4 Pesantren Gratis di Semarang dan Pendidikannya

Posted by

Pesantren gratis di Semarang sebenarnya cukup banyak, namun kami akan sajikan beberapa terbaik yang bisa dijadikan tujuan pendidikan bagi Anda yang ingin masuk pesantren tanpa biaya tapi maksimal.

Kami himpun dari beragam sumber, utamanya adalah website, profil video, serta beragam informasi lainnya. Kami akan sajikan alamat, keunggulan, serta bagaimana untuk mendaftar Pesantren gratis di bawah ini.

Pesantren Darul Husna Gunungpati

Yang pertama adalah pesantren Darul Husna yang bertempat di Gang Durian Rt 01 Rw 03 kelurahan Pakintelan, kecamatan Gunungpati Kabupaten Semarang. Ponpes ini belum lama berdiri tapi sudah mulai banyak dikenal.

Memang secara nama adalah panti asuhan, namun demikian fokus pendidikan di pesantren Darul Husna Gunungpati adalah tahfidz Quran. Jadi santri mampu menghafal Al Quran selama berada di pondok pesantren.

pesantren gratis di semarang

Tidak lupa pendidikan lainnya seperti akhlaq, aqidah, juga tajwid. Santrinya putra dan putri masih puluhan, rata-rata adalah jenjang sekolah dasar.  Secara fasilitas menurut kami sangat standar.

Di sini gratis untuk Yatim Piatu. Informasi lengkap hubungi 0812-2582-5522. Hubungi via wa dulu saja agar terbangun komunikasi.

Pesantren Rijalul Quran Gunungpati

Masih dari wilayah yang sama, namanya Pesantren Rijalul Quran yang beralamat di Jalan Pakintelan 1, kecamatan Gunungpati, kota Semarang. Ini bisa jadi salah satu rujukan pesantren gratis di Semarang.

Kalau yang satu ini gratis bagi Yatim, Piatu, juga kaum dhuafa. Syarat utamanya hanya memiliki niat kuat untuk menghafal Quran. Kegiatan seharian juga lebih banyak untuk menghafal Quran.

Bahkan di pesantren gratis ini santri memiliki target menghafal hingga 30 juz dalam jangka waktu tiga tahun saja. Menurut kami ini sudah cukup cepat.

Bahkan ketika hari Jum’at, dan Ahad, santri akan mendapatkan pendidikan umum, pendidikan formal. Tapi nantinya menggunakan ijazah kejar paket. Menurut kami hal ini masih baik. Secara fasilitas menurut kami sudah cukup baik suasananya juga cukup nyaman, hijau. Banyak ruang terbuka.

Bahkan sekarang santrinya sudah mencapai 200 dari beragam usia dan daerah. Ada yang dari Manado, NTT, dan masih banyak lagi. Sayangnya satu angkatan hanya diterima 100 anak saja.

Usia pendaftar dibatasi dari 11-14 disebut tingkat madrasah, kalau dari usia 17 tahun ke atas disebut dengan MQ. Nantinya ada wawancara anak dan orang tua, tes kefasihan membaca Al Quran, dan kecepatan menghafal Al Quran.

Bagi yang ingin mendaftar hubungi 0877 0545 2307. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini. Ini merupakan salah satu pesantren gratis di Semarang terbaik.

Pesantren Hisyam Nur Musthofa Gratis

Satu lagi pesantren gratis di Semarang adalah Hisyam Nur Musthofa yang beralamat di Jalan Khotib Anom 36 Rt 02/04 Dusun Sumowono Desa Sumowono, Bandungan Ambarawa, Semarang.

Di sini lebih dikhususkan bagi anak-anak yatim. Namun demikian santri akan mendapatkan pendidikan lengkap, mulai dari pendidikan Islam, juga pendidikan formal mulai dari SD, SMP, hingga SMA yang ada di sekitar pondok pesantren.

Untuk pendidikan di dalamnya adalah baca tulis Al Quran, fiqih, hadist, bahasa Arab, dan masih banyak lagi. Sedangkan tempat tinggalnya menurut kami sudah cukup layak. Untuk mendaftar bisa menghubungi nomor 0815-4849-4098. Website resminya di sini.

Ponpes Gratis Tahaffudzul Quran

Yang terakhir adalah Pesantren Tahaffudzul Quran. Dalam pantauan kami bisa dikatakan ini adalah pondok pesantren gratis yang cukup terkenal dan sudah diulas di beragam media karena keunggulan yang dimilikinya.

Di antaranya adalah fokus kepada tahfidz Quran dengan usia antara 6-14 tahun yang punya semangat menjadi hafidz Quran. Sudah terkondisikan untuk santri anak-anak.

Santri juga mengenyam pendidikan formal di SD sekitar. Terdapat sekitar 11 kamar dengan 5 kamar mandi. Masing-masing santri akan mendapatkan almari. Santri juga di sini makan sebanyak tiga kali sehari.

Alamatnya berada di Kampung Suromenggalan Jalan Pemuda Semarang. Letaknya cukup strategis mudah dijangkau anak-anak. Atau di belakang masjid Agung Semarang. Menurut kami ini salah satu pesantren gratis di Semarang yang favorit.

Untuk informasi lebih lengkap bisa hubungi nomor 024 3550486.

Jika ingin pesantren berbayar di Semarang bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Semoga informasi pesantren gratis di Semarang ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan orang tua masukkan anak ke pesantren terbaik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *