Pesantren Serambi Mekkah Padang | Program dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Serambi Mekkah merupakan salah satu pesantren terbesar dan favorit yang ada di padang panjang. Jadi santrinya cukup banyak, hampir ribuan jumlahnya.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulas seperti apa Pesantren Serambi Mekkah Padang. Utamanya yang akan kami bahas adalah dari segi pendidikan, program unggulan, hingga biaya masuk. Sumber kami adalah brosur pondok.

Pesantren Serambi Mekkah Padang

Mengulik sejarahnya, pesantren ini lahir bukan dari kalangan kyai maupun ustadz. Ialah (alm) H. Bahar Yusuf Dt. Rajo Bukik seorang pengusaha garmen yang membangun dan merintis pesantren ini dari nol pada November 1995.

Di bawah Yayasan Pendidikan Bahar Yusuf, pondok pesantren Serambi Mekkah mendidik para santrinya berdasarkan tujuh kecerdasan. Yakni spiritual, emosional, sosial, intelektual, kinestetik, estetika dan potensi kepribadian kompetitif.

pesantren serambi mekkah padang

Pendidikan di Pesantren Serambi Mekkah Padang

Adapun kurikulum yang digunakan merujuk pada kurikulum kemendiknas dan kemenang yang dipadukan dengan kurikulum khas pesantren yang terintegrasi dengan sains berdasarkan al quran dan as sunnah. Istilahnya kurikulum paket lengkap.

Secara khusus pesantren ini memiliki unit pendidikan yang cukup beragam, yakni SMP, SMA, MA, dan Ma’had Aly (khusus santri S1) dengan program peminatan takhosus fiqih dan ushul fiqh.

Program Unggulan Ponpes Serambi Mekkah

Saat ini program unggulan ponpes Serambi Mekkah Padang ada 4 jenisnya. Yang pertama adalah tahfidz qur’an. Guna mempermudah santri dalam menghafal, pihak pesantren biasa mengadakan program tahsin dan tahfidz camp.

Yang kedua adalah qiroatul kutub. Yakni program membaca kitab kuning klasik (kutubus tsurah). Dalam program ini kemampuan santri dalam membaca kitab diklasifikasikan sesuai tingkatan kelasnya. Ada kelas ula, mutawasittah, dan ulya’.

Selanjutnya program unggulan ketiga di pesantre Serambi Mekkah Padang adalah pembinaan olimpiade. Program ini bagus untuk para santri yang memiliki minat tinggi pada bidang akademik. Seperti pelajaran IPA dan matematika.

Terakhir ada program language camp. Menghadapi era modern seperti saat ini tentu membutuhkan generasi mumpuni bukan hanya dari segi agama saja, melainkan juga kecakapan dalam berbahasa internasional (arab – inggris).

Dari keempat program di atas, masih ada lagi program reguler yang menjadi rutinitas tahunan pesantren. Di antaranya study comparative ke pare kediri (jawa timur) atau ke luar negeri.

Kegiatan Pengembangan Santri

Adapun kegiatan pengembangan santri cukup beragam. Kesenian (nasyid, hadroh, marawis), pencak silat, tata boga, olahraga (sepak bola, volly, bulutangkis), marching band, pramuka, hingga memanah.

Fasilitas Pesantren

Fasilitas pesantren lengkap. Mulai dari ruang belajar yang berstandar internasional, masjid dengan kapasitas 1500 jamaah, asrama putra dan putri, laboratorium IPA, bahasa dan komputer, perpustakaan, poliklinik, ruang makan dan kantin, ruang multimedia, dan lapangan olahraga.

Dan bagi orang tua / wali santri yang datang berkunjung, tersedia juga penginapan graha 165 serambi mekkah, tempat laundry, hingga bus. Fasilitas yang seperti ini banyak dicari orang tua santri. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran

Pesantren Serambi Mekkah Padang membuka pendaftaran santri baru dengan dua gelombang. Gelombang pertama dibuka sekitar bulan Desember – April dan gelombang kedua bulan Mei – Juli.

Pendaftaran dibuka secara offline (datang langsung ke pesantren) dan nantinya santri akan dites kemampuannya mulai dari membaca al qur’an, do’a-do’a, praktik wudhu dan sholat, serta wawancara calon santri dan orang tua / wali.

Adapun berkas yang perlu dipersiapkan di antaranya:

  • FC ijazah terakhir, SKHUN, dan NISN
  • FC rapor (kelas 4 – 6 semester 1 SD) / (kelas 7 – 9 SMP)
  • FC akta kelahiran, KK dan KTP orang tua
  • Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah asal
  • Surat keterangan bebas narkoba
  • Pas foto santri / santriwati hitam putih (santriwati wajib berjilbab) ukuran 2×3 dan 3×4 sebanyak 6 lembar
  • Pas foto orang tua / wali yang boleh bertemu / datang menjemput

Biaya Masuk Serambi Mekkah

Sedangkan untuk biaya masuknya, Bapak / Ibu perlu merogoh kocek sekitar 13 juta (yang mencakup uang pendaftaran, uang pembangunan, SPP bulan juli, dan uang kegiatan umum selama satu tahun).

Selain itu masih ada biaya tambahan, yakni biaya perlengkapan santri selama mondok seperti kasur, bantal, guling, buku pesantren, dan juga 21 item seragam. SPP bulanannya sendiri sebesar 1.2 juta.

Jika ditotal seluruhnya maka sekitar 16 juta, biaya yang termasuk kelas menengah ke atas menurut kami. Ini biaya tahun 2020. Bisa dilihat pesantren lain di Padang di link ini. Sudah kami sediakan biaya dan keunggulannya.

Alamat Lengkap

Tertarik untuk memasukkan buah hati di pesantren ini bisa datang langsung ke Jl. Ahmad Yani No. 1, Kel. Ngalau, Padang Panjang – Sumatera Barat.

Untuk informasi lebih lanjut, detail, dan valid bisa menghubungi bagian sekretariat pesantren di nomor (0752) 841 69 atau wa +62 821 2200 6855 (Ust. Dadan Suyatna). Kunjungi laman facebook resmi Pesantren Serambi Mekkah Padang di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *