Daarul Ilmi Depok | Biaya Standard TK, SD, SMP, dan SMA Islam

Posted by

Daarul Ilmi Depok merupakan sekolah Islam yang sebenarnya belum lama berdiri. Untuk jenjang SD berdiri pada tahun 2014-2015, kemudian selanjutnya jenjang TK, jenjang SMP, dan dilanjutkan ke jenjang SMA. Artinya sekolah ini masih baru.

Namun demikian justru nama Daarul Ilmi Depok begitu banyak yang ingin tahu karena pendidikan yang diberikan pada masing-masing jenjang. Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi penting terkait lembaga pendidikan, terutama dalam aspek keunggulan dan biaya masuk berdasarkan brosur resmi.

Profil Daarul Ilmi Depok

Daarul Ilmi Depok memiliki identitas sebagai sekolah Sunnah. Beberapa tandanya adalah visi yang disampaikan bermanhaj ahlussunnah wal jama’ah. Yang kedua adalah adanya tujuan berakidah yang shahih atau lurus dan benar.

Tanda lainnya adalah sekolah ini dalam setiap profilnya meniadakan wajah peserta didik, foto-fotonya diblur. Kemudian pembiasaan Sunnah menjadi salah satu unsur utama pendidikan di sekolah Islam swasta tersebut.

daarul ilmi depok

Namun demikian identitas paling menonjol dari sekolah Islam di Depok ini adalah bagaimana keyakinan bahwa setiap manusia diberikan anugerah berupa kecerdasan yang berbeda, majemuk, sehingga fokusnya adalah bimbingan terhadap esensi dari multiple intelligence tersebut.

Kami akan jelaskan setiap jenjang dari Sekolah Islam Daarul Ilmi Depok disertai dengan kelebihan yang dimiliki plus biaya masuk, pendaftaran, atau ppdb di tahun 2021-2022.

TK Daarul Ilmi

TK Daarul Ilmi memiliki model dengan pembelajaran tematik. Model ini bisa dikatakan sedang populer di era sekarang karena membuat anak lebih senang. Terutama untuk perkembangan sensor motorik kasar dan halus secara lebih optimal.

Di antara beberapa target yang diterapkan adalah hafal kosakata bahasa arab sebanyak 144, cukup lumayan. Mengenali gerakan wudlu dan shalat. Serta beberapa adab dan akhlaq terutama kepada orang tua.

Yang istimewa adalah hafalan Quran 2 juz. Biasanya target hafalan Quran dua juz diperuntukkan bagi SD, tapi tidak dengan TK Daarul Ilmi Depok. Hal ini justru diterapkan kepada siswa TK. Menurut kami hal ini daya tarik utama. Plus bisa menghafal beberapa dzikir dan doa.

Biaya Masuk TK Daarul Ilmi

Untuk biaya masuk TK Daarul Ilmi, pendaftaran PPDB, tergolong standard. Untuk masuknya sekitar 3.3 juta. Sedangkan untuk SPP bulanannya sebesar Rp500.000. Untuk pendaftaran tergantung kuota, jika sudah penuh, maka sudah ditutup.

SD Daarul Ilmi

Untuk jenjang SD Daarul Ilmi Depok merupakan pendidikan kelanjutan dari jenjang TK. Di jenjang ini intensitas untuk melakukan ibadah ditingkatkan. Terutama mampu melakukan praktek-praktek ibadah seperti thaharah, adzan, iqamah, shalat, puasa dan zakat.

Untuk bahasa arab sudah ditargetkan memiliki kemampuan berbicara, bercakap-cakap secara sederhana, sehingga cukup baik sekali. Bahkan siswa mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar.

Untuk tahfidz Quran di SD Daarul Ilmi bisa menghafal minimal 3 juz. Artinya bisa lebih dari jumlah tersebut. Ini juga cukup istimewa karena rata-rata hafalan Quran untuk jenjang SD hanya dua juz.

Sedangkan terkait dzikir dan hafalan doa mampu mencapai jumlah 72 doa dan dzikir. Dengan kata lain siswa sudah cukup mandiri bisa melakukan ibadah harian setelah mengenyam pendidikan di SD Daarul Ilmi Depok.

Biaya Masuk SD Daarul Ilmi

Biaya masuk SD Daarul Ilmi Depok sebesar Rp6.250.000. Sedangkan untuk SPP bulanan sebesar Rp650.000. Menurut kami angka ini juga masih standard. Bisa dibandingkan dengan SD Islam lain di Depok di link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulannya.

SMP Daarul Ilmi

Sedangkan untuk jenjang SMP Daarul Ilmi memiliki target jauh lebih tinggi lagi. Di antaranya adalah sudah bisa berbahasa arab dengan lancar dan benar beserta ilmu nahwu dan sharf. Padahal ini bukan pesantren. Artinya cukup luar biasa.

Untuk hafalannya juga lebih banyak, dalam tiga tahun mampu minimal menghafal 4 juz Al Quran. Tidak hanya itu, juga mampu memahami tafsir untuk juz 30. Rasanya tidak banyak jenjang SMP yang demikian. Sekolah Sunnah di depok yang satu ini cukup baik.

Ditambah lagi hafal dan memahami hadist arbain nawawi, yaitu empat puluh hadist pokok yang menjelaskan ajaran agama Islam. Aqidah juga dikuatkan terutama dalam pemahaman rukun iman dan yang membatalkannya.

Plus di sekolah ini kemampuan memahami fiqh juga mulai dikenalkan dengan baik. Seperti fiqh terkait transaksi keuangan, juga tentunya fiqh ibadah seperti thaharah, shalat, zakat, puasa, dan lain sebagainya.

Adapun untuk pendidikan formal akan dipelajari sesuai dengan kurikulum nasional berkaitan dengan sains untuk IPA dan pengetahuan sosial untuk IPS. Kombinasi ini bisa dikatakan bisa menjadi pilihan pendidikan untuk jenjang SMP Swasta Islam di Depok dan sekitarnya.

Biaya Masuk SMP Daarul Ilmi 2021

Biaya masuk SMP Daarul Ilmi lebih tinggi dari SD, biaya PPDB sebesar Rp7.250.000. Sedangkan untuk bulanannya sekitar Rp800.000. Menurut kami ini juga standard. Bisa dibandingkan dengan pesantren di Depok lainnya di sini. Kami sudah sajikan dengan biaya dan keunggulan.

SMA Daarul Ilmi

Jenjang SMA memiliki keunggulan yang lebih banyak lagi. Di antaranya memahami dan menguasai sastra inggris. Setelah di SMP bahasa Arab disempurnakan di SMA bahasa Inggris. Bahkan dilatih untuk berpidato menggunakan tiga bahasa, Arab, Inggris dan Indonesia.

SMA Daarul Ilmi Depok juga memiliki penguasaan terhadap office sebagai standard operasional kerja di era millennial. Bahkan juga dikenalkan dengan IT seperti web design, database, android app dan lain sebagainya.

Untuk hafalan Quran tergantung jurusan yang dipilih, jika peminatan bahasa ditargetkan untuk hafal hingga 6 juz. Namun jika masuk di IPA memiliki target 4 juz. Tentu karena beban pendidikan sains yang lebih besar sehingga hafalannya lebih sedikit.

Ditambah lagi beragam ekstrakulikuler yang dimiliki oleh SMA Daarul Ilmi Depok, seperti tata boga, tata busana, olahraga seperti basket, futsal, serta memanah. Menurut kami ini sudah cukup baik.

Biaya SMA Daarul Ilmi

Biaya SMA Daarul Ilmi Depok lebih kompleks. PPDB SMA Daarul Ilmi Depok sebesar Rp8.500.000. Sedangkan untuk SPP bulanan sebesar Rp850.000. Ini juga tergolong standard. Bisa dibandingkan dengan biaya Boarding School di Bogor yang cukup mahal. Bisa dilihat di sini.

Jika ingin informasi lainnya bisa kunjungi website resmi di www.daarulilmidepok.sch.id. Jika ada kekeliruan bisa diacantumkan di kolom komentar. Atau ada lembaga pendidikan lain yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *