pesantren terbaik di situbondo

5 Pesantren Terbaik di Banjarbaru | Biaya Masuk Terjangkau

Posted by

Pesantren terbaik di Banjarbaru | Sejak 2010-an lebih kota Banjarbaru akrab didengar. Salah satunya karena administrasi pemerintahan Kalimantan Selatan justru lebih banyak di kota ini. Meskipun ibu kota provinsi masih Banjarmasin. 

Oleh sebab itu wilayah ini cukup ramai, di antaranya dalam aspek lembaga pendidikan. Bahkan banyak pesantren terbaik di Banjarbaru yang patut kita ketahui. Kami ulas berdasarkan review yang tersedia di internet, rating Google, juga banyak aspek subjektif lainnya. Semoga bisa bermanfaat. 

Pesantren Terbaik Al Falah 

Alamatnya di Landasan Ulin Bar., Kec. Liang Anggang. Pesantren ini cukup terkenal di Banjarbaru. Bukan hanya karena sudah lama berdiri, tapi juga karena memang salah satu pesantren terbesar di Banjarbaru. Pesantrennya cukup luas, terbelah jalan raya. Kalau dari atas indah.

Pesantren ini bergaya salafiyah namun tetap memiliki pendidikan formal yang cukup baik untuk jenjang SMP dan SMA. Tersedia untuk putra dan putri. Secara sejarah, pendiri sangat dekat dengan tokoh-tokoh NU, sehingga identitas seperti pesantren di Jawa Timur terlihat jelas.

pesantren terbaik di Banjarbaru

Secara pendidikan penekanannya pada aspek ruhaniyah sangat kental. Contoh untuk memakai pakaian putih, baik baju atau peci, agar hatinya putih. Kemudian untuk selalu tadarus Al Quran, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Banjarbaru.

Fasilitasnya menurut kami sudah cukup, ada kamar dengan jumlah santri kurang lebih dua puluh anak, disertai ranjang bertingkat. Sedangkan untuk biaya masuk masih terjangkau. Kisaran 4.2 jutaan. Bisa kunjungi pesantrennya untuk memastikan. 

Ponpes Darul Ilmi Lianganggang

Pesantren Darul Ilmi adalah pilihan kami selanjutnya. Berada di Jl. A.Yani Km.19.200 Landasan Ulin Barat Kec. Lianganggang. Pesantren ini cukup besar, luasnya sekitar 8 hektar dengan jumlah santri mukim sekitar 800-an putra dan putri. 

Pesantren ini memiliki identitas salafiyah dengan pendidikan formal yang cukup beragam. Dari Madrasah Ibtidaiyah, khusus tahfidz Al Quran, madrasah tsanawiyah dan Aliyah, serta perguruan tinggi dengan kerjasama UIN Antasari. Oleh sebab itu animonya cukup besar mondok di sini.

Untuk pendidikan diniyahnya ada bahasa arab, nahwu, sharf, balaghoh, faraid, tarikh, tafsir, hadist, tasawwuf dan beragam pelajaran Islam mendalam lainnya. Bahkan di pesantren ini memiliki ektrakulikuler yang juga melimpah seperti karate, kaligrafi, dan hadrah.

Untuk biaya masuknya sekitar 7 jutaan. Sedangkan untuk SPP setiap bulan sekitar 600 ribuan. Cukup standard untuk wilayah Banjarbaru Kalimantan Selatan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Misbahul Munir Banjarbaru

Pesantren terbaik di Banjarbaru selanjutnya adalah Misbahul Munir. Alamatnya di Landasan Ulin Utara, Kec. Liang Anggang. Pesantren ini masih belum besar. Santrinya juga masih sekitar ratusan. Namun demikian secara pendidikan agama patut dipertimbangkan.

Pola pembelajarannya mirip dengan Sidogiri Pasuruan. Lesehan tapi satu persatu memiliki meja. Rapi menggunakan pakaian serba putih, bahkan sorban yang di kepala juga putih bersih. Sorogan menjadi salah satu  model pembelajaran di pesantren ini.

Tapi dari segi kamar mirip di Gontor Ponorogo. Satu kamar berisi belasan tergantung besar ruangan. Masing-masing menggunakan kasur lipat, ada almari untuk bisa menyimpan pakaian dan peralatan sehari-hari. Setiap sebelum subuh ada yang keliling untuk membangunkan.

Salah satu kelebihan dari pesantren ini adalah aspek unit usaha yang begitu banyak, dari mulai perikanan, perkebunan, koperasi dan lain sebagainya. Lingkungannya juga hijau, banyak pepohonan meski gedungnya sederhana. Bisa dilihat dari video di sini.  

Pesantren Yasin Guntung Manggis

Di Banjarbaru pesantren ini sangat dikenal karena pengajiannya yang sangat banyak diikuti oleh masyarakat. Alamatnya di Jl. Guntung Manggis, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin. Apalagi pengasuh pesantren ini KH. Fahmi Zamzam Al Maliki, cukup dikenal.

Pesantren ini memiliki identitas dalam aspek pembinaan akhlak. Terutama dengan ibadah-ibadah dan amalan-amalan yang dilakukan. Terlebih kajian yang sering dilakukan di pesantren ini di antaranya adalah Ta’limul-Muta’allim, ini adalah kitab bagaimana santri menghormati guru.

Kemudian Hidayatus Shalikin dan Sairus Shalikin keduanya merupakan kitab bagaimana menyucikan hati agar bisa lebih dekat kepada sang kuasa. Bahkan di pesantren ini yang laki-laki memakai jubah, untuk perempuan banyak yang bercadar. 

Sedangkan untuk suasana pesantren menurut kami cukup namun tidak terlalu wah. Sehingga bisa dikatakan layak untuk mereka yang ingin menuntut ilmu agama dan memperbaiki kepribadiannya. Oleh sebab itu kami masukkan dalam pesantren terbaik di Banjarbaru Kalimantan Selatan. 

Untuk biaya masuknya sekitar 4.5 jutaan, sedangkan SPP bulanan sekitar 600 ribuan. Info lengkap bisa hubungi 085249965989.

Pesantren Salafiyah Nurul Ma’ad

Pesantren ini beralamat di Landasan Ulin Utara Kec. Liang Anggang, Kota Banjar Baru. Ini merupakan pesantren salafiyah, yaitu pesantren dengan pendalaman kitab dengan penguasaan bahasa arab yang baik. 

Untuk diniyahnya ada tingkat tahzhizi, ada tingkat wustho, ada pula tingkat ulya. Pembelajaran seperti alfiyah menjadi hal wajib di pesantren ini. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Banjarbaru. 

Santrinya masih ratusan, di websitenya tertulis sekitar 300. Namun yang patut diapresiasi adalah rasio dengan gurunya yang 1:10. Untuk ukuran pesantren hal ini cukup ideal. Namun secara fasilitas masih cukup sederhana. Sedangkan secara pendidikan menurut kami salah satu yang terbaik.

Daftar Pesantren Bagus di Banjarbaru

Inilah beberapa pesantren terbaik di Banjarbaru, tentu saja sebenarnya masih banyak pesantren terbaik lainnya, namun demikian kami tidak banyak mendapatkan informasi. Jika ada masukan atau usulan cukup tulis di kolom komentar. 

Adapun sekolah dan pesantren yang ingin direview di website ini cukup kirimkan saja brosur dan biaya masuk ke affany1986@gmail.com, akan kami ulas dengan menarik. Semoga bisa membantu orang tua yang ingin mencari pesantren di Banjarbaru. Disclaimer on. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *