Pondok Pesantren Putri Terbaik di Jawa

Posted by

Pondok pesantren putri terbaik di Jawa yang kami tulis memiliki kriteria pesantren khusus untuk putri baik tahfidz, modern, salaf, atau pun dengan manhaj lebih condong ke ormas tertentu di wilayah pulau Jawa. Pondok pesantren yang kami anggap terbaik karena memiliki ciri khas, keunikan, dan tentu saja keistimewaan yang tidak dimiliki oleh yang lain. Bagi kami, salah satu syarat masuk terbaik adalah khusus untuk putri saja. Berikut pondok pesantren putri terbaik di Jawa.

  1. Gontor Putri

Pondok Gontor Putri terletak di Mantingan Ngawi. Di pulau Jawa, ada sekitar empat pondok, di Ngawi ada tiga, di Kediri ada satu. Gontor Putri lahir di awal tahun 1990-an, di mana saat itu pesantren Gontor Putra sedang berada di awal kemasyhuran.

Pondok Gontor Putri terletak cukup jauh dari kampus Gontor Putra, sekitar 3 jam dari Ponorogo. Sehingga pesantren ini tidak terganggu dengan hal-hal berbau persoalan hati wanita. Bahkan ustadz yang boleh berkeliling harus yang sudah menikah, itu pun dibatasi aturan tertentu. Hanya istri guru yang leluasa mengasuh.

Gontor memiliki sistem modern dengan pola pendidikan sistem Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah. Hebatnya Gontor adalah mampu melahirkan santriwati dengan karir yang sungguh beragam di semua bidang. Namun menurut saya yang istimewa, rata-rata santriwati Gontor menjadi istri-istri orang-orang penting, seperti calon pimpinan pondok pesantren. Dan rela mendampingi karir suami sehingga memiliki jiwa kemandirian yang begitu tinggi.

Gontor melahirkan alumni santri putri yang berkarakter. Ini yang menjadi ciri khas. Mereka punya prinsip hidup harus mewarnai atau diwarnai. Ketika sudah mewarnai, mereka akan memulai dari hal terkecil seperti mengajar mengaji. Tidak jarang banyak yang menjadi dosen, bahkan juga banyak yang menjadi pengusaha. Inilah hal yang paling istimewa, melahirkan wanita pendamping dengan kematangan pribadi dan daya juang tinggi. Oleh sebab itu kami masukkan dalam pondok pesantren putri terbaik di Jawa.

  1. Darul Hikam

Darul Hikam terletak di wilayah Mojokerto. Pesantren ini khusus tahfidz dan terpisah dari kampus putra dengan jarak tempuh sekitar lima belas menit menggunakan kendaraan bermotor. Terletak lima belas menit dari terminal Mojokerto, pesantren Darul Hikam Tahfidz Putri menyuguhkan kelengkapan pendidikan antara pesantren tahfidz dan pendidikan umum.

Rata-rata pendidikan umum dominan, maka pendidikan pesantren menjadi prioritas nomor sekian. Jika pendidikan pesantren dominan, maka pendidikan umum menjadi nomor sekian. Namun di pesantren ini tahfidz dan pendidikan umum mendapatkan porsi seimbang. Faktanya, untuk pendidikan umum di pesantren ini tetap mempertahakankan unsur SMP dan SMA, bukan MTS, prestasinya pun cukup baik, seperti mendapat piagam nilai tertinggi UAN di tahun 2015 dari diknas, dan mendapatkan juara robotic tingkat Asia di Jepang. Untuk tahfidznya sendiri durasi yang harus diselesaikan berkisar 4-5 tahun. Ini standar yang dimiliki untuk 30 juz, jika santri memiliki kecepatan melebihi rata-rata bisa lebih cepat.

Masalah fasilitas, bisa dikatakan pesantren ini melebihi standar yang lainnya. Menggunakan kamar eksklusif dengan ranjang bertingkat, dan memiliki pendingin ruangan. Meskipun gedungnya baru satu dengan tiga lantai, namun santriwati yang di dalamnya mendapatkan kenyamanan karena mekanisme ekstra seperti renang di dekat pesantren yang menyegarkan pikiran. Jika Anda inginkan pendidikan yang seimbang untuk putri, kami sarankan pesantren ini. Sekolah berkualitas, dengan tahfidz quran tuntas. Sehingga pesantren di Jawa Timur ini kami masukkan dalam pondok pesantren putri terbaik di Jawa.

  1. Al Mawaddah

Al Mawaddah secara sistem sangat mirip dengan pondok Gontor Putri, karena pendirinya juga sama, salah satu pendiri Gontor, adalah pendiri pesantren putri al Mawaddah. Namun yang istimewa, Al Mawaddah adalah pesantren yang tidak memiliki pendidikan untuk putra, hanya putri saja. Sehingga namanya saja sudah berbau unsur wanita, “Mawaddah”.

Oleh sebab itu dari unsur pendidikan, dalam penilaian kami salah satu yang ditekankan adalah aspek kewanitaan. Kelembutan, santun tutur kata, dan menjadi ibu yang baik bagi calon anak-anak. Lingkungannya pun sangat kondusif karena mayoritas guru juga perempuan.

Tapi jangan berharap aspek lain seperti tahfidz, atau aspek prestasi di pendidikan umum. Al Mawaddah tidak menganut hal itu. Yang dicita-citakan adalah menjadi wanita yang baik dengan kurikulum yang sudah disediakan.

Bukan berarti di al Mawaddah hanya dididik untuk menjadi ibu yang baik, alumninya mampu berkarir di banyak bidang, berbagai karir, ada yang menjadi penyiar, ada yang menjadi pengusaha, ada yang menjadi akademisi, hampir di semua aspek ada. Jenjang pendidikannya hanya untuk selepas SD.  Oleh sebab itu sudah selayaknya masuk di Pesantren putri terbaik di pulau Jawa.

  1. Muallimat Walisongo

Pesantren walisongo adalah pesantren putri di Jombang bertetangga dengan Tebu Ireng. Pesantren ini memang khusus untuk putri saja. Dalam sudut pandang kami, menjadi salah satu yang terbaik karena pola pendidikan salaf yang masih ada, dengan penekanan kepada unsur Al Quran dan hadist.

Oleh sebab itu jika ke pondok ini ada beberapa unit pendidikan. Seperti madrasah diniyah, Madrasah Dirasah Al Quran, Madrasah Hafidz Quran, dan Syubhat Lughah al Arabiyah atau kursus bahasa arab.

Di sini ada yang wajib dan ada yang sunnah. Yang wajib adalah madrasah diniyah dengan tujuan mampu memahami dan membaca kitab klasik. Dirasat Quran atau studi Quran juga wajib untuk semua santri mengingat pondok ini fokus dalam studi al Quran. Adapun yang lainnya hanya yang menginginkan saja.

Inilah beberapa pondok pesantren putri terbaik di Jawa. Semoga bisa menjadi referensi, dan jika ada rekomendasi lainnya bisa mencantumkan di kolom komentar untuk selanjutnya kami teliti lebih lanjut.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *