Ihsanul Fikri Mungkid Magelang | Biaya Pesantren Disiplin Militer

Posted by

Ihsanul Fikri Mungkid Magelang Islamic Boarding School atau yang terkenal dengan IFIBS bagaikan warna baru dalam dunia per-pondok pesantren-nan. Identitasnya yakni mengusung konsep pesantren kewiraan (semi militer).

Oleh karena itu membuat kami tertarik untuk mengulik segala hal yang ada dari IFIBS ini. Mulai dari sejarah berdirinya, program unggulan yang ada, syarat pendaftaran, hingga biaya yang dibutuhkan ketika masuk. 

Kami rangkum dari berbagai informasi yang ada seperti brosur, website resmi, dan artikel yang ada pada internet. Semoga menjadi manfaat para pencari Informasi Pesantren Ihsanul Fikri Mungkid Magelang. 

Sejarah Ihsanul Fikri Islamic Boarding School

Ihsanul Fikri Mungkid Magelang sendiri dibangun pada tahun 2009 di kota Magelang, yang masyhur dengan sebutan kota tentara dan kota sejuta bunga. Kota ini juga dikenal memiliki banyak pesantren.

Ihsanul Fikri Mungkid Magelang

Keinginan untuk menyelamatkan khazanah pendidikan islam dari akhir zaman melalui pesantren disempurnakan dengan membentuk calon ulama, pemimpin yang berjiwa militer, disiplin, namun juga bertaqwa. 

Identitas Pendidikan Ihsanul Fikri

Secara identitas pendidikan, IFIBS termasuk dalam JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu). Identitasnya adalah memiliki kurikulum nasional, dan kurikulum muatan lokal dari sekolah itu sendiri.

Nah, karena pendidikan yang diselenggarakan Ihsanul Fikri Mungkid Magelang adalah sekolah menengah pertama, dan menengah atas maka kurikulum yang digunakan adalah kurikulum islam terpadu. 

Orientasinya adalah pengimplementasian konsep pendidikan islam yang berasaskan Al-Qur’an dan As Sunnah. Tapi tetap mengacu pada kurikulum depdiknas. Jadi dalam keseharian santri dan santriwati tidak pernah lepas dari bingkai ajaran islam. 

Program Kelas Ihsanul Fikri Magelang

Ternyata IFIBS juga menyediakan dua program kelas khusus dan tentunya mempunyai target berbeda. 

Kelas tahfidz (takhosus) – jika program unggulan IFIBS adalah tahfidz minimal 6 juz, maka di program kelas tahfidz takhosus santri memiliki misi khusus. Yakni tambahan hafalan qur’an 15 juz. (Total 21 juz). 

Kelas bahasa asing – program kelas kedua adalah kelas bahasa asing. Di mana para santri dan santriwati dilatih untuk mahir berbahasa internasional (Arab – Inggris) secara aktif baik tulisan maupun lisan, plus tahfidz 6 juz Al-Qur’an.

Selain dua program kelas khusus tersebut, tentunya para santri ditempa disiplin tingkat tinggi hingga latihan kepimpinan dasar ala militer. Mirip dengan sekolah-sekolah taruna semacam Taruna Nala Malang. 

Seragam Pondok Pesantren

Bukan hanya kegiatan dan identitas Ihsanul Fikri Mungkid Magelang yang mencirikan militer. Seragam yang digunakan para santri dan santriwati pun tidak kalah keren dengan sekolah taruna yang ada di luar. 

Berwarna hijau tentara, santri putra gagah menggunakan seragamnya yang dilengkapi dengan topi baret dan pernak-perniknya. 

Begitu pula dengan santriwati putri. Meskipun berkerudung, aura kharismatik terpancar jelas dari seragam yang dikenakannya. Yang membedakan antara seragam putra dan putri adalah model dasi yang digunakan. 

Jika dasi santri putra dimasukkan ke dalam baju, dasi santriwati putri tetap berada di depan kerudungnya. Oleh sebab itu Ihsanul Fikri Mungkid Magelang merupakan salah satu Boarding School terbaik.

PanduanTerbaik.id

Pendaftaran SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid

Pendaftaran SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid dilakukan secara online dengan mengisi formulir registrasi yang ada pada website resmi. Kemudian membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 250.000 ribu dan mencantumkan nomor handphone pendaftar). 

Contoh no. telepon 081222334455, maka biayanya adalah Rp. 250.455 dan ditransfer ke rekening Bank Syariah Mandiri dengan nomor 7114335082 a.n. Diah Rachmawati Puji Rahayu. 

Berkas yang harus diserahkan di antaranya FC rapor kelas 5 semester 2, FC akta kelahiran dan KK, FC NISN, pas foto berwarna 3×4 dan 4×6 2 lembar, FC ijazah yang sudah dilegalisir, dan surat keterangan sehat dan tidak mengidap penyakit menular dari dokter. 

Pendaftaran Jalur Prestasi

Adapun timeline pendaftaran dibuka mulai tanggal 21 Desember 2020 – 17 Januari 2021. 

Dan terdapat dua jalur pendaftaran yang Bapak / Ibu bisa pilih untuk mendaftarkan buah hati Anda. Jalur reguler ataupun jalur prestasi. Khusus jalur prestasi, santri harus memenuhi salah satu dari 3 kategori yang ada. 

  •  Hafal Al-Quran minimal 5 juz (dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dari sekolah) 
  • Juara 1-3 provinsi / nasional segala cabang lomba (bukti lomba seperti sertifikat dsb) 
  • Ranking 1 di sekolah (melampirkan surat keterangan dari sekolah) 

Biaya Masuk SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid 

Sedangkan biaya masuk SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang yang akan Anda keluarkan untuk mendaftarkan anak di Ihsanul Fikri Islamic Boarding School sekitar 18 – 20 juta. 

Dengan rincian sebagai berikut : 

  • Infaq gedung 7 – 8 juta 
  • Infaq kegiatan tahunan 3.5 juta 
  • Uang seragam 2.2 juta (santri putra) dan 2.5 juta (santri putri) 
  • Dana kesehatan Rp. 250.000 ribu
  • Infaq kegiatan tahfidz Rp. 350.000 ribu
  • Uang buku Rp. 550.000 ribu 
  • Infaq perlengkapan asrama 1.5 juta
  • Tablet dan alat pendukung lainnya 2.2 juta 

Untuk SPP per bulan atau infaq pendidikan rutinnya (IPR) sekitar 1.2 juta. Jika diperhatikan, biaya IFIBS masih tergolong standar untuk ukuran boarding school di Indonesia.  Bisa dibandingkan dengan yang di Batu Malang melalui link ini.

Pendaftaran SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid 

Adapun untuk SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang tersedia beberapa pilihan kelas, di antaranya adalah IPA Tahfidz, IPA Reguler, IPS Tahfidz, IPS Reguler. Tapi untuk yang tahfidz ada syaratnya.

Untuk SMA Tahfidz Ihsanul Fikri minimal memiliki modal hafalan tiga juz. Atau memiliki ijazah jika hafalannya lebih dari empat juz. Jika tidak, maka akan masuk kelas reguler.

Nah jangan lupa ada tesnya, di antaranya adalah Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Tahsin Al Quran, dan Tahfidz juz 30. Ada juga nantinya tes potensi akademik. Biaya pendaftaran awal Rp300.000.

Biaya SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid 

Adapun biaya SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang kami sajikan satu persatu. Terutama biaya tahun 2021. 

SeragamRp2.000.000
Wakaf Mulai Rp500.000
Majalah KalenderRp120.000
Infaq PendidikanRp11.000.000
SPP PerbulanMulai Rp1.350.000
PerlengkapanRp1.200.000
KesiswaanRp1.200.000
Kelas Tahfidz Rp.1.000.000
BukuRP1.500.000
KesehatanRP250.000
Pembukaan rekening BMTRp300.000

Kalau ditotal biaya masuk SMA Ihsanul Fikri Mungkid Magelang sekitar 20.5 juta. Biaya ini untuk wilayah Magelang memang tergolong di posisi atas di antara lembaga pendidikan sejenis.

Jika ingin alternatif pesantren, maka bisa kunjungi link kami berikut ini. Kami sudah sajikan beberapa pesantren terbaik versi kami disertai dengan biaya dan kelebihannya. 

Alamat Lengkap Pesantren Ihsanul Fikri 

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Ihsanul Fikri Islamic Boarding School bisa datang langsung ke Jalan Pabelan I, Pabelan, Mungkid, Magelang. 

Untuk pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi call center IFIBS di nomor telepon (0293) 61287 atau email ke smpitifkotamgl@gmail.com Selengkapnya klik website resmi Ihsanul Fikri Islamic Boarding School di sini https://www.ifibs.sch.id agar mendapatkan informasi lebih valid.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *