Pesantren Albina Bekasi | Keunggulan dan Biaya Pendaftaran

Posted by

Pesantren Albina Bekasi cukup diminati orang tua yang berasal dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Terutama yang ingin mencari pesantren di Bekasi dengan kedalaman ilmu Islam namun disertai fasilitas yang mengagumkan.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk membahas pesantren Albina Bekasi yang bersumber dari rangkuman website resmi, beberapa informasi tambahan, dan komentar dari kami. Di antaranya profil, identitas pendidikan, pendaftaran, dan biaya masuk 2021.

Profil Ponpes Albina Bekasi

Pesantren Albina Bekasi didirikan pada tahun 2004, belum begitu lama untuk ukuran lembaga pendidikan pesantren di bawah naungan Yayasan Bina’ul Ummah. Modelnya modern. Mengikuti kebutuhan zaman

Kalau dilihat dari kurikulum, serta beragam prinspi di dalamnya, di website kami masuk dalam golongan pesantren Sunnah. Salah satu tandanya memiliki misi untuk memelihara nilai Islam berbasis Al Quran dan Sunnah.

pesantren albina bekasi

Pesantren ini memiliki penekanan terhadap tiga hal, aqidah, ibadah dan akhlak. Adapun keilmuan menjadi unsur wajib di setiap lembaga pendidikan pesantren di Indonesia.

Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren

Ada dua kurikulum utama di pesantren Albina Bekasi. Yang pertama adalah kurikulum diknas. Yaitu kurikulum pendidikan formal untuk jenjang SMP dan SMA. Biasanya lembaga pesantren dengan kurikulum Diknas ingin menguatkan aspek sains.

Kedua adalah kurikulum pesantren. Kurikulum inilah menurut kami cukup dominan dan menghiasi kehidupan siswa di pesantren. Di antaranya adalah tahfidz Quran dengan komposisi satu semester antara 1,5 hingga dua juz. Artinya dalam enam tahun bisa mencapai 18-24 juz. Cukup banyak.

Kedua ada tahfidz hadist yang bersumber dari al lu’lu’ wal marjan, ini adalah kitab hadist cukup terkenal. Sehingga cukup lengkap. Tidak lupa di pesantren ini belajar kitab, bahkan bahsul kitab.

Kalau di pesantren salafiyah bahsul kitab sering disebut dengan bahsul masail, yaitu pembahasan masalah kontemporer dengan merujuk kepada kitab-kitab ulama klasik. Tidak lupa ilmu-ilmu syariyah, keislaman, mulai dari aqidah, tafsir, fiqh, dan lain sebagainya.

Fasilitas Pesantren Albina Bekasi

Tidak seperti pesantren lainnya, jika umumnya pesantren memiliki fasilitas biasa, Pesantren Albina Bekasi justru memiliki fasilitas yang luar biasa. Di antaranya adalah adalah taman yang membuat kita terkesan dengan kehijauan pesantren.

Ada tempat berkuda, bahkan di pesantren ini tersedia studio televisi. Cukup keren. Kebun biologi dan budidaya ikan. Belum lagi fasilitas olah raga seperti lapangan sepak bola, lapangan indoor, futsal, panahan dan lainnya.

Fasilitas pesantren Albina untuk kamar pun memuaskan. Mulai dari ber-AC, ada laundry, ranjang, kasur, dan lain sebagainya yang membuat santri merasa seperti hadir di rumah sendiri. Benar-benar nyaman.

Keunggulan Albina Boarding School

Menurut kami ada beberapa keunggulan dari Abina Boarding School Bekasi. Di antaranya adalah jika umumnya penekanan pesantren mahal berada pada pendidikan umum, di pesantren ini memiliki komposisi seimbang.

Pesantren ini memiliki prestasi yang cukup bagus. Di antaranya untuk pendidikan agama Islam pernah menjuarai peringkat I lomba hafalan 10 juz Al Quran regional Jabodetabek, Cianjur, Sukabumi dan Banten 2019-2020. Di sisi sain pernah medali perak OSN untuk mata pelajaran IPA di Yogyakarta pada periode yang sama.

Dari data sebaran alumni juga terlihat tersebar merata dari perguruan tinggi negeri nasional seperti UGM, IPB, ada juga yang ke luar negeri. Namun umumnya kalau dilihat lebih banyak ke PTN dan PTS dalam negeri.

Kemudian untuk bahasa adalah Arab dan Inggris sesuai dengan standard bahasa di pesantren-pesantren Indonesia. Menurut kami kombinasi semuanya membuat pesantren Albina Bekasi menjadi lengkap.

PanduanTerbaik.id

Pendaftaran Pondok Pesantren Albina

Untuk pendaftaran maksimal usia 13 tahun dan siap tinggal di asrama. Tapi ada beberapa tes yang harus disiapkan, seperti PAI, Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Ada juga psycotest. Rata-rata pendaftar setiap tahun 300 siswa.

Tidak tertinggal ada tes wawancara seperti tes kemandirian, baca tulis Al Quran, serta hafalan juz 30 Al Quran. Biaya pendaftarannya lumayan tinggi, sebesar Rp700.000. Uniknya beberapa daerah ada perwakilan untuk tes masuk Albina. Selengkapnya di sini.

Biaya Masuk Pesantren Albina Bekasi 2021-2022

Adapun untuk biaya masuk pesantren Albina Bekasi 2021-2022 kami sajikan menggunakan tabel.

Biaya PendaftaranRp700.000
Biaya Awal MasukRp31.000.000
Biaya TahunanRp6.000.000
SPP BulananRp2.500.000
TotalRp40.200.000

Menurut kami jumlah ini memang tergolong cukup tinggi. Masuk di kelas Islamic Boarding School. Bisa dibandingkan dengan Boarding School lainnya di Bekasi di link ini. Kami sudah sajikan dengan keunggulan dan biaya.

Adapaun yang menginginkan pesantren di Bekasi lainnya bisa kunjungi link ini. Dari pesantren tahfidz Quran, pesantren Sunnah, hingga pesantren kitab kuning disajikan dengan lengkap. Jadi mudah untuk mencari. Rata-rata di bawah 20 jutaan.

Alamat Lengkap Pesantren

Adapun alamat lengkap pesantren berada di Jln. Raya Pebayuran, desa kertasari Kecamatan pebayuran Bekasi. Jika ingin menelpon bisa dial nomor 021-89150720. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di https://albinaa.sch.id/.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *