Pesantren Cipulus Purwakarta | Keistimewaan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Cipulus Purwakarta Al Hikamussalafiyah merupakan salah satu pesantren yang sangat terkenal di Jawa Barat. Santrinya sangat banyak. Bahkan Presiden Joko Widodo sudah pernah hadir di pondok pesantren ini.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi tentang Pesantren Cipulus Purwakarta yang bersumber dari website resmi, dan brosur yang berhasil kami dapatkan. Harapan besar kami bisa menjadi rujukan untuk pertimbangan memilih lembaga pendidikan terbaik.

Pesantren Cipulus Purwakarta

Pesantren Cipulus Purwakarta atau yang dikenal dengan Pondok Al Hikamussalafiyah berdiri pada tahun 1840, termasuk salah satu pesantren tertua di Indonesia, lebih tua dari Gontor. Dirikan oleh KH. Ahmad Bin Kyai Nurkoyyim. Ini merupakan ulama besar di zaman itu.

Pada dasarnya pondok pesantren ini fokus pada pendidikan diniyyah model salafiyah, sesuai dengan namanya Al Hikamussalafiyah. Kalau di Jawa Timur seperti laiknya pesantren Sidogiri Pasuruan atau Langitan Tuban.

Pesantren Cipulus Purwakarta

Pendidikan di Pesantren Cipulus Purwakarta

Pendidikan di Pondok Pesantren Cipulus Purwakarta memiliki kurikulum Islam yang terbagi ke dalam beberapa jenjang kelas. Yang pertama adalah Ibtida’ I, di dalamnya belajar Al Quran Iqro, Tajwid, Durusul Fiqhiyah, Tijan Darori, Safinatun Najah, Jurumiyah, dan lainnya.

Jenjang berikutnya adalah kelas Ibtida II, yang dipelajari adalah Tijan Darori, Safinah, Jurumiyah, Riyadhul Badi’ah dan lainnya. Kelas ibtida’ ini biasanya disebut juga dengan kelas Ula kalau di pesantren salafiyah.

Jenjang kelas tiga adalah Mutawasith, atau kalau di pesantren lain biaya disebut dengan Wustho, kitab yang dipelajari adalah Kailani, Yaqulu, Imrithi, Taqrib, Sulam Taufiq, Kifayatul ‘Awam, pemahaman Jurumiyah.

Kelas akhir yaitu kelas IV ke atas, atau disebut juga dengan kelas Ali. Pelajarannya yaitu Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Fathul Wahab, Alfiyah, Kifayatul Akhyar, Durrotunnashihin, Tafsir Jalalain, Ihya Ulumuddin, Sulam Munauroq, dan lainnya.

Pendidikan di Pesantren Cipulus Purwakarta yang demikian akan menghasilkan ulama yang mendalami keislaman dengan cukup baik. Memang dari sini lahir santri-santri yang menguasai agama Islam. Oleh sebab itu bertahan hingga ratusan tahun.

PanduanTerbaik.id

Pendidikan Formal

Meskipun pendidikan diniyyah di pesantren Cipulus Purwakarta kental sekali, tapi juga tersedia pendidikan formal, seperti Mts dan jenjang Madrasah Aliyah dengan merujuk ke kemenag. Adapun waktu belajarnya biasanya pagi, ada juga yang siang. Jadi jangan khawatir dengan pendidikan formal.

Kegiatan Harian di Pesantren

Untuk melihat bagaimana kualitas Pesantren Cipulus Purwakarta, maka bisa kita lihat dari kegiatan harian yang dimilikinya. Dimulai dari shalat subuh dan kuliah bersama Abah dan Dewan Kyai.

Pukul 06:00-07:30 ada pengajian di kelas masing-masing. Barulah selepasnya ada kegiatan sekolah pagi hingga dhur. Tapi bagi yang tidak sekolah ada pengajian di kelas dari pukul 09:00-10:00. Begitu juga dengan siang, ada yang sekolah siang, tapi yang tidak masuk pengajian kelas dua ke atas.

Sore selepas ashar dilanjutkan kembali, pengajian di kelas masing-masing. Malam juga pengajian di kelas masing-masing. Maksud pengajian adalah belajar kitab dengan model kelas, bukan sorogan.

Keunggulan Pesantren Cipulus Purwakarta

Menurut kami ada beberapa keunggulan yang patut dipertimbangkan. Pertama adalah disiplinnya cukup bagus. Seperti larangan membawa alat elektronik, termasuk hp, dilarang bawa komik, dan banyak larangan lainnya agar santri fokus.

Kedua, ini pesantren yang sudah sangat mapan secara pendidikan, artinya sudah berpengalaman mendidikan santri sehingga tidak perlu diragukan secara kualitas dan pengajaran yang diberikan.

Pendaftaran

Bagi yang ingin mendaftar harus dipenuhi beberapa syarat berikut ini

  • Photo berwarna berpeci atau kopyah 3×4 dua lembar
  • FC KTP orang tua
  • Pernyataan orang tua dengan materi
  • Mengucap janji santri
  • NISN
  • Kartu Keluarga Sejahtera jika ada
  • Kartu Indonesia Pintar jika ada

Biaya Pesantren Cipulus

Adapun biaya masuk pesantren Al Hikamussalafiyah Cipulus adalah sebesar Rp1.750.000, dengan rincian uang pendaftaran Rp250.000, infaq bangunan Rp1.000.000, dan infaq masjid Rp500.000. Jadi cukup murah sekali. Informasi ini kami lihat di website resmi pada 2021.

Namun demikian ada juga asrama-asrama lain, seperti pesantren salafiyah lainnya. Contoh Asrama Fathul Hikam. Biayanya Rp2.150.000, untuk putri dan Rp1.950.000 untuk putra. Adapun biaya bulanan sebesar Rp540.000 sudah termasuk laundry. Di asrama Fathul Hikam ada program tahfidz Quran selain program kitab kuning.

Menurut kami biaya ini tergolong terjangkau. Bisa disurvey dengan pesantren lain wilayah Purwakarta di link ini. Kami sudah sajikan keunggulan dan biaya masing-masing.

Alamat Lengkap

Adapun alamat lengkapnya berada di Jalan Pesantren, Cipulus, Nagrog, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Kami sertakan google maps agar lebih mudah jika ingin berkunjung ke salah satu pesantren terbesar ini.

Informasi lebih lengkap, valid dan update bisa kunjungi website resminya di https://cipulus.net/ atau hubungi nomor 0878-8865-7888. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi pertimbangan para orang tua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *