Pesantren Babussalam Bandung | Keunggulan dan Biaya Pendaftaran

Posted by

Pesantren Babussalam Bandung merupakan salah satu pesantren ternama yang terkenal di daerah Dago Atas. Pondok Pesantren ini dikenal memiliki banyak kelebihan yang patut dipertimbangkan. Oleh sebab itu kami akan mengulasnya.

Kami rangkum informasi dari beragam sumber, terutama website resmi agar menjadi informasi singkat yang bermanfaat. Di antara yang akan kami bahas adalah profil lembaga pendidikan, pendidikan di pesantren, pendaftaran, ppdb, dan biaya masuk. Semoga bermanfaat.

Profil Pesantren Babussalam Bandung

Pesantren Babussalam dikenal juga dengan Pesantren Babussalam Al Muchtariyah Bandung. Berdiri pada tahun 1981. Sehingga tergolong pesantren yang cukup mapan dan sudah berkiprah 30 tahunan.

Pesantren Babussalam Al Muchtariyah memiliki banyak jenjang, dari TK, SD, SMP, hingga SMA, namun demikian untuk yang jenjang pesantren hanya di SMP dan SMA. Sudah tersedia asrama dengan luas sekitar 5 hektar. Cukup luas sekali.

pesantren babussalam bandung

Fokus pendidikan di Babussalam Islamic Boarding School adalah pendidikan formal yang disertai dengan Al Quran. Bahkan tertulis dalam visinya unggul dalam pendidikan yang terintegrasi dengan Al Quran dan Iptek melalui lintas madzhab.

Pendidikan di Babussalam Al Muchtariyah

Adapun untuk pendidikan di Pesantren Babussalam Bandung adalah pendidikan formal dengan dasar kurikulum 2013. Baik SMP atau SMA. Pelajaran yang dipelajari cukup lengkap. Tidak hanya sekadar untuk UAN saja, atau materi pokok saja, tapi banyak materi umum.

Contoh untuk jenjang SMA dari flyernya tertera pelajaran seperti Sejarah, Geografi, Ekonomi, Bahasa Sunda, Bahasa Arab, Kewarganegaraan, di samping pembelajaran pokok seperti Kimia, Fisika, Matematika, Biologi dan lain sebagainya. Artinya cukup lengkap.

Sedangkan untuk muatan pesantren terdiri dari, Al Quran, Tafsir, Hadist, Fiqh, Ushul Fiqh, Muballigh. Oleh sebab itu kombinasi antara pendidikan umum dan muatan pesantren sudah cukup baik di pesantren Babussalam Bandung.

PanduanTerbaik.id

Kegiatan Harian di Pesantren

Untuk melihat lebih jauh tentang pendidikan di pesantren, maka kita review kegiatan harian pesantren Babussalam Al Muchtariyah. Kegiatan dimulai dari jam 03:00 dengan tahajud. Artinya kegiatan spiritualnya cukup baik.

Kemudian untuk selepas shubuh hanya tertera belajar/kuliah subuh. Nantinya di waktu 07:00-15:00 siswa masuk pendidikan sekolah. Mirip dengan sistem full day school dengan durasi waktu yang cukup panjang.

Sorenya ada kegiatan ekstra dan pendidikan pesantren. Seperti mengkaji kitab Safinatun Najah, Akhlaq Banin, Tashrif, Nahwu, Tafsir. Dan lain sebagainya.

Barulah ada tadarus selepas magrib. Adapun untuk selepas isya ada pendidikan bahasa, yaitu utamanya bahasa arab dan inggris. Waktunya kurang lebih tiga puluh menit.

Di waktu malam dari 20:30 hingga 22:00 adalah belajar mandiri. Selepasnya tidur. Dari sinilah tergambar bagaimana keseharian dan pendidikan di pesantren Babussalam Bandung. Menurut kami sisi pendidikan formalnya cukup kuat.

Fasilitas Ponpes Babussalam Bandung

Ada satu keunggulan Pesantren Babussalam Bandung yang menonjol, yaitu letak geografisnya. Berada di wilayah Dago Atas. Wilayah ini berlatar pegunungan, dan perbukitan, sehingga cukup sejuk sekali dan nyaman untuk tempat belajar.

Kedua fasilitasnya cukup lengkap di antaranya ada ruang khusus tahfidz Quran, sarana olah raga tersedia seperti tenis meja, futsal bulu tangkis, klinik kesehatan tibbun nabawi, laboratorium IPA, Komputer, dan Bahasa.

Untuk asramanya memiliki model seperti boarding school dengan ranjang, almari, dan tersedia meja belajar. Oleh sebab itu akan membuat siswa betah tinggal di pesantren Babussalam Al Muchtariyah Bandung.

Apakah Babussalam Bandung Syiah?

Banyak beredar di internet tulisan Pesantren Babussalam Bandung Syiah. Hal ini tentu saja membuat banyak orang bertanya-tanya, terutama terkait peran KH. Drs. Muchtar Adam di aliran Syiah. Karena Syiah memiliki banyak ajaran yang berbeda dari agama Islam.

Pihak pesantren Babussalam Dago berkaitan dengan ini sudah membuat klarifikasi di website resminya bahwa semua yang tertuang adalah fitnah, sehingga tuduhan-tuduhan tersebut dalam website resmi disebutkan tidak berdasar. Linknya di sini. Nanti bisa ditanyakan langsung saja untuk lebih jelas.

Pendaftaran Ponpes Babussalam 2021

Untuk pendaftaran Ponpes Babussalam 2021 tersedia beberapa gelombang. Bahkan gelombang tiga hingga Juli. Artinya waktu pendaftarannya cukup panjang. Nantinya ada test masuk. Untuk biaya pendaftaran sekitar Rp200.000.

Syarat-syaratnya berikut ini

  •     Fotocopy KK – KTP Orang Tua – Akte
  •     STL – NISN – SKHUN
  •     Keterangan Kelakuan Baik dari sekolah
  •     Surat keterangan sehat dari puskesmas
  •     Pas Photo 3×4 (3 lbr)

Biaya Masuk Pesantren

Adapun biaya masuk pesantren Babussalam Bandung di tahun 2021-2022, yang berhasil kami dapatkan adalah SMP berada di kisaran 8-9 jutaan. Sehingga kemungkinan untuk SMA Babussalam Bandung juga memiliki biaya sekian.

Adapun untuk SPP bulanannya sekitar 900 ribuan sudah termasuk makan tiga kali sehari. Menurut kami ini tergolong pesantren terjangkau di Bandung. Bisa dibandingkan dengan pesantren lainnya di Bandung di link ini. Kami sudah sajikan dengan info keunggulan dan biaya sehingga bisa menjadi pertimbangan.

Alamat Lengkap Boarding School

Adapun alamat lengkap berada di Jl. Ciburial Indah No.2-6, RT.01/RW.01, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung. Jika bingung bisa ikuti google maps yang kami sediakan agar lebih mudah.

Informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resmi di sini. Jika ada kekeliruan mohon cantumkan di kolom komentar agar bisa segera kami perbaiki. Kalau ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *