pesantren terbaik di situbondo

5 Pesantren Terbaik di Banjar | Modern dan Tertua

Posted by

Pesantren terbaik di Banjar | Wilayah ini dikenal sebagai kota yang memiliki kehidupan keislaman yang cukup kental, sehingga banyak pesantren terbaik di wilayah ini yang berdampingan dengan Cilacap Jawa Tengah.

Kami akan mengulas beberapa pesantren terbaik di Banjar berdasarkan review yang ada di internet, rating Google, dan beberapa aspek subjektif lainnya. Nomor bukanlah ranking, semoga bisa bermanfaat bagi Anda pencari informasi pesantren.

Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo

Ini merupakan pesantren yang dikenal salah satu terbesar di Banjar. Lebih dikenal dengan sebutan Al Azhar Citongkolo. Juga termasuk pesantren tertua karena cikal bakalnya dari tahun 1911. Alamatnya di Jl. Pesantren, Citangkolo, Kujangsari, Langensari. 

Secara lembaga pendidikan pesantren ini sangat lengkap dari SMP, SMA, MA, hingga perguruan tinggi. Namun demikian tidak hanya pendidikan formal yang diunggulkan, tapi juga pendidikan diniyah.

pesantren terbaik di Banjar

Di pesantren ini salah satu fokusnya memang kajian kitab kuning, terutama penguasaan nahwu dan shorf. Pagi belajar formal, siang, sore, dan malam mengaji kitab kuning dengan metode sorogan dan bandongan. Di sisi lain ada juga tahfidz Qurannya. Sehingga menjadi salah satu pesantren terbaik di Banjar.

Untuk biaya masuk pondok sekitar 2.3 jutaan, sedangkan untuk sekolah formal sekitar 750 ribuan. Masih ada lagi biaya masuk diniyah sekitar 220-an. Sehingga kalau ditotal sekitar 3.3 jutaan. Informasi lengkap bisa kunjungi AlazharCintangkolo.com

Pesantren Modern Daarul Huda Banjar

Yang satu ini adalah pesantren modern, namanya Daarul Huda dengan alamat Jl. Dr. Husein Kartasasmita, Balokang, Kec. Banjar. Pesantren ini memiliki identitas gabungan kurikulum antara nasional dan pesantren Gontor serta ada beberapa khas Daarul Huda.

Kurikulum yang diambil dari Gontor adalah KMI, yaitu kurikulum yang sudah menggabungkan antara agama dan umum di dalam kelas. Identias lainnya adalah unsur bahasa arab dan inggris yang menjadi bahasa komunikasi. Dan bagusnya adalah pesantren ini tidak berkiblat pada ormas tertentu.

Sisi keunggulan lainnya ada tahfidz Quran, juga ada pendidikan kewirausahaan melalui praktek-praktek yang dilakukan di dalam pondok pesantren. Tidak lupa disiplin dan pendidikan karakter juga cukup baik sebagai identitas pendidikan pesantren. 

Sisi kelebihan lainnya adalah terpisahnya kampus putra dan putri. Sehingga kegiatan pendidikan tidak banyak terganggu dengan komunikasi antara putra dan putri. 

Untuk biaya masuknya sekitar 3.5 juta dengan biaya SPP bulanan sekitar 600 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Terbaik Islamic Boarding School Al Kautsar

Berdiri pada tahun 2004, pesantren ini tumbuh dan berkembang dengan begitu cepat dan pesat. Alamatnya di Jl. Pejuang No. 100 RT 10 RW 03 Karangpucung Wetan Ds. Jajawar Kec. Banjar. Jenjang pendidikan di pesantren ini adalah MTs dan MA. 

Modelnya Islamic Boarding School, yaitu pendidikan dengan basis asrama yang menekankan pada pendidikan formal, namun tetap memiliki bekal pengetahuan dasar agama Islam. Ada tahfidz Quran juga. 

Untuk fasilitasnya cukup lumayan. Seperti ranjang bertingkat. Kelas yang representatif. Ruang terbuka, Eskulnya juga bermacam-macam, dari karate, kemudian pramuka, dan beragam kegiatan bermanfaat lainnya. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Banjar.

Untuk biaya masuknya sekitar 6 juta rupiah, sedangkan SPP bulanannya sekitar 650 ribuan. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya. Di sini.

Pesantren Tertua di Banjar Ayah Cibeunteur

Satu lagi pesantren terbaik di Banjar. Kami mengambilnya karena menjadi bagian sejarah pesantren di kota Banjar. Namanya Ayah Cibeunteur, berdiri sekitar 1.800, kalau di Jawa Timur mungkin yang lebih tua dari ini adalah Sidogiri Pasuruan.

Alamatnya di di Dusun Karang Tengah, RT 22/8, Desa Balokang, Kecamatan banjar, pesantren ini masih eksis hingga sekarang, Santrinya terus berdatangan. Rata-rata santrinya berasal dari wilayah Jawa Barat. Seperti Banten dan Tangerang. 

Bangunannya modelnya terlihat klasik, namun ada beberapa yang sudah mengikuti model sekarang. Cukup sederhana sekali. Model pendidikannya salafiyah berbasis kajian-kajian kitab dan pendidikan akhlaq karimah. 

Di Google, pesantren ini mendapatkan rating yang tinggi, dan testimoni yang cukup banyak. Artinya penggunanya sudah cukup banyak.

Pesantren Persis 85

Di Jawa Barat salah satu ormas besarnya adalah Persis yang kemudian melahirkan banyak lembaga pendidikan. Salah satu identitasnya ada nomor di belakang nama pesantren, seperti layaknya Al Azhar. Di Banjar salah satunya yang beralamat, Jl. Cikabuyutan Tim. No.242, Hegarsari, Kec. Pataruman.

Secara umum pesantren Persis memiliki identitas pada tiga aspek, pertama adalah penguatan aqidah melalui praktik-praktik ibadah dan amalan lainnya. Kedua adalah aspek bahasa arab. Kemampuan bahasa arab menjadi perhatian penting.

Yang ketiga adalah tahfidz Quran. Biasanya ada target sekian juz dalam jangka sekian tahun. Di sisi lain, siswanya juga berprestasi, seperti juara tiga Kompetisi Madrasah Sains dalam bidang Matematika tingkat kota Banjar 2018. Juga juara dua lomba fahmil Quran tingkat kota banjar, 2018.

Untuk biaya masuk Pesantren Persis 85 belum berhasil kami dapatkan.

Daftar Pesantren Bagus di Banjar

Inilah beberapa pesantren terbaik di Banjar. Tentu masih banyak pesantren bagus lainnya, namun karena keterbatasan informasi kami belum bisa menghimpun secara lengkap. 

Jika ada pesantren yang ingin kami review cukup mengirimkan brosur dan biaya pendidikan secara lengkap ke email kami affany1986 at gmail.com. Tambahan informasi atau kekeliruan informasi bisa cantumkan di kolom komentar. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *