5 Kelebihan SMA Taruna Nala | Disiplin Angkatan Laut

Posted by

Kelebihan SMA Taruna Nala | Di artikel ini kami akan berbagi informasi tentang SMA Taruna Nala yang bisa dijadikan referensi. Memilih sekolah memang memerlukan pertimbangan, dan dengan mengetahui kelebihan dari SMA Taruna Nala, agar Anda bisa mengambil keputusan yang tepat.

Apa yang kami tulis berdasarkan informasi yang kami rangkum dari beragam sumber di Internet, juga beberapa informasi di Google rating, dan tentu beberapa aspek subjektif lainnya versi panduanterbaik.id.

Mengapa SMA Taruna Nala, karena kami ulas dalam salah satu SMA Boarding Terbaik di Malang.

Profil SMA Taruna Nala

SMA Taruna Nala merupakan pecahan dari SMA Negeri 10 Malang, yang diresmikan sejak Januari 2017. Hal tersebut didasarkan atas pertimbangan bahwa pengelolaan SMA/SMK dan Pendidikan Khusus adalah kewenangan pemerintah provinsi.

Program Leadership Academy yang sebelumnya ada di SMA Negeri 10 Malang pun dialihkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Selain itu, SMA Taruna Nala didirikan untuk menjawab tantangan era global sebagai sekolah unggulan.

Secara nama, SMA Taruna Nala ini terinspirasi dari seorang pemimpin dalam cerita era Kerajaan Majapahit, yaitu Laksamana Nala, yang terkenal akan ketangguhan dan kegigihannya.

Kelebihan SMA Taruna Nala | Kurikulum

Ada kelebihan SMA Taruna Nala yang berbeda dan tidak ditemukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Terutama adalah tentang kurikulum pendidikan yang diterapkan. Sesuai dengan namanya, SMA Taruna Nala menerapkan sistem ketarunaan dalam pendidikannya, yaitu Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman yang bekerja sama dengan TNI AL, ditambah dengan kurikulum terbaru 2013.

Hal tersebut didasarkan pada kesepakatan Piagam Kerja Bersama (PKB) yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur dan KASAL (Kepala Staff Angkatan Laut) serta Penandatanganan Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Kadiknas Provinsi dan Kodiklatal. Pengampu dari kurikulum ketarunaan adalah personil dari LAPETAL (Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut) dan AAL (Akademi Angkatan Laut).

Selain itu, peserta didik di SMA Taruna Nala ini akan mendapatkan pembekalan khusus. Seperti pendidikan bela negara dan kemaritiman, program kewirausahaan, program ekstrakulikuler, life skill atau kecakapan hidup, program pengabdian masyarakat, dan lain-lain.

Beberapa sistem pendidikan yang diterapkan di SMA ini adalah Sistem Pembelajaran (TANGGAP), Sistem Pelatihan (TRENGGINASI), dan Sistem Pengasuhan (TANGGON).

Kelebihan SMA Taruna Nala Malang
sumber: SMATarunaJatim.Sch.Id

Lulusan SMA Taruna Nala

Dari sisi lulusan, kelebihan SMA Taruna Nala adalah dapat menyiapkan siswa didiknya untuk lolos masuk ke AAL, AAD, AAU, dan AKPOL yang sudah dipersiapkan sejak semester I. Presentase dari siswa yang dipersiapkan untuk itu adalah sekitar 20 persen.

Sedangkan sekitar 80 persen sisanya, siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan sesuai dengan bakat dan minatnya. Karena terkadang ada juga yang ingin mengambil jiwa kedisiplinan saja untuk diterapkan dalam hidupnya di masa yang akan datang.

Fasilitas Asrama SMA Taruna Nala

Dari fasilitas, Kelebihan SMA Taruna Nala adalah bahwa SMA ini merupakan sekolah unggulan yang telah mendapatkan akreditasi A dan memiliki visi untuk menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, kompetitif, dan berkarakter. Untuk itu, fasilitas yang diberikan pun juga lengkap dan dapat mendukung para siswa agar maksimal dalam proses pembelajaran.

Selain sarana berupa gedung sekolah, laboratorium MIPA, laboratorium komputer, klinik, CSC, dan lapangan olahraga (voli, basket), kelebihan SMA Taruna Nala adalah dengan disediakannya asrama putra dan asrama putri.

Di area asrama atau dormitory ini, terdapat juga klinik asrama, ruang pembina, taman, tempat bersantai bagi peserta didik, dan Nala Mart, yakni semacam toko yang menyediakan berbagai keperluan. Dengan fasilitas tersebut, ditambah dengan lingkungan yang asri, tentunya para siswa mendapatkan kenyamanan selama tinggal di asrama.

Prestasi Peserta Didik SMA Taruna Nala

Kelebihan SMA Taruna Nala yang tak boleh dilewatkan, tentunya adalah prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh para siswanya. Dengan kurikulum dan fasilitas yang berkualitas, para siswa juga mendapatkan dukungan penuh untuk meraih prestasi di bidang yang digemari.

Beberapa prestasinya, seperti Juara 2 Tingkat Nasional Kompetisi Online Matematika (KOMnas), medali perunggu Indonesian Olympiad of Science (IOS) Tingkat Nasional, dan lain-lain.

Jalur Seleksi dan Biaya Pendidikan

Ada 2 jalur untuk masuk ke SMA Taruna Nala atau Kampus 2 Leadership Academy (LA) ini. Yakni jalur Bebas Subsidi Uang Makan dan jalur mandiri. Biaya pendidikan dan asrama per bulan adalah sekitar Rp2.500.000. Untuk biaya pembelian seragam adalah Rp5.000.000 dan biaya pembelian buku kelas X sebesar Rp1.500.000.

Ada juga uang Sumbangan Dana Peran Serta Masyarakat (DPSM) Insidental yang dibayarkan sekali, yakni sebesar Rp12.500.000 untuk orangtua penduduk Jawa Timur dan Rp17.500.000 untuk orangtua penduduk Luar Jawa Timur. Biaya bisa berubah tergantung tahun ketika Anda membaca postingan kami ini.

Alamat

SMA Negeri Taruna ini menempati lokasi di Jl. Raya Tlogowaru no. 66, Kel. Tlogowaru, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang SMA Taruna Nala, Anda bisa mengakses website resmi di smantarunajatim.sch.id atau email di info@smantarunajatim.sch.id.

Nah, itu tadi adalah beberapa kelebihan SMA Taruna Nala yang menarik untuk disimak dan dijadikan pertimbangan ketika Anda ingin menyekolahkan putra-putri Anda di sini. Sekian, semoga informasi tentang sekolah di atas bermanfaat untuk Anda.

Sumber informasi, smatarunajatim.sch.id | harga.web.id
Sumber gambar utama dari TimesIndonesia.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *