7 Pesantren Terbaik di Jepara | Kitab Kuning dan Juara MTQ Nasional

Posted by

Pesantren Terbaik di Jepara | Jepara dikenal luas sebagai kota kerajinan. Terutama berkaitan dengan meubel. Meubel karya Jepara memang dikenal luas indah. Apalagi ukirannya. Memiliki ciri khas tersendiri yang sulit disamai oleh kota lain.

Namun demikian Jepara juga memiliki kelebihan sebagai kota dengan banyak pesantren. Terutama karena memang wilayah di sekitarnya juga memiliki banyak pesantren, seperti Demak, Kudus, juga Pesantren di Rembang. Oleh sebab itu kami akan sajikan beberapa pesantren terbaik di Jepara.

Dasar kami adalah review yang ada di Internet, rating yang diberikan Google berdasarkan masyarakat, plus beberapa aspek lainnya yang tentu saja subjektif. Harapan kami ulasan kami bisa membantu bagi siapa saja yang ingin mencari pesantren terbaik di Jepara.

Pesantren Al Muttaqin Kedung

Pesantren yang satu ini berdiri pada tahun 1987. Letaknya jauh dari kota namun memang nama pesantren ini sudah dikenal baik. Berdiri di atas tanah lebih dari dua hektar, pesantren ini diminati banyak wali santri di Jepara.

Kelebihan utamanya adalah penekanan pada pembelajaran bahasa arab. Menguasai nahwu dan sharf, kemudian juga menguasai lisan dan tulisan, aktif dan pasif. Oleh sebab itu orang sering mengenalnya sebagai pesantren pendalaman bahasa, selain juga pendidikan agama Islam.

Baca: Cara menilai pesantren terbaik dengan tepat.

Aspek lain yang menjadi perhatian di pesantren ini adalah pendidikan bermanhaj Quran dan Hadist, dan mengikuti sunnah rasul tidak hanya dalam pengetahuan tapi juga diamalkan dalam kegiatan keseharian.

Pendidikan formalnya dibentuk seperti laiknya model KMI (kurikulum mandiri pesantren) di pesantren modern, yaitu pendidikan enam tahun jika selepas SD, dan empat tahun jika selepas SMP.

Biaya pendidikan tidak mahal. Untuk masuk membutuhkan biaya sebesar Rp3.200.000-an. Sedangkan untuk SPP-nya sebesar Rp500.000-an setiap bulan. Info lengkap di https://almuttaqinjepara.com/

Pesantren Darul Falah Amsilati

Pesantren ini terletak di wilayah Jepara wilayah timur. Kelihatannya kecil. Namun demikian sebenarnya pesantren ini memiliki luas sekitar 5 hektar. Cukup besar. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren besar di Jepara.

Terlebih pesantren ini memiliki kelebihan yang jarang dimiliki pesantren lain. Yaitu memiliki metode khusus untuk belajar cepat membaca kitab kuning, yang disebut dengan metode amsilati. Pesantren ini sangat mengunggulkan hal tersebut. Sehingga menjadi rujukan dalam aspek pembelajaran cepat ngaji kitab kuning. Oleh sebab itu pesantren ini salah satu pesantren terbaik di Jepara.

pesantren terbaik di Jepara
sumber : Amsilatipusat.com | Pesantren Darul Falah Amsilati

Maka santrinya pun berdatangan dari seluruh Indonesia. Terutama untuk belajar metode tersebut. Karena jika masuk pondok pesantren Darul Falah Amsilati, bisa hanya memilih pembelajaran tertentu. Ada khusus Amsilati, Tasawuf, Bahasa Arab dan Inggris, dll. Yang masing-masing program bisa ditempuh sekitar 6 bulan.

Sedangkan pendidikan formalnya juga tersedia dari MI, Tsanawiyah, hingga Madrasah Aliyah. Bahkan ada khusus tahfidz Quran juga. Biayanya tergolong standard, yaitu sekitar 9 Juta. Adapun bulanannya sekitar 750.000. Website resmi bisa dikunjungi di https://psb.amtsilatipusat.com/

Pesantren Balekambang Raudlatul Mubtadiin

Nama pesantren Balekambang lebih terkenal dari nama pesantren aslinya, Raudlatul Mubtadiin. Pesantren ini termasuk di jajaran pesantren tertua di Jepara, bahkan di Indonesia. Berdiri pada tahun 1884 pesantren ini memiliki santri lebih dari 3000.

Keistimewaan pesantren ini adalah kemampuan dalam mempertahankan pendidikan tradisional khas pesantren NU dengan ngaji kitab sorogan. Menghafal bait-bait Alfiyah, juga hormat kepada kyai yang sangat ditinggikan.

Baca: 7 Investasi terbaik untuk masa depan Anda

Di sisi lain, pendidikan formal di pesantren ini tidak kalah istimewa. Dari MI, MTS, MA, hingga SMK tersedia. Bahkan yang terbaru sudah tersedia Ma’had Aly. Pendidikan formalnya juga berprestasi di tingkat nasional. Seperti pengembangan mobil listrik kerjasama dengan Universitas Negeri Semarang. Sehingga mengantarkan ke perlombaan di kompetisi internasional Okinawa Jepang. Oleh sebab itu pesantren ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Jepara.

Hebatnya lagi biaya pendidikan yang disediakan cukup murah. Untuk pendaftaran hanya sekitar 2 jutaan. Sedangkan untuk SMK hanya sekitar 3 jutaan. Untuk bulanannya sebesar 600 ribu rupiah. Info lengkap bisa hubungi website resmi lembaga di sini, https://www.pesantrenbalekambang.org/

Pesantren Zhilalul Quran Batealit

Pesantren ini sesuai dengan namanya, Zhilalul Quran, maka fokus pesantren ini pada pendidikan tahfidz Quran. Terletak di jalan Sodirwiyo Raguklampitan, Batealit, pesantren ini santrinya mencapai ratusan.

Namun demikian yang menjadi istimewa adalah pendidikan tahfidz Quran yang dimilikinya. Bahkan jika melihat di brosur yang dimilikinya, pesantren ini sangat sering meraih juara di wilayah Jepara dan propinsi Jawa Tengah dalam aspek Al Quran, tahfidz atau MTQ. Bahkan di tahun 2018 meraih juara 1 MTQ tingkat nasional.

Kelebihan lainnya adalah fokus kepada ngaji kitab. Artinya keunggulan yang dimiliki adalah hafidz Quran dan mahir kitab kuning. Maka santri pada akhirnya memiliki kelebihan yang unggul, terutama dalam pendalaman kajian Islam.

Namun demikian setiap pendaftaran ada kuota yang dibatasi. Terakhir yang kami dapat info, bahwa sekali pendaftaran hanya menerima 80 siswa. Pembatasan memang sering dilakukan oleh pesantren khusus, seperti pesantren Zhilalu Quran. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Jepara.

Pesantren Tahfidz Quran Anak Al Husna

Jika banyak pesantren di Jepara adalah untuk anak-anak remaja dan dewasa, tapi tidak dengan pesantren yang satu ini, yaitu pesantren tahfidz Quran khusus anak-anak, pesantren Al Husna Mayong Jepara.

Memang dalam sudut pandang kami, jika ingin tahfidz Quran sangat cocok adalah anak-anak. Namun di sini diperkenankan usia pendaftaran di brosurnya di rentang 6-9 tahun. Tersedia untuk anak laki-laki dan perempuan. Kalau lihat mereka, akan terasa lucu plus sangat terharu.

Di sisi lain, pendidikan formalnya juga cukup terjaga. Ada yang namanya SDIT, SD Islam Terpadu yang mana mendidik santri dengan pendidikan formal yang cukup. Plus memasukkan anak di pesantren lebih dini membuatnya belajar lebih mandiri. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai pesantren terbaik di Jepara.

Pesantren Matholiul Huda Bugel

Pesantren ini tergolong salah satu yang tua di Jepara. Pesantren ini nama aslinya adalah pesantren Matholiul Huda. Namun banyak orang lebih mengenal sebagai pesantren Bugel karena menginduk pada daerahnya.

Pesantren ini memiliki keunggulan dalam tiga aspek. Pertama adalah pendidikan tahfidz Quran dengan target 10 juz. Mengingat pesantren ini tidak khusus tahfidz Quran, target ini cukup realistis. Kedua, dalam aspek ngaji kitab. Terutama adalah bait-bait alfiyah. Targetnya memang tidak lengkap 1000 dari keterangan brosur, hanya 500.

Mungkin karena pesantren ini juga mengutamakan pendidikan formal yang terakreditasi A. Sehingga waktunya harus dibagi. Sehingga polanya pagi formal, selebihnya pendidikan pesantren. Biaya masuknya tergolong cukup murah. Yaitu senilai hampir 2 juta dengan biaya SPP setiap bulan sebesar 300.000-an. Oleh sebab itu bisa menjadi pesantren pilihan di Jepara.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Jepara. Nomor tujuh sengaja kami kosongkan agar mendapatkan usulan dari pembaca. Jika pesantren ingin direview lengkap bisa komunikasi dengan kami di affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *