Pesantren Al Madani Semarang | Pendidikan Oke Biaya Sip

Posted by

Pesantren Al Madani Semarang merupakan salah satu pesantren salafiyah yang terletak di kaki gunung Ungaran, yang pastinya memiliki lingkungan asri, nyaman, dan bikin santri betah mondok.

Seperti apa pesantren dari kota lumpia ini? Simak ulasan kami yang nantinya akan membahas serba – serbi informasi Pesantren Al Madani Semarang yang informasi utamanya kami rangkum berdasarkan brosur, video youtube, dan media sosial resmi pesantren.

Profil Pesantren Al Madani Semarang

Pondok Pesantren Al Madani Semarang dibangun dan didirikan di atas tanah wakaf seluas satu hektar oleh seorang alim ulama yakni Kyai H. M. Tauhid beserta istrinya, Hj. Mufrida Ningsih pada tahun 2007.

Uniknya Ponpes Al Madani Semarang ini lahir karena sang kyai terinspirasi oleh gurunya saat bersekolah dahulu, dan ingin mengikuti jejaknya dengan berdakwah melalui jalur pendidikan pesantren ala rasulullah.

Pesantren Al Madani Semarang

Kurikulum Pendidikan di Al Madani Semarang

Adapun unit pendidikan formalnya ada dua, yakni SMP IT Al Madani dan MA Nudia. Dan terdiri dari program reguler dan intensive class. Yang membedakan adalah dari segi kurikulumnya.

Untuk program reguler, pihak Pesantren Al Madani Semarang menerapkan kurikulum diniyyah yang dipadukan dengan kurikulum keagamaan, kurikulum 2013, dan paradigma baru untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efesien. Sedangkan pada program intensive class ada tambahan pelajaran SAINS di luar jam belajar.

Namun yang menjadi highlight pendidikan di Ponpes Al Madani Semarang adalah madrasah diniyah (kajian kitab kuning klasik dengan metode ngaji bandongan – sorogan) dan program tahfidz yang menjadi program unggulannya.

Untuk madrasah diniyah sendiri terbagi menjadi tiga tingkatan, yakni madrasah diniyah awaliyah (kelas pemula), madrasah diniyah wustho’ (kelas menengah), dan madrasah diniyah ulya (kelas atas / tertinggi).

Kitab Santri Al Madani Ungaran

Adapun kitab – kitab yang dipelajari santri selama ngaji cukup beragam, seperti nahwu wadhih, mabadiul fiqih, aqidatul awam, imrity, qowaidul i’rob, safinatun najah, alifiyah, bulughul maram, fathul qorib dan fathul mu’in, dan lainnya.

Kegiatan Harian Santri

JamKegiatan Harian
04.15 – 06.00Sholat subuh berjamaah, tahfidz / bahasa, belajar mandiri
06.00 – 07.00Sholat dhuha, mandi, makan, persiapan sekolah
07.00 – 12.00Kegiatan belajar mengajar (KBM)
12.00 – 13.00Sholat dzuhur, makan siang
13.00 – 15.30Sekolah siang
15.30 – 17.15Sholat ashar, tahfidz qur’an dengan pengasuh
17.15 – 19.15Istirahat, sholat maghrib, mujahadah
19.15 – 20.00Sholat isya berjamaah
20.00 – 22.00Muhadasah bahasa, makan malam, belajar mandiri
22.00 – 23.00Kajian tafsir (santri dan asatidz)
23.00 – 03.00Qiyamul lail

Dari tabel di atas, bisa dilihat kegiatan santri Pesantren Al Madani Semarang dari pagi hari sampai malam hari cukup padat. Artinya para santri dididik untuk terus produktif dan tidak menyia-yiakan waktu yang dimilikinya.

Ekstrakulikuler

Kegiatan ekstrakulikuler santri di sini ada banyak pilihannya. Pramuka, paskibra, sepak bola, kaligrafi, bola volly, rebana, qiro’ah, pencak silat, hingga club bahasa arab dan inggris.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di pesantren memang bukan yang mewah, sederhana saja namun cukup untuk membantu kegiatan belajar dan mengaji selama santri mondok di asrama.

Beberapa fasilitas yang ada mulai dari masjid, kantor, asrama pengasuh, dapur, kelas yang representatif, perpustakaan dengan koleksi buku yang banyak, koperasi, laboratorium bahasa dan komputer, gudang, hingga klinik kesehatan. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran Santri Baru

Nah kalau tertarik untuk mendaftar, bisa datang langsung atau mendaftar secara online di website. Pendaftarannya dibuka mulai bulan januari – april dengan tiga gelombang.

Adapun syarat pendaftaran adalah mengumpulkan berkas – berkas yang dibutuhkan. Antara lain:

  • FC ijazah / SKHUN yang sudah dilegalisir pihak berwenang
  • FC akta kelahiran
  • FC KK dan KTP orang tua
  • Pas foto hitam putih 3×4 sebanyak 6 rangkap
  • FC BPJS
  • FC NISN
  • FC KIP

Jangan lupa semua berkas dikumpulkan sebanyak 3 rangkap dan pendaftaran santri baru dikenakan biaya sebesar Rp. 130.000 ribu rupiah.

Biaya Masuk 2022 – 2023

Berikut kami sajikan rincian biaya masuk santri baru Pesantren Al Madani Semarang yang kami rangkum dari brosur resmi.

Jenis programBiaya masukSPP
RegulerRp. 3. 740.000Rp. 600.000
Intensive classRp. 10.250.000Rp. 1.050.000

Perlu diperhatikan bahwa biaya ini untuk gelombang ketiga, sedangkan untuk gelombang pertama dan kedua biaya masuknya jauh lebih murah. Ada potongan diskon 5 sampai 10 persen. Kesimpulannya, lebih cepat mendaftar maka lebih baik.

Jika Bapak / Ibu bingung hendak memilih program yang mana, maka disesuaikan saja dengan kebutuhan santri dan kesanggupan orang tua. Biaya program intensive class menurut kami memang lumayan, dan biaya reguler pun sudah cukup terjangkau.

Jika ingin opsi pesantren terbaik lainnya di Semarang bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap Pondok Pesantren Al Madani yaitu Ds. Terwidi RT 04 RW. 04, Kel. Plalangan, Kec. Gunungpati, Kota Semarang – Jawa Tengah.  Kami sertakan Google Maps

Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat pada laman facebook pesantren di sini atau telepon di nomor +62 822 4232 7947 (Ust. Agung) / +62 877 3717 5536 (Ustadzah Wafa).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *