Pesantren Al Iman Purworejo | Keistimewaan dan Biaya

Posted by

Pesantren Al Iman Purworejo merupakan salah satu pondok pesantren ternama. Santrinya sangat banyak, mencapai ribuan, serta berasal dari beragam daerah di Indonesia. Kiprahnya dalam dunia pendidikan sudah tidak diragukan.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang ponpes Al Iman Purworejo bersumber dari website resmi dan brosur yang kami dapatkan di internet. Di antara yang kami bahas adalah pendidikan dan biaya masuk pesantren.

Pesantren Al Iman Purworejo

Pesantren Al Iman Purworejo memiliki sejarah berdiri pada tahun 1828 oleh Mbah Ahmad Ngalim (suaramerdekakedu.id). Tergolong pesantren tertua di Purworejo, bahkan mungkin salah satu yang tertua di Jawa Tengah. Bisa dikatakan sebagai soko pesantren di Purworejo.

Santrinya berjumlah lebih dari 2.500 yang terdiri dari santri putra atau putri. Pesantren ini memiliki kurikulum pendidikan tidak lagi klasik, sudah dikombinasikan dengan pendidikan formal. Atau sering disebut di website kami dengan salafiyah modern.

pesantren al iman purworejo

Namun demikian identitas pesantrennya masih cukup kental. Ini yang membuat kami melihat kelebihan ponpes Al Iman Purworejo cukup melimpah dan laik jadi salah satu rujukan bagi santri.

Pendidikan di Pesantren Al Iman Bulus

Pendidikan di Pesantren Al Iman Bulus sebenarnya ada beberapa, tapi yang cukup dikenal adalah jenjang MTs dan MA. Keduanya memiliki nilai akreditasi A. Artinya sudah sesuai dengan yang ditetapkan oleh standar nasional.

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum diknas, kemenag, serta kurikulum berbasis pesantren. Seperti adanya shorf, fiqh, hadist, akhlaq, tauhid, bahasa, dan imla’. Sehingga menghasilkan pendidikan yang lengkap.

Sedangkan untuk Aliyah tersedia beberapa jurusan, seperti keagamaan, IPA, serta IPS. Tiga jurusan ini sangat bermanfaat dan menjadikan setiap santri yang masuk mendapatkan tempat sesuai dengan minat yang dimilikinya.

Pendidikan Diniyyah Pesantren

Nah yang istimewa dari pesantren Al Iman Bulu Purworejo adalah, pendidikan diniyyah pesantren juga cukup kental. Ada jenjang dari ibtida’, Tsanawi, Ulya, dan Takhassus, atau orang sering menyebut dengan pembelajaran kitab kuning. Jurumiyah, Imrithi, hingga Alfiyah menjadi menu wajib.

Metode pembelajarannya adalah sorogan dan bandongan. Khas pesantren klasik. Yaitu kajian bersama-sama, atau santri membaca dan guru melihat benar tidaknya bacaan tersebut. Metode ini sangat efektif untuk melahirkan santri dengan pemahaman keislaman cukup mendalam.

Pesantren ini juga menggunakan model santri mukim dan kalong. Yaitu ada yang berada di pesantren selama 24 jam, ada juga yang pulang pergi ke rumah masing-masing. Komposisinya dari website resmi tertulis, 79.94% yang tinggal di pesantren.

Fasilitas di Pesantren

Fasilitas di pesantren Al Iman Bulus juga lengkap. Dari sisi fasilitas akademik pesantren ini memiliki laboratorium IPA, Bahasa, Komputer, bahkan ruang multimedia, dan kelasnya sudah menggunakan proyektor.

Di sisi lain untuk fasilitas di asrama juga lengkap. Mulai dari lapangan olah raga, gedung-gedung bertingkat, memang tidak mewah, tapi sudah sangat cukup bagi santri untuk fasilitas belajar di pesantren.

Keunggulan Ponpes Al Iman Bulus

Ada yang menarik dari Ponpes Al Iman Bulus Purworejo. Di antaranya dalam aspek organisasi, pesantren ini memang kental dengan unsur Nahdhatul Ulama, sehingga tersedia organisasi IPNU dan IPPNU di dalam pesantren. Ini baik untuk pengembangan kepribadian siswa.

PanduanTerbaik.id

Ekstrakurikuler di pesantren juga cukup melimpah, mulai dari kaligrafi, pramuka, paduan suara, jurnalistik, karawitan, tenis meja, sepakbola, voley, takraw, dan lainnya. Hal ini membuat santri menjadi lebih betah di pesantren.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin mendaftar bisa melalui website resmi, atau jika bingung bisa langsung datang ke pondok pesantren. Namun yang perlu disiapkan adalah persyaratan administratif seperti,

  • Formulir pendaftaran
  • FC ijazah
  • FC SHU
  • FC NISN
  • FC akte, kk, dan ktp orang tua
  • FC sertifikat kejuaraan jika ada

Nah kalau yang ingin masuk madrasah Aliyah, maka ada beberapa tes yang harus dilewati seperti tes CBT 100 butir soal IPA, Matematika, B. Indonesia, Inggris dan Nahwu Sorof. Serta tes muatan lokal pesantren.

Di antaranya adalah baca kitab, hafalan imrithi, pemahaman nahwu dan shorf, adalagi imla’, kemampuan menulis pegon, serta menentukan kedudukan kata/asal dalam susunan kalimat.

Biaya masuk Pesantren

Untuk biaya masuk pesantren yang kami cantumkan adalah tahun 2020-2021. Namun setidaknya bisa menjadi pedoman. Untuk MTs yang putra biaya pendaftaran Rp3.235.000, sedangkan yang putri Rp3.380.000.

Sedangkan untuk biaya masuk pesantren Al Iman Purworejo untuk Aliyah kami sajikan menggunakan tabel.

MA Pondok PutraRp1.475.000
MA Pondok PutriRp1.505.000
MA Laju PutraRp1.285.000
MA Laju PutriRp1.315.000
Isti’dad Pondok PutraRp3.265.000
Isti’dad Laju PutraRp1.990.000
Isti’dad Pondok PutriRp3.295.000
Isti’dad Laju PutriRp2.020.000

Menurut kami biaya ponpes Al Iman Bulus masih terjangkau. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Purworejo di link berikut ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing agar menjadi pertimbangan.

Alamat lengkap

Adapun alamat lengkap pesantren berada di Krajan, Desa Bulus, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo. Atau kalau bingung bisa ikuti link Google Maps yang kami sediakan di bawah ini.

Jika ingin informasi lebih update dan valid bisa kunjungi website resmi pesantren di sini. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi rujukan wali murid dalam memilih pesantren terbaik untuk anaknya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *