Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus | Biaya Al Achsaniyyah Kudus

Posted by

Pesantren anak berkebutuhan khusus Achsaniyah kudus adalah sebuah pondok pesantren yang dibangun khusus untuk santri dengan keterbatasan seperti penyandang autisme. Pesantren ini tentu berbeda dengan pondok pesantren lainnya, namun bukan berarti tidak layak untuk dipertimbangkan. 

Jika anak anda menyandang disabilitas autis, maka sulit rasanya mencari sekolah yang pas dan pesantren ini bisa menjawab kesulitan tersebut. Di dalam pondok tersedia sekolah formal bernama SDLB Sunan Kudus yang mana berdiri mulai tahun 2014. 

SDLB Sunan Kudus mendapatkan akreditasi B pada tahun 2019 ketika Bapak Yudi Kristianto sedang menjabat sebagai Kepala Sekolahnya. Jika Anda tertarik dengan sekolah khusus penyandang autis ini, maka kami akan memberikan informasi tentangnya pada rangkuman bacaan berikut.

Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus Kudus

Pesantren anak kebutuhan khusus Al Achsaniyyah Kudus dibangun tahun 2007 di atas tanah wakaf seluas 3.800 m2 atas nama K. Kusmin di Desa Padawang, Bae, Kudus, Jawa Tengah. 

pesantren anak berkebutuhan khusus

Sang pendiri merupakan lulusan atau seorang alumnus dari jurusan Syariah Universitas Al – Azhar, Mesir. Beliau juga belajar di International Cultural Center untuk mendalami ilmu dasar Thibbun Nabawi dan bekam sepesialis kedokteran islam.

Pondok pesantren Achsaniyah semula bernama Pondok Pesantren Modern Al – Achsaniyyah namun karena pendiri memiiki ketertarikan terhadap anak – anak autis sehinga akhirnya diganti menjadi Pondok Pesantren Autis Al – Achsaniyyah. 

Namun papan penunjuk jalan menunjukan nama Pesantren Tepat Teknologi Islam. Maka dari itu jika anda mencari – cari letak pesantren ini, maka harus berhati – hati agar tidak salah petunjuk yaa.

Metode Pengajaran One By One

Pesantren anak berkebutuhan khusus Achsaniyyah kudus tentunya memiliki metode belajar yang berbeda dengan sekolah atau pondok pesantren formal. Mengingat santrinya memiliki keterbatasan autis, maka tidak mungkin bila metode belajar disamakan dengan sekolah formal, bukankah benar seperti itu? 

Pondok pesantren ini akan memberikan pelayanan terbaik kepada anak murid atau santri. Setiap satu anak akan mendapatkan satu pengasuh yang secara khusus mengajarkannya mulai dari masuk pesantren hingga lulus. 

Hal ini dilakukan karena kita mengetahui dengan sendirinya bahwa setiap anak autis memiliki kelebihan dan kekurangannya masih–masing sehingga tidak bisa disamaratakan. Di sinilah keunggulan pesantren Achsaniyyah Kudus.

Beberapa yang ditangani di pesantren ini adalah anak autis, down syndrom, keterlambatan berbicara, disleksia, hiperaktif, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu disebut pesantren anak berkebutuhan khusus. 

Asal Santri Yang Berbeda

Santri di Pesantren berkebutuhan khusus ihsaniyah kudus memang seperti santri pada umumnya yaitu berasal dari berbagai daerah yang berebda. Namun bukan itu saja yang menjadi daya tarik pesantren ini. 

Dengan speliasasi terhadap anak yang menyandang autis, maka usia santri di pesantren ini pun juga beragam, mulai dari 5 tahun hingga 37 tahun. Dengan begitu anda tidak perlu kahwatir bila ingin mendidik anak atau saudara yang memiliki keterbatasan autis. 

Pesantren ini bisa anda percayakan untuk mengurus pendidikan khususnya hingga bisa melakukan atau memanfaatkan ilmu yang dimilikinya. Apalagi disertai dengan aspek rohani yang kental. 

Pembatasan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Karena Pesantren berkebutuhan khusus Achsaniyyah kudus memang sangat memfokuskan pengajran kepada santri disabilitas autis maka kelas atau jumlah santri dibatasi oleh pihak pesantren. Dikatakan bahwa maksimal ialah 100 orang dan hal ini berkaitan dengan banyak hal.

Misalnya seperti keterbatsan fasilitas dan juga tenaga pengajar. Kita semua paham bahwa mengajar anak yang memiliki disabilitas autis memiliki tantangan sendiri. Maka dari itu untuk menghasilkan kualitas pengajaran dan penyampaian materi kapda anak autis alangkah baiknya jika dibatasi agar tenaga pengajar pun bisa menjadi lebih fokus. 

Pondok pesantren ini juga seringkali melakukan outing class bagi anak didik agar mereka tetap nyaman belajar. Selain alasan kenyamanan, anak anak yang menyandang disabilitas juga perlu dikenalkan pada lingkungan sekitar. 

Kelak mereka akan kembali ke rumah masing – masing dan harus menyesuaikan diri lagi setelah bertahun – tahun di pondok. Itulah tujuan dari program outing class yang dilaksanakan secara rutin oleh pihak pondok.

Metode Pembelajaran Al Achsaniyyah Kudus

Jika ingin masuk pesantren Achsaniyyah, maka kegiatan akan dimulai dari pukul 04:00, yaitu mandi bergiliran. Barulah shalat subuh berjamaah. Jika anak yang sudah mandiri, bisa ngaji secara mandiri.

Sekitar pukul enam, anak berjemur. Selepasnya pemeriksaan kesehatan anak. Sekolah akan dimulai pada pukul 07:30. Kegiatan ini tentu cukup menarik. Apalagi ada hafalan surat pendek, asmaul husna, dan shalat berjamaah.

Yang pasti menu gula dan mie instan dikurangi. Karena ternyata memberikan pengaruh tidak bagus pada perkembangan anak. Anak putih diperbanyak. Sumber di sini.

Biaya Masuk Pesantren Al Achsaniyyah

Kami mendapatkan info dari sumber isknews.com bahwa pesantren ini membantu kalangan yatim dan dhuafa. Jadi selengkapnya ditanyakan prosedur untuk bantuan tersebut.

Namun untuk yang reguler pendaftarannya memiliki biaya yang harus ditunaikan oleh orang tua. Yang pasti ada keterangan dari dokter bahwa anak itu memiliki kebutuhan khusus.

Kami mendapatkan dari sini untuk tahun 2020, kemungkinan di tahun 2021 atau 2022 naik tapi sedikit

Biaya Masuk PesantrenRp31.500.000
SPP Bulanan PesantrenRp3.500.000
Biaya Tahunan PesantrenRp3.500.000

Adapun pendidikan di luar pesantren, atau SDLB Achsaniyyah Kudus, maka ada biaya pendaftaran yang berbeda. 

Uang PangkalRp5.000.000
SPP bulananRp1.250.000
Daftar ulang tahunanRp1.250.000

Untuk sekolah yang SDLB modelnya seperti full day school, di mana pembelajaran dan pendampingan dari pukul 07:00 hingga 14:30. Hari aktifnya Senin hingga Jum’at. 

Jika Anda ingin sekolah anak berkebutuhan khusus lainnya yang berbasis asrama, bisa dibaca di sini. Kami sudah sajikan dengan informasi biaya.

Alamat Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus

Pesantren kebutuhan khusus Al Achsaniyyah kudus terletak di Gg. Flamboyan IV RT/RW 04/03, Padawang, Bae, Kudus, Jawa Tengah. Jika anda mencari sekolah ini berdasarkan Google Maps maka cukup ketikkan Pondok Autis Kudus atau SDLB Sunan Kudus di kolom pencarian. 

Untuk informasi jam buka atau pelayanan tertera 24 jam. Namun alangkah baiknya jika anda berkunjung pada saat jam kerja serta di hari kerja. Jika anda datang di luar jam kerja maka kami khawatir anda tidak bisa mendapatkan pelayanan padahal sudah melewati perjalanan yang panjang. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya untuk tidak mengunjungi pondok pada saat jam sitirahat atau hari libur.

Demikian informasi tentang Pesantren kebutuhan khusus ihsaniyah kudus yang bisa kami sampaikan kepada anda pada kesempatan kali ini. Semoga Anda dapat menemukan sekolah yang tepat untuk buah hati dan keterbatasan atutisnya. 

Pendidikan adalah hal dan hak yang paling penting serta harus terpenuhi tanpa memandang keterbatasan anak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *