pesantren terbaik di Riau

7 Pesantren Terbaik di Aceh Besar | Dayah Berprestasi

Posted by

Pesantren terbaik di Aceh Besar | siapa yang tidak kenal dengan Aceh, wilayah yang memiliki keistimewaan dengan identitas keislamannya. Oleh sebab itu cukup banyak pesantren terbaik yang berada di bumi Darussalam ini.

Kami akan mengulas pesantren terbaik di Aceh Besar berdasarkan review di internet, rating google, serta beberapa pertimbangan subjektif lainnya. Semoga yang kami sajikan bisa membantu pencari informasi pesantren bagus di Aceh Besar.

Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U

Namanya unik, namun Abu Lam U merupakan nama tokoh pendiri yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah pesantren yang beralamat di Masjid Al Falah, Komplek, Lamjampok, Kec. Ingin Jaya. Identitas dari pesantren ini adalah Pesantren Modern. 

Inti kurikulumnya ada  dua, yaitu kurikulum nasional. Sehingga pendidikan formal di pesantren ini SMP dan SMA yang sudah terakreditasi A. Di sinilah salah satu keunggulan pesantren. Di samping itu dikombinasikan dengan sistem pendidikan pesantren khas Gontor.

pesantren terbaik di aceh besar

Hal ini karena di masa awal ada alumni Gontor yang berperan dalam pengembangan pesantren dan memberikan warna. Kelebihannya dengan model ini adalah bahasa arab dan inggris yang baik, kemudian ada disiplin yang tinggi. Ekstra kulikuler yang melimpah. 

Hebatnya lagi di pesantren ini ada pembelajaran Bahasa Jerman untuk tingkat SMA yang langsung dites oleh Goothe Institut. Sehingga pesantren ini bukan ecek ecek. Untuk biaya pendaftaran kurang lebih 3.100.000-an. Sedangkan untuk SPP bulanan sekitar 650 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://www.alfalahabulamu.com/

Pesantren Al Manar Aceh

Satu lagi pesantren terbaik di Aceh Besar yaitu Al Manar yang beralamat di Desa Lam Permei, Krueng Barona Jaya, Lampermai. Pesantren ini memiliki identitas modern dengan kiblat ke Pondok Modern Gontor Ponorogo.

Salah satu tandanya adalah, tidak hanya berkiblat secara sistem, namun juga berkiblat secara kurikulum yaitu KMI yang dipadukan dengan kurikulum nasional. Bahkan dari cara berpakaian pun berkiblat ke Gontor. Sehingga menjadi pendidikan yang integral.

Kelasnya cukup baik, satu bangku ada dua orang. Tata ruangnya juga cukup baik, meskipun pesantren ini tidak begitu besar. Hal lain yang menjadi keunggulan adalah adanya tahfidz Quran sebagai pilihan. Artinya pesantren ini mengkombinasikan beberapa kurikulum. 

Untuk pendaftarannya sekitar 200.000 ribuan. Namun kami belum mendapatkan informasi biaya masuknya. Untuk lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://almanar.ponpes.id/.

Ponpes Ulumul Quran Pagar Air

Dari namanya pesantren ini fokus pada pendidikan Al Quran. Uniknya, pesantren ini dinaungi oleh pemerintah daerah dinas pendidikan dayah (pesantren). Alamatnya di jl. Rel Kereta Api Lama, Km. 0,6 GP. Bineh Blang kem. Pagar Air Kec.Ingin Jaya.

Pesantren ini memiliki banyak variasi pendidikan Al Quran, tidak hanya sebatas tahfidz Quran, tapi juga tujuh cara membaca (Qira’ah sab’ah) Al Quran. Serta tahfidz Qurannya bersanad. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Aceh Besar. 

Untuk pendidikan formalnya tersedia Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah untuk putra dan putri. Tidak lupa di pesantren ini juga ada pendidikan bahasa. Serta baca kitab untuk pendalaman keislaman. Menurut kami ini adalah pesantren cukup bagus di Aceh Besar.

Gedung-gedungnya representatif, mungkin karena dikelola oleh pemerintah. Untuk biaya masuknya sekitar 7.5 juta rupiah. Sedangkan untuk bulanannya sekitar 700 ribuan. Info lengkap bisa mengunjungi website resminya di sini, https://dayahmuqpagarair.com/

Pondok Pesantren Modern Oemardiyan

Di Aceh besar, pesantren ini tergolong cukup mapan. Berdiri pada tahun 1990, pesantren Oemardiyan sudah berkiprah selama 30 tahun. Tentu bukan waktu sebentar untuk lembaga pesantren. 

Pesantren yang beralamat di desa Krueng Lam Kareung Kec. Indrapuri ini memiliki kelebihan di sisi kurikulum yang menggabungkan antara pendidikan kemenag, dengan kurikulum Gontor, dan salafiyah. 

Namun demikian secara identitas lebih kental berkiblat ke Gontor. Salah satu tandanya adalah dari motto pesantren, panca jiwa yang memiliki identias sama dengan pesantren Gontor. Cara berpakaian, ektra, bahasa, dan disiplin juga mirip. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Aceh Besar. 

Untuk fasilitasnya cukup baik, gedung-gedungnya juga bagus. Meskipun tidak mewah. Biaya masuknya sekitar 4.5 juta, sedangkan untuk biaya bulanannya sekitar 800 ribuan. Info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://www.oemardiyan.com/

Dayah Babul Maghfirah Aceh Besar

Pesantren ini terletak di Jl. Blang Bintang Lama Pasar Cot Keueng Gampong Lam Alu Cut Kec, Kuta Baro. Berdiri pada tahun 1994, pesantren ini berkembang hingga sekarang menjadi salah satu pesantren terbaik di Aceh Besar.

Tidak seperti pesantren yang kami sebutkan sebelumnya, pesantren ini memimiliki inti kurikulum selain nasional adalah juga kajian kitab kuning. Sesuatu yang sudah jarang disentuh pesantren-pesantren modern saat ini. Ada jam khusus di waktu malam.

Kelebihan lain dari pesantren ini adalah lebih kental pada unsur salafiyahnya. Terutama jika melihat ada dalail khairat dan barzanji. Tidak lupa pendidikan bahasa yang diterapkan adalah arab dan inggris. 

Sedangkan untuk biaya masuk tergolong terjangkau, 4.3 juta dengan biaya SPP bulanan sekitar 650 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://www.babulmaghfirah.com/

Pesantren Darul Ihsan Siem

Pilihan pesantren di Aceh Besar memang cukup variatif. Satu lagi pesantren terbaik di Aceh Besar yaitu Dayah Darul Ihsan yang beralamat di Siem, Darussalam, Kabupaten Aceh Besar. Pesantren ini terlihat biasa. Namun ada satu kelebihan yang menurut kami patut diperhatikan.

Yaitu kemampuan membaca kitab dari santri pesantren ini memiliki tingkat yang cukup baik. Artinya pendidikan salafiyah di pesantren ini masih terasa cukup kental. Tandanya adalah prestasi Mushabaqah Qiraatil Kutub ke II se-Kabupaten Aceh Besar.

Pesantren ini berhasil memborong banyak piala. Di antaranya adalah tiga kategori putra dan enam kategori putri. Masing-masing juara satu. Hasil ini tentu tidak bisa disepelekan. Yang artinya di antara Kabupaten Aceh Besar, Pesantren Darul Ihsan cukup diperhitungkan.

Tentu ada pendidikan formal di dalamnya yaitu Tsanawiyah dan Aliyah. Untuk biaya masuknya sekitar 5.5 jutaan, sedangkan untuk biaya bulanannya sekitar 620 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://www.darulihsanabuhasan.com/

Pesantren Tahfidz Quran Insan Qurani

Ini adalah pesantren tahfidz Quran. Alamatnya di Jln. Banda Aceh – Meulaboh KM.21, Gp. Dayah Mamplam Kec. Leupung. Pesantren ini memiliki kelebihan yang fokus pada tahfidz Quran plus pendidikan formal.

Tahfidz Quran di pesantren ini tidak menjadi ekstra, tapi menjadi kurikulum inti. Target hafalannya dalam tiga tahun 15 juz. Sedangkan dalam 6 tahun adalah 30 juz. Artinya di pesantren ini santri bisa mendalami keilmuan umum plus menjadi hafidz Quran. 

Prestasi pesantren ini juga banyak berkutat seputar Al Quran. Di antaranya adalah juara tahfidz 3 juz tingkat SMA pada Saleum MAN Model tingkat Provinsi Aceh 2020. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik di Aceh Besar.

Untuk pendaftaran kami belum berhasil mendapatkan biaya masuknya. Namun info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://insanqurani.net/

Daftar Pesantren Bagus di Aceh Besar

Inilah daftar pesantren bagus di Aceh Besar. Tentu saja kami meyakini masih banyak pesantren terbaik lainnya yang belum tercantum. Namun karena keterbatasan informasi, kami hanya mencantumkan beberapa.

Jika ada kesalahan atau tambahan informasi bisa menuliskan di kolom komentar. Atau jika lembaga pendidikan Anda ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Semoga bisa membantu lembaga pendidikan atau pesantren di Aceh Besar. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *