MBS Muhiba Yogyakarta | Pendidikan Lengkap Biaya Lumayan

Posted by

MBS Muhiba Yogyakarta merupakan sebuah lembaga pendidikan yang beralamat lengkap di Jl. Urip Sumoharjo 04 / A, Bantul Yogyakarta. Lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan organisasi islam muhammadiyah ini beridentitaskan pondok pesantren modern dengan sistem asrama (boarding school). 

Nah, berikut ini rangkuman kami mengenai profil lengkap MBS Muhiba (Muhammadiyah Boarding School), dari kurikulum pendidikan, syarat pendaftaran, hingga estimasi biaya masuk sekolah ini. Semua kami sadur berdasarkan website resmi dan informasi lainnya yang tersebar di internet. 

Sekilas MBS Muhiba Yogyakarta

Dalam sejarahnya, sebelum menjadi MBS Muhiba Yogyakarta, sekolah yang dibangun pada tahun 1960 ini memiliki nama SMA Muhammadiyah 1 Bantul Yogyakarta. Sekolah ini cukup legendaris. 

Hingga di tahun 2014 dibuatlah program khusus dan menjadi nama resmi, yakni MBS Muhiba Yogyakarta. Dengan visinya melahirkan generasi muhammadiyah yang berilmu, beramal saleh, dan juga berakhlak karimah. 

mbs muhiba yogyakarta

Menariknya, MBS Yogyakarta mempunyai program yang berbeda dengan yang lainnya. Yakni program tahfidz qur’an plus terjemahannya. Inilah salah satu yang membuat nama Muhiba Yogyakarta naik ke permukaan. 

Pendidikan di MBS Muhiba

Dari sisi akademik, MBS Muhiba Yogyakarta memadukan kurikulum pendidikan formal dengan kurikulum kepesantrenan. Di antaranya seperti tahfim dan tahfidz qur’an, ulumul qur’an, hadis, usulul fiqh, nahwu shorof, balagoh, dan lain sebagainya. 

Selain itu materi khas kemuhammadiyahan juga turut diajarkan kepada para siswa. Yakni fatwa-fatwa tarjih Muhammadiyah. Sehingga identitasnya cukup kental sekali.  

Sejalan dengan perkembangannya yang cukup pesat, kini MBS Muhiba Yogyakarta tidak hanya mempunyai unit pendidikan SMA saja, tetapi sudah merambat ke jenjang SMP yang dibuka sejak tahun 2020. Meskipun, untuk saat ini hanya menerima siswi putri. 

Untuk akreditasi pun tidak perlu diragukan lagi. Akreditasi A, artinya mutu pendidikan di sekolah sudah terlaksana dengan baik. Nama Muhammadiyah memang menjadi salah satu jaminan. 

Kepanduan Muhiba Lewat Hizbul Wathan

Layaknya kegiatan kepanduan lain seperti pramuka, Hizbul Wathan juga mengajarkan siswa untuk bisa mandiri, belajar hidup di alam, memasak dengan alat tradisional, tracking jalan di malam hari, berkemah, dan kegiatan seru lainnya. 

Seragamnya juga didesain khusus. Berwarna hijau lumut dan pita kacu pada dada. Bahkan kegiatan ekstrakurikuler ini bukan hanya menjadi acara tahunan saja, melainkan juga menjadi kegiatan bulanan yang didisain untuk melatih kemandirian siswa.

Kegiatan Harian MBS Muhiba Bantul

Dalam kesehariannya santri MBS Muhiba Bantul berada dalam pengawasan musyrif selama 24 jam di asrama. Kegiatannya dalam satu hari saja selalu padat dan berbeda-beda dari waktu ke waktu. 

Bangun pagi sejak pukul setengah 4 subuh dan sudah menunaikan sholat tahajjud. Kemudian dilanjutkan dengan sholat subuh dan tahfidz qur’an.

Jam 6 pagi setelah mandi dan sarapan, siswa sudah harus bersiap – siap masuk kelas. Dan tepat pukul 7 teng, siswa siap mengikuti pelajaran sekolah sampai pukul setengah 3 sore. (Diselingi sholat dzuhur, makan siang, dan sholat ashar)

Di sore hari kegiatan siswa adalah hizbul wathan, ada juga yang berolahraga, ataupun bimbingan belajar untuk persiapan UN. Sehingga pendidikan formalnya cukup matang. 

Setelah maghrib dilanjutkan kembali dengan tahfidz qur’an, dan muhadhoroh 3 bahasa. Adapun di malam hari siswa biasa menggunakan waktunya untuk murojaah mandiri / perkelompok, dan sebelum tidur ditutup dengan kegiatan pemberian kosakata. 

Dengan kegiatan yang padat setiap harinya ini melatih santri untuk bisa disiplin tingkat tinggi. Dan inilah keunggulan yang dimiliki MBS Muhiba Yogyakarta. 

PanduanTerbaik.id

Penerimaan Santri Baru PPDB

MBS Muhiba Yogyakarta membuka penerimaan santri baru dalam dua gelombang. Adapun prosedur pendaftarannya Bapak / Ibu atau calon santri baru bisa mengisi formulir registrasi yang ada pada website dan juga menyerahkan surat pernyataan orang tua. 

Setelah mengisi formulir, terdapat dua tahap seleksi yang harus dilalui. Seleksi berkas dan tes wawancara. Terlebih dahulu untuk menghubungi pihak sekolah dan menentukan jadwal seleksi berkas dan tes wawancara. Kontaknya kami sediakan pada bagian akhir artikel ini. 

Materi penerimaan santri adalah tes baca Al-Qur’an dan wawancara santri juga wali santri. Sedangkan rincian berkas apa saja yang harus diserahkan bisa lihat pada website resmi. 

Biaya Masuk MBS Yogyakarta

Nah berdasarkan informasi yang telah kami rangkum pada website, biaya masuk MBS Muhiba Yogyakarta sekitar 13 juta rupiah. 

Biaya tersebut sudah termasuk biaya kegiatan siswa selama 1 tahun, sumbangan pengembangan, seragam dan kasur, kitab dan kegiatan MBS. 

Sedangkan SPP syahriah atau per bulannya sekitar Rp. 950.000 ribu. Menurut kami biaya masuk sekolah ini cukup terjangkau terlebih di kota Yogyakarta khususnya. Bisa dibandingkan dengan pesantren terbaik di Yogyakarta. 

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Jika Bapak / Ibu mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai informasi pendaftaran dan lain sebagainya bisa menghubungi bagian sekretariat sekolah di nomor telepon +62 877 3129 5979. Atau kunjungi website resmi MBS Muhiba Yogyakarta klik di sini.

Kiranya ada lembaga pendidikan yang ingin direview, cukup kirimkan biaya pendidikan dan brosur lengkap tentang informasi program ke affany1986@gmail.com agar kami rangkum menjadi informasi yang menarik untuk masyarakat. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *