kami biaya ini tergolong menengah. Bisa dilihat dari pesantren lain di Majalengka di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing agar menjadi bahan pertimbangan.

Alamat Lengkap

Untuk alamat lengkap berada di Pasirayu, Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Atau lebih mudahnya bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan di bagian bawah.

Informasi lebih lengkap, update, dan valid bisa kunjungi website resminya di sini, atau hubungi nomor 08131 2779 494 jika mengalami kendala.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *