Pesantren Wahid Hasyim Bangil Khusus Putri Biaya Oke

Posted by

Pesantren Wahid Hasyim Bangil dikenal sebagai salah satu pondok pesantren ternama di wilayah Jawa Timur. Santrinya berasal tidak hanya dari Jawa Timur, tapi beragam daerah di Indonesia, bahkan dari luar Jawa.

Oleh sebab itu kami akan mengulas ponpes Wahid Hasyim Bangil dengan cara merangkum informasi berdasarkan brosur yang berhasil kami dapatkan. Di antara yang akan kami sajikan adalah pendidikan di pesantren, serta biaya.

Pesantren Wahid Hasyim Bangil

Pesantren Wahid Hasyim Bangil merupakan salah satu pondok pesantren berasaskan ahlus sunnah wal jama’ah. Atau lebih mudahnya ini adalah salah satu pondok NU. Sehingga banyak aspek identik dengan NU, baik dari pendidikan atau tradisi yang ada di dalamnya.

Pesantren ini juga khusus putri. Jadi tidak seperti pesantren pada umumnya yang ada putra dan putri. Model seperti ini tidak banyak. Bagi santri hal ini cukup bagus karena akan memiliki suasana yang kondusif.

pesantren wahid hasyim bangil

Pendidikan di Pesantren Wahid Hasyim

Adapun pendidikan di dalamnya terbagi ke dalam dua bagian. Pertama formal dengan jenjang MTs dan MA. Keduanya sudah terakreditasi A, atau sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kedua adalah pendidikan non formal. Di mana menurut kami hal inilah keunggulan utama ponpes Wahid Hasyim khusus putri. Yaitu Madrasah Diniyyah di mana mendalami Islam dengan cukup baik melalui kitab kuning. Namun di pesantren ini lebih khusus ke Al Quran.

Metodenya adalah Al Miftah dan Amsilati, dua metode ini membuat santri memahami lebih cepat pembelajaran kitan kuning yang sudah banyak digunakan oleh banyak pesantren.

Ada pula pendidikan akhlaq. Bisa dikatakan pesantren NU memang unggul dari sisi ini. Tata krama dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Juga diajarkan melalui pembelajaran seperti ta’lim muta’allim.

Tahfidz Quran di Wahid Hasyim Pasuruan

Pesantren Wahid Hasyim Pasuruan memiliki keunggulan utama di tahfidz Quran yang berjenjang. Ada jenjang Ula, yaitu diajarkan tajwib, fashohah, ghorib, hafalan juz ‘amma, dan lainnya. Metodenya adalah Yanbu’a.

Jenjang kedua adalah kelas wustho, yaitu lulusan tingkat Ula yang kemudian sudah lulus membaca bin nadzor 30 juz. Serta mampu menghafal surat penting seperti yasin, waqiah, mulk, sajdah, rohman, dhukhan, dan fath.

Ada juga tingkat kelas Ulya, santri akan menghafal dan menguasai tarjamah setiap lafadzh Al Quran mulai juz 1. Bahkan menguasai nahwu sharafnya. Dengan berjenjang demikian, santri bisa menghafal minimal dalam satu tahun 5-7 juz.

Kegiatan Harian Santri

03:30Tahajud dan Witir Berjama’ah
04:30Jama’ah Subuh
05:00Madrasah Diniyyah
06:00Makan dan Persiapan Sekolah
07:00Dhuha berjama’ah
07:20MTs dan MA
13:30Jama’ah Dhuhur
15:00Jama’ah Ashar
15:30Diniyyah Sore
17:00Makan Sore
17:30Jama’ah Sore
18:30Madrasah Al Quran
20:00Jama’ah Isya’
21:00Belajar Bersama
22:00Istirahat

Selain kegiatan harian tersebut, masih adalagi kegiatan mingguan seperti yasinan, shalawat kubro, manaqib, burdah, istighosah dan masih banyak lagi. Jadi cukup positif kegiatan di Pesantren Wahid Hasyim Bangil.

Fasilitas Pesantren Wahid Hasyim

Adapun fasilitasnya cukup memadai seperti one gate system, kamar yang cukup asri. Tata ruang terbuka model taman, ada ruang TV, ada cctv, pas satpam, ruang kelas sudah menggunakan LCD proyektor. Lapangan.

Bahkan sudah ada genset otomatis antisipasi listrik mati. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan agar bisa melihat dengan jelas.

Ekstrakurikuler

  • Seni sulam
  • Seni rajut
  • Seni batik
  • Seni lukis kain dan kaca
  • Kreasi flannel
  • Tata boga
  • Kreasi souvenir pernikahan
  • Tata rias kecantikan
  • Qosidah modern
  • Seni qiroah
  • Beladiri
  • Kaligrafi

Kalau dilihat dari ekstrakurikuler di pesantren Wahid Hasyim Bangil adalah khusus perempuan. Jadi sangat cocok dengan karakteristik santri.

Pendaftaran Wahid Hasyim Bangil

Bagi yang ingin mendaftar di Pesantren Wahid Hasyim Bangil, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yang utama adalah diantarkan oleh orang tua atau wali santri. Kemudian administratifnya adalah fotocopy beberapa dokumen berikut,

  • Akte kelahiran
  • Kartu keluarga
  • KTP ayah atau wali laki-laki yang bertanggung jawab
  • KTP ibu atau wali perempuan
  • Ijazah TPQ atau piagam penghargaan
  • Foto santriwati berwarna dan berjilbab 2 x3 – 3 x 4 – 4 x 6 masing-masing dua lembar
  • Foto wali laki-laki ukuran 2 x 3
  • Foto wali ibu berjilbab berwarna 2 x 3

Biaya Pesantren Wahid Hasyim

Kami mendapatkan biaya bulanan untuk tahun ajaran 2021, yaitu sebesar Rp950.000. Biaya sebesar ini untuk makan 3x, laundry semua pakaian, air minum galon cleo, listrik asrama, SPP madrasah diniyyah, ekstrakurikuler dan lain sebagainya.

Menurut kami biaya sebesar ini tergolong menengah untuk wilayah Pasuruan dan sekitarnya. Jika ingin survey pondok pesantren lainnya di wilayah Pasuruan bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Adapun alamat lengkap pesantren berada di Jalan Tongkol 32B Dermo Bangil. Lokasinya cukup mudah dijangkau. Jika bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan.

Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi akun instagram resminya di sini. Adapun jika ingin bertanya bisa komunikasi ke 0856 5500 9202 atas nama ustadzah Risa. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *