Pesantren Riyadhul Jannah Subang | Bahasa Asing dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Riyadhul Jannah Subang dikenal sebagai pesantren bersih dan sehat. Ya, itulah predikat yang menempel pada Pondok Pesantren Modern (Boarding School) Riyadhul Jannah Subang. 

Jauh dari kesan kumuh, Ponpes Riyadhul Jannah Subang berhasil menghapus stigma masyarakat setempat bahwa pesantren adalah tempat yang jorok. 

Dibuktikan dengan penghargaan yang diberikan pemerintah setempat membuktikan bahwa Riyadhul Jannah Islamic Boarding Shcool Subang bersih, nyaman, dan sehat. Oleh sebab itu kami akan ulas lebih jauh. 

Profil Pesantren Riyadhul Jannah Subang

Di atas asas perjuangan dan dakwah dan juga dengan motto “Sekali Berdiri Tetap Tegak” ini berdirilah Pondok Pesantren Riyadhul Jannah Subang pada tahun 1996.

pesantren riyadhul jannah subang

Didirikan dan dipimpin oleh DR. KH. Moch. Ujang Saefullah, Drs., M.M.Pd. Pondok Pesantren Modern (Boarding School) Riyadhul Jannah Subang dulunya hanyalah berupa pondok pesantren yang santrinya tinggal di sekitar daerah Jalancagak.

Namun kini sudah berkembang dan bahkan mempunyai beragam jenjang pendidikan. Mulai dari SMP, SMA, MA, SMK, dan bahkan sekolah tinggi agama islam (STAI) untuk putra dan putri dengan lingkungan yang terpisah.

Memiliki visi menciptakan generasi muttaqin yang intelek, dan intelek yang muttaqin, para santri diharapkan mempunyai pribadi yang bukan hanya beriman dan bertaqwa tetapi juga mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pendidikan di Pesantren Riyadhul Jannah

Mengalami perubahan dan perkembangan dari tahun ke tahun, Pondok Pesantren Modern Riyadhul Jannah tetap mempertahankan identitas “pondok pesantren” nya.

Dengan kurikulum pondok pesantren yang berorientasi pada pemahaman Al-Qur’an, bahasa arab dan juga bahasa inggris, Pesantren Riyadhul Jannah tetap memasukkan kitab kuning dalam kurikulumnya. 

Meskipun Ponpes Riyadhul Jannah sudah lebih “modern”, porsi belajar kitab kuning tetap sama dengan porsi tahfidz qur’an dan juga pembelajaran bahasa arab dan inggris.

Kajian kitab kuning tetap dilaksanakan setelah shalat subuh dan juga shalat isya. Sedangkan tahfidz qur’an dan kegiatan basic bahasa arab dan inggris dilakukan pada sore hari.

Program 3 basic, yakni basic english, arabic, dan tahfidz ini dibimbing dan difasilitasi oleh para guru dan pendidik yang kompeten dibidangnya yang merupakan lulusan perguruan terbaik di Indonesia. 

Sehingga para santri tidak hanya hafal qur’an, memiliki pemahaman islam yang baik, tetapi juga cakap berbahasa asing. 

Guna memperkuat keahlian berbahasa asing para santrinya, Pesantren Riyadhul Jannah Subang tiap tahunnya mengadakan kegiatan English Fun Learning Trip.

PanduanTerbaik.id

Kegiatan yang diselenggarakan di Pare, Bali, Singapura dan Malaysia ini diharapkan mampu digunakan para santri sebaik-baiknya sebagai praktik langsung dan juga eksplorasi budaya di tempat tersebut. 

Fasilitas Riyadhul Jannah Boarding School

Sebagai penyandang predikat pondok pesantren bersih dan sehat, fasilitas yang ada Pondok Pesantren Riyadhul Jannah ini kami rasa cukup lengkap. 

Memiliki gedung 4 lantai, Ponpes Riyadhul Jannah Subang ternyata menyediakan 5 jenis laboratorium untuk mendukung proses kegiatan belajar para santrinya.

Mulai dari laboratorium IPA, Bahasa, Farmasi, Multimedia, hingga laboratorium administrasi perkantoran. 

Selain itu, Ponpes Riyadhul Jannah Subang juga memfasilitasi para santri dengan kelas berbasis ICT, ruang microteaching, perpustakaan, koperasi pesantren, gedung SCC hall, RJ mart dan IBS cafe.

Kamar Santri Ponpes Riyadhul Jannah

Jika dahulu pondok pesantren identik dengan kasur tipis beralaskan lantai yang dingin, lain halnya dengan fasilitas Pesantren Riyadhul Jannah.

Masing-masing para santri mendapatkan satu sping bed yang diberi jarak per-orangnya. Sehingga para santri tidak perlu lagi tidur berdempetan dan dapat beristirahat dengan nyaman. Seperti rumah sendiri.

Pendaftaran dan Biaya Masuk 

Untuk mendaftar para calon peserta didik baru bisa mendatangi langsung pondok pesantren, ataupun melakukan pendaftaran mandiri (online) di laman resmi Pesantren.

Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan yang beragam, begitu pula dengan biayanya.  Berikut list biaya pesantren Riyadhul Jannah Subang yang berhasil kami himpun berdasarkan website resmi dan lainnya.

  • Biaya SMP Ma’had Modern (boarding school) sekitar 8-9 juta.
  • Biaya Modern Junior High School (Boarding School) / SMA Modern sekitar 6 juta.
  • Biaya SMA Ma’had Modern (boarding school) sekitar 9.6 juta untuk putra, dan 9.3 juta untuk puteri. 
  • Modern Senior High School (boarding school) sekitar 6.3 juta untuk putera, dan 6.4 juta untuk puteri. 
  • Sayangnya, kami tidak menemukan informasi biaya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Riyadhul Jannah

Kami sarankan untuk para pendaftar datang langsung ke pesantren atau menghubungi nomor telepon dan website resmi pondok pesantren riyadhul jannah. 

Biaya ini menurut kami cukup menarik. Bisa dibandingkan dengan pesantren lainnya di Subang. Kami sudah mengulas beberapa pesantren terbaik di Subang di link ini. Sudah kami sajikan dengan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap Pesantren. 

Sedangkan alamat lengkap pesantren berada di Jalan Raya Prapatan Bandung, Jalancagak, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Prov. Jawa Barat 41281

ntuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi : (0260) 471707. Adapun email di  yayasanrjsubang@gmail.com. Atau bisa juga mengunjungi instagram @riyadhul-jannah.ibs dan website resmi di sini https://www.riyadhul-jannah.org/.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *