Pesantren Walisongo Sragen | Ciri Khas dan Biaya

Posted by

Pesantren Walisongo Sragen merupakan salah satu pondok pesantren ternama dengan santri lebih dari 800-an baik putra atau putri. Mereka berasal dari banyak daerah di Indonesia. Pesantren ini memang memiliki daya tarik lebih.

Oleh sebab itu kami akan mengulas dan membuat rangkuman informasi yang bersumber dari website, brosur, serta beragam informai lainnya di internet. Di antara yang akan kami ulas adalah, pendidikan di pesantren, keunggulan, serta biaya masuk.

Pesantren Walisongo Sragen

Pondok pesantren Walisongo Sragen merupakan pesantren berbasis salafiyah, yaitu menekankan pada pendalaman kitab kuning untuk menghasilkan santri yang memahami Islam dengan baik dari kitab-kitab klasik.

Pesantren didirikan oleh KH. Ma’ruf Islamuddin pada tahun 1945. Bisa dikatakan merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Sragen. Kini pesantren dengan identitas salafiyah ini memiliki warna modern dalam sistemnya dengan beragam tingkat jenjang pendidikan formal.

pesantren walisongo sragen

Pendidikan di Pesantren

Di ponpes Walisongo Sragen, terdapat dua pendidikan. Yang pertama adalah formal dengan jenjang SMP dan SMA. Pondok pesantren ini menggunakan kurikulum diknas. Sehingga sains dan lain sebagainya bisa didapatkan dengan baik.

Baik SMP atau SMA, di dalamnya juga terselip pendidikan diniyyah. Tauhid dan lain sebagainya menjadi bagian dari pembelajaran untuk muatan lokal. Jadi antara formal dan diniyyah berjalan bersamaan.

Pendidikan yang ketiga adalah khusus pendalaman ilmu agama, atau yang dikenal dengan madrasah Muallimin Walisongo. Jadi tidak mendapatkan pendidikan formal tapi akan menempuh ijazah persamaan paket C. Jadi tidak ketinggalan.

Durasi waktunya untuk program khusus adalah lima tahun, kurikulumnya menggunakan metode sorogan, dan metode klasik pembelajaran kitab kuning. Nantinya ada pengembangan melalui bahsul masail, cukup bagus sekali. Khas pesantren salafiyah kitab kuning.

Disamping program yang ada di atas, juga ada dua program menarik. Pertama adalah tahfidz Quran. Sedangkan yang kedua adalah program bahasa inggris. Ini wajib untuk bisa menghadapi persaingan global.

Ada satu lagi program yang menarik, yaitu Walisongo Islamic Football Academy. Intinya santri fokus untuk pengembangan kemampuan dalam bermain dan teknik sepakbola selain belajar di pesantren. Ada trial kompetisi di dalam dan di luar daerah juga, keren ya.

Ciri Khas Pesantren

Dari namanya sudah diketahui kalau pesantren ini khas salafiyah, maka kegiatan seperti ziarah, menjadi salah satu kegiatan rutin tahunan. Adapun kegiatan bulanan yang dilakukan bersama adalah nariyahan, simtudduror, juga ada mujahadah lapanan.

Adapun kegiatan mingguannya adalah shalawat burdah, yasinan dan ratibul hadad, dziba’an, ngaji tanbihul ghofilin, ada lagi yang istimewa yaitu senam pernafasan. Dari sini kita bisa melihat menurut kami Pesantren Walisongo Sragen merupakan salah satu pondok NU di Sragen.

PanduanTerbaik.id

Ekstrakurikuler Pesantren Walisongo Sragen

Meskipun Pesantren Walisongo Sragen merupakan pesantren salafiyah, namun ekstrkurikulernya cukup modern. Di antaranya adalah multimedia, ada fotografi, musik modern, rebana, kaligrafi.

Juga ada olah raga seperti sepakbola, dan teater. Dengan keragaman ekstrakurikuler di pesantren, santri akan bisa mengembangkan minat bakatnya, serta menjadi lebih kerasan hidup di pondok pesantren.

Pendaftaran Pondok Pesantren

Adapun untuk masuk ke ponpes Walisongo Sragen, maka harus melewati tes seleksi. Di antaranya adalah tes akademis, dan tes lisan seperti Membaca Al Quran, dan menulis huruf hijaiyah. Ada juga wawancara.

Yang menarik adalah, jika masuk SMP ada surat perjanjian untuk bisa belajar di pondok pesantren selama waktu enam tahun. Di samping ini juga ada beberapa syarat lainnya. Yaitu,

  • Diantar orangtua
  • FC Ijazah
  • FC SKHU
  • Foto 3 x 4 sebanyak 6 lembar
  • FC Akte
  • FC KK
  • FC NISN
  • FC KTP orang tua
  • Nomor peserta ujian nasional

Adapun untuk mendaftar cukup via online dengan mengunjungi link berikut ini. Diklik saja ya. Biaya pendaftarannya Rp200.000.

Biaya Masuk Ponpes Walisongo Sragen

Untuk biaya masuk pesantren Walisongo Sragen terbagi dua. Daftar ulang SMP sebesar Rp6.050.000, sedangkan yang SMA sebesar Rp6.150.000. Adapun untuk program tahfidz Quran memiliki biaya untuk Rp17.100.000 untuk SMP, dan Rp12.150.000 untuk SMA. Bulanannya Rp 1.500.000.

Bagi yang ingin masuk pesantren Walisongo Sragen khusus akademi bola, biayanya Rp13.000.000, sedangkan bulanannya Rp1.000.000. Biaya yang kami cantumkan rata-rata adalah tahun 2021-2022. Tapi lebih valid untuk biaya tanyakan pihak pesantren ya. Bisa jadi sudah berubah dan naik.

Biaya ini menurut kami lumayan untuk wilayah Sragen dan Jawa Tengah. Bisa dibandingkan dengan pesantren modern lainnya di Sragen di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing, jadi bisa menjadi pertimbangan untuk memilih pesantren di sragen.

Alamat Lengkap

Alamat lengkapnya berada di Sangkul RT 12, desa Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Sragen. Kalau bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini. Tinggal klik saja. Agar mudah diikuti.

Informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resminya di sini. Atau bisa hubungi nomor 0813 2738 0033. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang ingin masuk pesantren Walisongo Sragen.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *