7 Pesantren Terbaik di Batam | Gratis dan Tahfidz Quran

Posted by

Pesantren terbaik di Batam | Batam selama ini dikenal sebagai kota industri. Diapit di antara Riau dan Singapura wilayah ini dikenal sebagai salah satu surga jalan-jalan. Namun demikian ternyata banyak pesantren di wilayah ini.

Oleh sebab itu kami akan mengulas beberapa pesantren terbaik di Batam yang bisa dijadikan rujukan pendidikan. Kami himpun untuk mempermudah pencari informasi. Dasar kami review di internet, rating Google, dan beberapa aspek subjektif lainnya. Disclaimer on. Nomor bukanlah ranking

Pesantren Gratis Miftahul Huda

Pesantren ini beralamat di Sungai Buluh, Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang, namanya Miftahul Huda. Dibangun atas keterpanggilan seorang perepuan yang melihat beberapa anak terlantar dan butuh pendidikan.

Di atas lahan seluas 2.6 hektar pesantren ini ingin memberikan pendidikan gratis untuk anak didiknya asalkan sudi belajar. Modalnya niat dan membawa sehelai baju. Bu Tika dengan kesungguhannya mendidik santri dengan pendidikan model pesantren salafiyah, ula, wustho, dan ulya.

pesantren terbaik di Batam

Ada pendidikan formal juga, jenjangnya SMP dan SMA. Yang istimewa adalah pendampingan kemandirian dalam bentuk wirausaha yang dipraktekkan langsung oleh santri. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Batam. Total santrinya sekitar 130-an.

Pesantren Hidayatullah Batam

Pesantren ini berbasis di Balikpapan, Hidayatullah. Cabangnya banyak, di Surabaya, di banyak kota Indonesia. Ciri-cirinya adalah memiliki pendidikan formal, namun ada pilihan untuk tinggal di pesantren. Identitasnya cukup jelas, menanamkan tauhid dalam diri santri.

Hidayatullah yang beralamat di l. R. Soeprapto (Dekat Kantor Camat) RT 002 RW 011 Kel. Kibing Kec. Batu Aji, menurut kami yang bagus dari pesantren ini adalah aspek pembiasaan dalam ibadah. Ada pula program khusus tahfidz Quran.

Adapun untuk yang pesantren reguler memiliki pendidikan keislaman yang umumnya berbentuk penanaman tauhid dan pengamalan syariah islam secara langsung. Pembelajaran melalui pengamalan. Dari mulai cara berpakaian hingga akhlaq karimah kepada sesama.

Kelebihan lain dari pesantren ini adalah pemisahan antara kampus putra dan putri. Ini sangat menjaga. Namun untuk biayanya memang tergolong lumayan, sekitar 16 juta dengan SPP setiap bulan kurang lebih 1.5 jutaan. Untuk info lengkap bisa hubungi 085263115300. website resminya di sini.

Pesantren Imam Syafi’i

Satu lagi pesantren bagus di Batam, yaitu Imam Syafi’i yang beralamat, Jl. Hang Lekiu No.2 Sambau Nongsa, Batam. Pesantren ini secara model mirip dengan Hidayatullah Batam. Perbedaannya terdapat dalam jenjang pendidikan.

Pilihannya adalah SMP IT dan SMA IT dengan keunggulan tahfidz Quran. Tentunya dengan pendidikan formal yang unggul. Oleh sebab itu disebut dengan SMP Islam Terpadu dan SMA Islam Terpadu. Pendidikan lain yang menjadi pilihan adalah jenjang salafiyah.

Di pesantren ini ada pendidikan khusus salafiyah wustho dan ulya plus tahfidz Quran. Di antara targetnya adalah tahfidz Quran selama 3 tahun serta mampu menghafal hadist-hadist pilihan, menguasai pendidikan bahasa arab, dan menguasai dasar-dasar Ilmu Islam. Artinya perbedaan dengan reguler adalah unsur pendidikan keislamannya lebih kental.

Untuk biaya pendidikan kurang lebih sekitar 11 juta. Sedangkan untuk salafiyah wustho sekitar enam juta, dan salafiyah ula sekitar 8 juta. Info lengkap di website ini, https://www.ppitimamsyafii.sch.id/.

Pesantren Azzainiyah Sekupang

Satu lagi pesantren terbaik di Batam, yaitu pesantren Az Zainiyah. Berdiri sekitar tahun 2009, pesantren ini dikenal juga masih satu binaan dengan Al Bahjah Cirebon yang diasuh oleh Buya Yahya yang cukup mashur melalui cerama-ceramahnya.

Pesantren ini memiliki identitas pendidikan formal dan pendidikan agama. Adapun yang kuat dari pesantren ini seperti layaknya di Al Bahjah Pusat adalah pendidikan disertai tahfidz Al Quran. Targetnya kalau di pusat hingga 5 juz.

Adapun untuk pendidikan diniyah disediakan untuk belajar keislaman. Akhlaq langsung dibina melalui pendidikan di asrama-asrama. Serta ada kajian khususnya, sehingga akhlaq santri dibina dengan baik. Adapun untuk bahasa disediakan Arab dan Inggris sesuai standard pendidikan pesantren di Indonesia.

Gedungnya sederhana, biaya masuknya sekitar 13 juta dengan SPP bulanan 1.1 jutaan. Info lengkap bisa komunikasi di 0811 7030 088

Pesantren An Ni’mah Sungai Pelunggut

Menurut kami pesantren dengan memiliki banyak program di Batam adalah An Ni’mah Sungai Pelunggut. Alamatnya di Kampung Tua Dapur 12 Kel. Sungai Pelunggut Kec. Sagulung. Pesantren ini memiliki santri cukup banyak hampir seribu, bahkan mungkin ketika Anda membaca sudah seribu.

Programnya yang pertama adalah KMI. Ini mirip kurikulum pendidikan yang ada di pesantren Gontor. Ada hafalan 1-5 juz. Pendidikan utamanya adalah aqidah akhlaq, bahasa arab, seni bardakwah. Sedangkan sekolah formalnya di SMP.

Program kedua adalah Salafiyah Wustho. Program yang satu ini lebih menekankan kepada aspek kitab kuning. Target hafalannya pun tinggi antara 1-9 juz. Ada lagi yang aliyah. Program selanjutnya adalah khusus tahfidz Quran dengan jumlah hafalan mencapai 1-30 juz.

Adapun biaya dari pesantren ini sebesar 10 juta. Sedangkan untuk kuotanya hanya tersedia sekitar 380 santri setiap pendaftaran.

Pesantren Tahfidz Quran Jam’iatul Ulum Arrahman

Jika kebanyakan pesantren yang sudah disebutkan di Batam memiliki model pendidikan campuran, ada progam kitab kuning, ada program tahfidz, namun pesantren yang satu ini fokus pada aspek tahfidz Quran. Berdiri di akhir 90-an, pesantren ini sudah melahirkan banyak hafidz Quran.

Identitas yang melekat di pesantren ini adalah tahfidz Quran 30 juz. Santri memang difokuskan untuk hal tersebut. Sehingga kegiatan hariannya lebih banyak dihabiskan untuk menghafal Al Quran, terutama di waktu pagi dan sore hari.

Alamat lengkapnya di Kompleks masjid raya baiturrahman rt 003 rw 001 kelurahan sungai harapan kecamatan sekupang. Jika dalam kegiatan santri pesantren akan memakai pakaian serba putih-putih.

Gedung-gedungnya sederhana, santrinya tidak terlalu banyak. Biasanya pesantren tahfidz Quran memang demikian. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Batam.

Pesantren Modern Darul Falah Nongsa

Pesantren terbaik di Batam yang satu ini berbeda. Lebih kepada pesantren modern, namanya Darul Falah. Alamatnya di Jl. Hang Tuah, Batu Besar, Kecamatan Nongsa. Berdiri pada tahun 1988, tergolong pesantren tertua di Batam.

Identitas pendidikan di pesantren ini lebih kepada karakter yang dibangun melalui pendidikan keseharian di pesantren selama dua puluh empat jam. Pesantren ini juga memiliki jenjang formal untuk jenjang menengah pertama dan atas.

Untuk jumlah santri juga mungkin paling besar di Batam. Di tahun 2017, pesantren ini memiliki santri berjumlah sekitar 1400-an. Tentu ini sebuah cermin animo santri yang cukup besar untuk masuk pesantren modern di Batam.

Pesantren ini juga sering mendapatkan kunjungan dari tokoh-tokoh, seperti kementrian luar negeri Jepang, ketua partai, dan lain sebagainya.

Pesantren Terbaik dan Bagus di Batam

Inilah beberapa pesantren terbaik di Batam versi panduanterbaik.id. Jika ada usulan tentang pesantren di Batam mohon bisa cantumkan di kolom komentar, agar kami bisa mereview dan menambah informasi tentang pesantren di Batam.

Lembaga pendidikan atau pesantren yang ingin direview bisa mengirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986 at gmail.com, akan kami review dengan mengungkap sisi kelebihan lembaga pendidikan agar membantu publikasi pihak pesantren.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *