Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Mojokerto

Posted by

Terletak dekat dengan Jombang yang mana merupakan salah satu pusat dakwah Islam di Jawa Timur, nampaknya juga berpengaruh terhadap Mojokerto. Ya, Kota Onde-Onde ini pun pada akhirnya ikut terkena dampak positif dari kentalnya sebaran dakwah Islam. Maka tak heran bila Mojokerto ini pun memiliki beberapa Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik untuk mencetak generasi islami, diantaraya:

Darul Hikam

Berawal dengan didirikan dari tanah wakaf sejak 2003 silam, saat ini Darul Hikam menjadi salah satu pondok pesantren yang juga layak dipertimbangkan bagi para orangtua yang ingin mencari pondok tahfidz terbaik untuk anaknya.

Pondok pesantren yang terletak di Puri, Mojokerto ini memiliki fokusan siswa didiknya adalah perempuan. Dalam memenuhi kebutuhan para santrinya, pihak pesantren pun memberikan fasilitas eksklusif. Tak hanya berada di lingkungan kamar yang ber-AC, setiap santri juga diberikan fasilitas almari pribadi.

Sistem yang digunakan di pondok pesantren tahfidz ini memadukan dua sistem yakni sistem modern dan sistem salaf. Sistem modern yang diterapkan yakni dengan memaksimalkan dua puluh empat jam untuk pendidikan. Adapun metode dalam pendidikan tahfidznya, langsung mengambil metode dari Malaysia, yaitu super tahfidz. Sedangkan sistem salafnya digunakan untuk penerapan ibadah sehari-hari.

Dalam persoalan prestasi pun, pondok Darul Hikam tak perlu diragukan lagi. Di tahun 2017, pondok pesantren yang juga dikenal dengan nama Dar El Hikam International Islamic Boarding School, mampu menyabet gelar juara robotika di Osaka, Jepang. Tak hanya itu, pondok tahfidz ini juga telah berhasil mencetak lulusan UN terbaik di tahun 2015.

Manbaul Quran

Salah satu pondok pesantren tahfidz terbaik yang ada di Mojokerto adalah pondok tahfidz Manbaul Quran. Pondok pesantren yang terletak di Bancang, Wates, Mojokerto ini resmi didirikan pada tahun 1995.

Memiliki misi utama dalam mencetak generasi yang qurani dan berakhlaqul karimah, pondok pesantren ini memiliki beberapa program strategis dalam meraihnya. Dalam pengajarannya, pondok tahfidz ini mengacu pada pembelajaran Al Quran yang digunakan oleh Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus, Jawa Tengah. Selain memiliki program untuk tahfidz, Manbaul Quran juga memiliki Madrasah Diniyah untuk putra dan putri, Taman Pendidikan Quran (TPQ), panti asuhan anak yatim dan fakir miskin dan bahkan koperasi pondok pesantren.

Tak hanya berfokus pada pendidikan agama, Manabul Quran juga ikut terjun dalam meratakan bidang pendidikan formal. Salah satunya perwujudannya adalah dengan adanya program paket C. Sehingga dari tahun ke tahun, pondok pesantren ini selalu menjadi salah satu tujuan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan gelar ijazah melalui paket C.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *