Santriwati Pondok Pesantren Gontor

Kegiatan di Gontor Putri dan Sisi Menariknya

Posted by

Kegiatan di Gontor Putri menjadi topik yang hangat diperbincangkan para wali santri. Terutama karena aktivitas padat yang dimilikinya. Dari pagi hingga malam hari.

Nah, oleh karena itu kami akan mengupas apa saja kegiatan di Gontor Putri dari bangun tidur sampai kembali tidur lagi. Kami kupas berdasarkan pengalaman kami berada di pesantren di Ngawi tersebut.

Kegiatan di Gontor Putri

Kegiatan harian santri diawali dengan bangun pukul 3 pagi. Memulai hari dengan sholat tahajjud sendiri ataupun bersama teman-teman dan pengurus rayon. Kemudian dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah di masjid.

Masih dalam balutan syahdu setelah subuh, suara-suara para santriwati mulai menggema seantero pondok melafalkan kalam-kalam ilahi, menghafalkan al-qur’annya masing-masing yang dibimbing oleh pengurus rayon atau pun wali kelas.

Kegiatan di Gontor Putri

Tiga puluh menit sebelum jam 6, masih ada kegiatan lainnya, yakni biasa diisi dengan ilqo’ mufradat (kosakata bahasa) atau di hari lain (selasa / jumat) muhadasah (latihan berbicara dengan bahasa arab – inggris).

Tepat pukul 6 pagi, adalah jam-jam yang sangat krusial bagi santriwati putri. Waktu untuk MCK dan juga sarapan pagi. Para santriwati harus ke kamar mandi yang jumlahnya sangat banyak, dan antri ingin lebih dahulu mandi.

Kegiatan di Gontor Putri pada aspek ini cukup menarik. Mulai dari kebiasaan “ngebooking” kamar mandi dengan peralatan mandi pribadi, tapi batang hidung si empunya tidak juga nongol-nongol masuk kamar mandi.

Ada juga yang tiba-tiba “nyelak”, atau bahkan mandi berlama-lama. Maklum, santriwati putri punya peralatan mandi yang komplit sekali jika dibandingkan santri putra.

Akibat kegaduhan yang umum terjadi di kamar mandi ini, rata-rata para santriwati mengakalinya dengan mengambil nasi dan lauk pauk dahulu di dapur, baru lanjut pergi ke kamar mandi.

Jadi menjadi seorang santriwati memang harus belajar managemen waktu sendiri. Mungkin bisa mandi sebelum subuh, atau tidak tidur setelah subuh dan langsung mandi. Kegiatan di Gontor Putri sudah diatur setiap jamnya.

PanduanTerbaik.id

Kegiatan belajar pun dimulai dari pukul 7.30 pagi sampai pukul 11.45 siang, yang tentunya diselingi dengan istirahat pada pukul 9. Dan dilanjutkan dengan sholat dzuhur, makan siang, dan santriwati kembali ke kelas melanjutkan pelajaran sore.

Kegiatan Sore Hari

Dari pagi hari hingga siang hari, santriwati disibukkan dengan kegiatan belajar – mengajar, sedangkan di sore hari, kegiatan di Gontor Putri cukup berbeda, ada kegiatan khusus.

Yakni tadabbur al qur’an. Jika di waktu subuh mereka menghafal, maka di waktu petang secara khusus para santriwati membaca terjemah al qur’an dan belajar mentadabburi isi / kandungan yang ada di dalamnya.

Selesai kegiatan tadabbur al qur’an inilah para santriwati memiliki waktu yang cukup senggang. Jika ada pakaian kotor, ada waktu untuk mencuci, jika mempunyai hukuman membersihkan rayon, maka waktu ini bisa digunakan untuk mengerjakan hukuman. Atau jika ingin sekedar berleha-leha saja, jajan di kantin adalah pilihan yang paling pas.

Di waktu sore sering kali diadakan perlombaan atau kegiatan ekstrakulikuler macam-macam. Dari tapak suci, menjahit, menari, dsb. Ini untuk meningkatkan minat dan bakat santri.

Nah, ketika syair abu nawas mulai terdengar dari speaker masjid, itu berarti sudah pukul 5 sore. Waktu favorit semua santri menunggu adzan magrib sambil mengaji di serambi masjid.

Apalagi ketika hari senin / kamis, banyak santriwati yang puasa, dan pastinya ada banyak makanan pembuka yang bisa diminta sedikit-sedikit dengan teman di samping. Huah kegiatan di Gontor Putri cukup seru.

Malam di Pondok Pesantren Gontor Putri

Hari beranjak malam, para santriwati sholat maghrib berjamaah dan kemudian dilanjutkan dengan isyrof (kumpul) bersama pembimbing rayon / ustadzah pondok, acara kumpul-kumpul ini biasanya membahas banyak hal.

Mulai dari sesi curhat hingga tahkim (pemberian hukuman kepada para pelanggar bahasa atau keamanan pondok). Di sinilah disiplin ditegakkan dengan teguh.

Setelah itu makan malam, sholat isya berjamaah, dan belajar malam. Yaitu belajar di kelas masing-masing, untuk mengulang pelajaran pagi. Bisa bersama guru, kelompok teman-teman, atau metode belajar lainnya.

Sebagai penutup hari, akan selalu ada absen malam. Dan semua santriwati harus ada di dalam kamarnya. Sholat hajat, do’a bersama, dan santriwati bisa istirahat malam.

Sedangkan mereka yang jaga malam harus berkumpul di bagian keamanan untuk mendapatkan bagian posko yang harus di jaga selama semalam. Entah berjaga di gerbang, rayon, kantor administrasi, atau tempat-tempat yang lain.

Demikianlah, kegiatan di Gontor Putri setiap harinya. Kegiatan harian ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan dengan agenda tahunan Gontor. Seperti pertemuan istimewa, lomba, perkemahan, dan lain sebagainya.

Website resmi Gontor Putri bisa dikunjungi di link ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *