7 Pesantren Terbaik di Mataram | Favorit di Kota dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren terbaik di Mataram | Kota Mataram merupakan ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTB). Sehingga wilayah ini dikenal cukup ramai sekali. Terutama terkait destinasi wisata. Wilayahnya memang eksotis, terutama yang ada di tepian pantai.

Di samping itu, Mataram dari dulu dikenal sebagai wilayah yang agamis. Banyak pesantren lahir di wilayah ini. Mulai dari pesantren tradisional, pesantren NU, pesantren modern, pesantren tahfidz Quran, dan lain sebagainya.

Panduanterbaik.id akan mengulas beberapa pesantren terbaik versi kami dengan banyak pertimbangan seperti review di internet, rating Google, dan lain sebagainya.

Pesantren Abu Hurairah

Pesantren ini beralamat di  Jalan Majapahit 54 B Kota Mataram, berdiri pada tahun 2002, pesantren ini tumbuh hingga seperti sekarang dengan jumlah satri hampir 3000 orang.

Karakteristik pendidikannya adalah penekanan pada pendidikan formal, dan mempelajari agama Islam. Bentuknya di pesantren ini di antaranya adalah tahfidz Quran 5 juz. Kemudian 100 hadist pilihan. Dasar-dasar aqidah, Fiqh, akhlaq, dan adab. Ditanamkan cinta Al Quran dan Al Hadist. Santri diajarkan langsung untuk mengamalkan ajaran Islam.

Bahkan di sisi prestasi juga ditonjolkan prestasi akademik seperti sepuluh besar nilai UN terbaik se-Provinsi NTB. Lima besar olimpiade Matematika se-Kota Mataram 2013. Jenjang pendidikannya bermacam-macam, dari SD hingga Aliyah, dan bentuknya adalah sekolah islam terpadu. Diiringi dengan penekanan ke bahasa Arab.

Fasilitasnya memadai, seperti layaknya boarding school di Indonesia. Kamarnya menggunakan ranjang tingkat dengan ruang belajar yang full pendingin ruangan. Ada fasilitas laptop juga untuk masing-masing siswa. Gedung-gedungnya representatif.

Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Mataram. Untuk biaya daftar ulang antara 6-7 juta rupiah tergantung jenjang.

Tahfidz Quran Sulaimaniyah Nur Aisyah

Sulaimaniyah suda dikenal sejak 2005 di Indonesia sebagai pesantren tahfidz Quran terbaik. Terutama karena seleksinya yang sangat ketat. Hanya menerima sekitar 50 saja. Yaitu usia 18-22, kemudian usia 14-18 tahun. Pelaksanaannya pun berjenjang, dari kemenag, kemudian tes selanjutnya dan selanjutnya.

Tapi peminatnya banyak, karena program pendidikan tahfidz Qurannya tidak memungut biaya. Santri akan mendapatkan pendidikan intensif dan bagus tanpa berpikir dana. Tempatnya pun sangat representatif. Anda bisa melihat dan merasakan perbedaan dengan pesantren lainnya.

Pendidikan di pesantren ini fokusnya ada tiga, pertama adalah tahfidz Quran 30 juz yang ditempuh dalam waktu sekitar 2-4 tahun. Kedua pendidikan agama Islam. Selanjutnya adalah bahasa arab dan Turki.

Mengapa bahasa Turki, karena setiap orang memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan beasiswa di Turki selama sekitar 3 tahun. Pesantren ini memang memiliki nuansa Turki yang kental.

Bahkan dari cara berpakaian seperti orang eropa meski sedang menghafal Al Quran, rapi bercelana, berkemeja, berpeci. Ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Mataram.

Kebijakan setiap cabang Sulaimaniyah terkait beasiswa bisa saja berbeda, selengkapnya di sini.

Pesantren An Nur Lapas

Kami tidak menganjurkan Anda masuk pesantren ini, pesantren di lapas, rumah tahanan Mataram. Karena jika masuk pesantren ini itu artinya Anda melakukan kesalahan. Namun demikian kami ingin menyampaikan bahwa perjuangan di balik lapas sungguh mengagumkan.

Namanya pesantren An Nur, mirip dengan pesantren lapas yang ada di Cianjur (baca: di sini). Pembinaan yang ada di dalamnya sudah dimulai dari pagi hingga selepas isya. Isinya adalah baca tulis Al Quran, tausiyah, dan pengajaran hal-hal penting dalam agama Islam.

Sehingga masing-masing santri meskipun mereka dalam tahanan mau menimba ilmu dengan cukup giat. Bahkan yang bertato pun bisa membaca Al Quran dengan indah. Bahkan untuk shalat berjamaah juga harus antri. Antusiasme yang dimiliki cukup besar. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Mataram.

Darul Falah Mataram

Ponpes ini beralamat di Desa Pagutan, Kecamatan Mataram, tergolong salah satu pesantren tertua di Mataram karena didirikan pada tahun 1956. Pesantren ini pernah didaulat sebagai tuan rumah Musyawarah Nasional Alim Ulama NU di NTB pada tahun 2017.

Luasnya sekitar 6000 meter persegi. Memiliki identitas khas Nahdatul Ulama dengan santri mencapai kurang lebih 900. Jenjang di pesantren ini cukup lengkap, bahkan memiliki perguruan tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah. Untuk gedung-gedungnya juga cukup baik.

Yang menjadi identitas kuat dari pesantren ini adalah pesantren bersistem asrama, dengan nuansa nahdatul ulama, dan memiliki penguatan akhlaq yang kental melalui riyadah batin.

Pesantren ini dikenal dengan tarikat Qadiriyah dan Naqsabandiyah yang fokus pada olah raga batin melalui dzikir dan amalan-amalan lainnya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Mataram.

Pesantren Nurul Islam Sekarbela

Satu lagi pesantren NU di Mataram, yaitu Nurul Islam Sekarbela. Pesantren ini dikenal sebagai salah satu pesantren muda yang berdiri pada tahun 2014 di Jalan Swasembada No 120 Kekalik, Sekarbela. Namun demikian dalam perkembangannya pesantren ini tumbuh dengan begitu cepat.

Pesantren ini memiliki identitas dengan pendidikan formal setingkat Tsanawiyah dan Aliyah, sekaligus mempelajari kitab kuning sebagai pendalaman ilmu Agama Islam. Di antaranya melalui madrasah diniyah dengan jenjang ula dan wustha.

Ekstra yang cukup favorit adalah tahfidz Quran, juga bahasa Arab dan Inggris menjadi penekanan. Santrinya terdiri dari santri putra dan putri dengan jumlah yang sudah mencapai ratusan. Ini menjadi pilihan di Mataram bagi Anda yang ingin merasakan pendidikan formal sekaligus pendalaman agama Islam.

Ponpes Tahfidz Quran Al Yaumi

Pesantren ini memiliki fokus yang berbeda dengan pesantren lainnya. Lebih ke tahfidz Quran. Beralamat di Jl. Pariwisata (Eks Banteng) No. 9 Monjok, meskipun belum besar, namun bisa menjadi pilihan untuk wilayah mataram.

Karakteristiknya lebih kepada penekanan pendidikan formal di jenjang SMP, dengan kurikulum yang mengacu kepada Diknas dan Depag. SMP Islam Terpadu seperti layaknya pesantren-pesantren modern.

Kemudian setiap santri mengikuti program tahfidz Quran di pagi selepas subuh, dan sore selepas ashar. Adapun selepas magrib ada kajian kitab.

Artinya porsi tahfidz Quran tidak begitu besar, kajian kitab juga tidak begitu besar. Namun demikian pesantren ini lebih menekankan kepada pengalaman agama Islam dalam keseharian. Baik dari cara berpakaian atau bersikap dengan akhlaq karimah.

Info lengkap di (0370) 637026. Email: ponpesalyaumi@gmail.com

Pesantren Hidayatullah Mataram

Jika umumnya pesantren memiliki jenjang pendidikan dari Tsanawiyah hingga Aliyah, pesantren Hidayatullah yang beralamat di Jl. K.H. Mansyur Raya No.06, Kb. Sari, Kec. Ampenan ini justru fokus pada jenjang Aliyah.

Pesantren Hidayatullah merupakan pesantren yang berpusat di Balikpapan (baca: di sini). Sehingga sudah memiliki standard antara satu kota dengan yang lain. Terutama kurikulum. Berbasis SMA, lembaga pendidikannya memiliki nilai akreditasi A.

Programnya ada tiga. Pertama adalah pendidikan formal jenjang SMA, dua tahfidz Quran dengan target hingga lulus minimal 15 juz. Ketiga adalah pendidikan diniyah dengan pendalaman buku-buku pengetahuan Islam seperti khulasah nurul yaqin, kitab nahwu wadih, matan jurumiyah, hadist bulughul maram dan lain sebagainya.

Identitas lain adalah pengamalan agama Islam sesuai Al Quran dan Sunnah. Ini adalah kata kuncinya. Maka pesantren Hidayatullah mengajarkan bagaimana agama Islam untuk diamalkan. Terutama dalam tauhid dan akhlaq. Ditambah dengan ekstra seperti memanah, berenang, pramuka, dan lain sebagainya.

Kosekuensinya adalah biaya yang lumayan. Untuk pendaftarannya sekitar 7-8 jutaan. Ada pilihannya. Adapun SPP sebesar 700-800 juga tergantung pilihan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini. https://www.madayamataram.sch.id/

pesantren terbaik di mataram

Pesantren Terbaik dan Unggulan di Mataram

Inilah beberapa pesantren terbaik di Mataram versi panduanterbaik.id. Jika ada kekeliruan, atau tambahan informasi bisa mencantumkan di kolom komentar.

Sedangkan lembaga pendidikan yang ingin direview bisa mengirimkan brosur dan biaya pendidikan melalui email di affany1986@gmail.com. Kami hanya ingin membantu informasi lembaga pendidikan agar lebih mudah dikenal.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *