9 Pekerjaan untuk Lulusan SMA Jurusan IPS

Posted by

Pekerjaan untuk lulusan SMA jurusan IPS sebenarnya cukup banyak. Hanya saja seringkali belum banyak yang mengetahui. Apalagi anak jurusan IPS memiliki kelebihan yang tidak dimiliki jurusan IPA.

Sayangnya masih banyak yang bingung pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan SMA jurusan IPS. Nah berikut kami rangkumkan beberapa jenis pekerjaan untuk lulusan SMA khususnya jurusan IPS tanpa perlu ijazah sarjana. Semoga bermanfaat.

Customer service

Pekerjaan sebagai customer service adalah pilihan pas. Pekerjaan ini sangat cocok untuk pribadi yang ramah nan ceria, apalagi siswa SMA jurusan IPS umumnya lebih komunikatif, flexible, dan pintar bersosialisasi.

Adapun jobdesk seorang customer service adalah memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk ataupun layanan yang disediakan oleh perusahaan, menenangkan kecemasan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan. Intinya seorang customer service bertugas untuk menjaga hubungan perusahaan dengan pelanggan.

 Pekerjaan untuk Lulusan SMA

Sales untuk lulusan SMA jurusan IPS

Pekerjaan sales sebenarnya tidak jauh berbeda dengan customer service. Baik dari persyaratan maupun jobdesk-nya. Seorang sales biasanya bertugas menjual barang, produk, ataupun layanan tertentu pada pembeli.

Sales yang handal dapat dilihat dari kemampuannya menarik perhatian pelanggan melalui promosi yang dilakukannya. Artinya, semakin cakap seorang sales melakukan promosi, maka semakin besar juga gaji yang didapatkan. Tentu disertai dengan kemauan, kerja keras, usaha, dan keuletan.

Prama / Prami

Pekerjaan untuk lulusan SMA jurusan IPS  berikutnya adalah pramugari / pramugara maskapai penerbangan memang bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA jurusan IPS. Selain bisa sambil jalan – jalan dengan gaji tinggi, syarat minimal pendaftar adalah lulusan SMA.

Namun yang menjadi kendala adalah masih harus mengikuti pendidikan tambahan untuk menunjang kecakapan sebagai pramugari / pramugara.

Tapi tenang saja, kami memberikan opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan. Yakni menjadi prama / prami kereta api. Persyaratan dan alur pendaftarannya pun mudah, mulai dari pendaftaran administrasi via website, verifikasi berkas dan performance test, hingga seleksi wawancara.

Adapun tugas pramu / prami kereta api mirip dengan pramugari / pramugara pesawat. Yakni melayani kebutuhan penumpang kereta api selama perjalanan, seperti membantu memberikan petunjuk letak gerbong dan lain sebagainya.

Polisi / TNI

Pekerjaan sebagai abdi negara seperti polisi dan tni sejatinya terbuka untuk semua golongan, sekalipun siswa lulusan SMA jurusan IPS. Mengingat pelajaran semasa SMA adalah pelajaran yang membahas tentang isu – isu sosial, tentu cocok dan bisa diaplikasikan dalam pekerjaan.

Untuk mekanisme pendaftarannya pun tidak lah sulit, bisa melalui website. Namun tetap ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Ini yang harus diperhatikan.

Youtuber / content creator

Dengan perkembangan zaman yang modern seperti saat ini, ada banyak pekerjaan baru yang peluangnya bisa dimanfaatkan oleh siswa lulusan SMA, khususnya jurusan IPS. Seperti menjadi youtuber ataupun content creator.

Pekerjaan dengan menciptakan konten atau media di platform media sosial bisa dijadikan pekerjaan sampingan atau bahkan pekerjaan utama. Kuncinya adalah telaten, sabar, dan pintar membuat konten yang menarik perhatian masyarakat.

FNB (food beverage)

Nah jika menginginkan jenis pekerjaan lain, mungkin bisa mempertimbangkan untuk bekerja di bidang food and beverage. Di bidang ini, ada beragam pilihan pekerjaan yang mungkin cocok untuk Anda seperti koki / juru masak, barista, bartender, hingga pramusaji / pramuniaga.

Tugasnya tentu sesuai dengan pekerjaannya masing – masing. Juru masak bertugas memasak makanan, barista / bartender meracik kopi dan minuman pilihan, atau pramusaji yang bertugas mengantarkan makanan sampai ke pelanggan dengan aman.

Bagaimana dengan gajinya? Umumnya gaji di bidang ini lumayan, tergantung dengan jam kerja yang diambil, apakah full time ataupun part time.

Mitra start-up

Pekerjaan untuk lulusan SMA jurusan IPS selanjutnya adalah bekerja menjadi mitra start up seperti Gojek, Grab, Maxim, dan perusahaan layanan lain seperti Sicepat, JNE, dan sebagainya.

Pekerjaan menjadi driver dan semisalnya memang tidak membutuhkan ijazah sarjana sebagai persyaratannya. Besar kecilnya gaji pun tergantung keuletan kamu sebagai mitra, manfaat lain sebagai mitra perusahaan layanan adalah jam kerja yang flexible, peluang yang besar, hingga bonus tambahan.

Guru Bimbel untuk lulusan SMA jurusan IPS

Hingga saat ini tren bimbingan belajar (bimbel) masih terus menjamur. Kabar baiknya, untuk menjadi guru bimbel bisa dari lulusan SMA dan jurusan IPS. Syaratnya tentu memiliki nilai yang bagus selama sekolah dan bisa mengajar.

Selain bisa berapa jumlah siswa yang akan diajar, anda juga bisa memilih mata pelajaran dari yang termudah untuk SD, SMP, hingga tingkat tertinggi seperti SMA. 

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Jika ada yang bertanya apakah bisa siswa lulusan SMA jurusan IPS bekerja menjadi pns? Jawabannya tentu bisa dan bahkan pilihan instansinya lumayan banyak.

Mulai dari penjaga tahanan, pemeriksa keimigrasian, pengadministrasi penanganan perkara, pengawal tahanan, polisi hutan, pengendali ekosistem hutan, pramu laboratorium, petugas aviation security, rescue pemula dan masih banyak lagi.

Demikian beragam pekerjaan untuk lulusan SMA jurusan IPS. semoga artikel ini bisa membantu menentukan pekerjaan yang cocok untuk anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *