7 Pesantren Terbaik di Sumedang | Modern dan Salafiyah

Posted by

Pesantren Terbaik di Sumedang | Beberapa wilayah ramai Sumedang memang sangat dekat dengan Bandung. Bahkan banyak yang tidak menyadari kalau sesungguhnya pesantren terkenal di bandung beberapa di antaranya masuk wilayah Sumedang. 

Oleh sebab itu pada tulisan kali ini kami akan khusus mengulas beberapa pesantren terbaik di Sumedang berdasarkan review di internet, rating Google, serta pertimbangan subjektif lainnya mampu memudahkan pencari informasi pesantern terbaik di wilayah yang sangat dikenal tahu gorengnya. 

Pesantren Al Hikamussalafiyah Sukamantri

Salah satu pesantren terbaik di Sumedang adalah Al Hikamussalafiyah, alamatnya di Sukamantri No.85, Sukamantri, Tanjungkerta. Pesantren ini sesuai dengan namanya memiliki identitas salafiyah yang cukup baik. 

Yaitu kajian kitab kuning yang baik. Pesantren ini memang memiliki model pendidikan di malam hari dengan ngaji kitab. Di samping itu pesantren ini juga memiliki pendidikan formal yang cukup bagus, jenjang MTS dan MA dengan akreditasi A. Adapula SMK dengan jurusan rekayasa perangkat lunak.

pesantren terbaik di sumedang

Kelebihan lainnya adalah dalam aspek tahfidz Quran yang dilaksanakan pada pagi dan sore hari. Bahkan ada jenjang khusus untuk tahfidz Quran. Bakan salah satu santrinya pernah menjuarai tahfidz Quran di Yordania pada tahun 2018. 

Untuk biaya masuknya bermacam-macam. Yang khusus tahfidz dan kitab kuning sekitar 1.7 juta dengan SPP 400 ribuan. Sedangkan untuk MTS dan MA sekitar 4 jutaan dengan SPP bulanan sekitar 600 ribuan. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Terbaik Modern Al Aqsa Sumedang 

Yang satu ini merupakan pesantren modern di Sumedang, namanya Al Aqsa. Kalau dari tempat sangat dekat dengan Bandung, oleh sebab itu banyak yang mencari di internet dengan kata Al Aqsa Bandung. Padahal alamat lengkapnya Jl. Raya Cibeusi No.2, Cibeusi, Kec. Jatinangor. 

Pesantren ini modelnya tidak seperti tradisional, modern. Dalam arti semua pendidikan sudah klasikal di dalam kelas. Jadi pendidikan formal dan agama menjadi satu kesatuan. Kurikulumnya menginduk kepada diknas, dan ada kurikulus khas pesantren yang seperti KMI Gontor. Namanya KMMI.

Ciri-ciri dari pesantren model demikian adalah pendidikan bahasa yang dijalankan dengan baik. Yaitu secara teoritis dan praktis terutama adalah bahasa arab dan inggris. Oleh sebab itu di waktu pagi ada pemberian kosakata bahasa.

Identitas lain dari pesantren ini adalah tahfidz Quran, dengan target tertentu setiap jenjangnya. Tempatnya nyaman, standard pesantren. Tekstur tanah naik khas sunda. Biaya masuk kurang lebih 8 juta dengan biaya bulanan sekitar 1 juta rupiah. 

Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://al-aqsha.sch.id/

Boarding School di Sumedang Al Ma’soem

Mungkin kami lebih tepat menyebut dengan islamic boarding school untuk Al Ma’soem, alasannya adalah fasilitasnya memang mumpuni, dan salah satu fokusnya adalah pendidikan umum. Alamatnya di Jalan Raya Cipacing No. 22, Jatinangor, Cipacing, Sumedang.

Secara identitas Al Ma’soem memiliki pendidikan formal yang terpandang. Daerah Sumedang dan Bandung sudah mengetahui hal ini. Apalagi unit usahanya tersebar luas, semacam pom bensin, sehingga lebih mudah dikenal. 

Dari sisi pesantren mengambil pola diniyyah dengna pengelompokan Ula 1, Wustho 1, A’la 1, serta Ula 2, Wustho 2, dan A’la 2 untuk jenjang SMA. Lebih kepada akselerasi kitab kuning. Bahkan secara periodik mengadakan bahsul masail. Tapi jika teman-teman belum bisa baca Quran, jangan malu, di sini ada kelas basic untuk mempelajarinya. 

Untuk fasilitasnya boarding school yang satu ini sangat mumpuni. Mulai dari gedung yang representatif. Fasilitas olah raga hingga kolam renang. Serta fasilitas nyaman lainnya. Sayang kami belum mendapatkan informasi biaya masuk. Namun estimasi kami di atas 15 juta. 

Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://almasoem.sch.id/

Pesantren Tahfidz Darul Quran

Pondok pesantren Daarul Quran memang memiliki spesialisasi di bidang Al Quran. Tak heran banyak sekali alumninya yang kemudian menjuarai berbagai kompetisi qori dan tahfidz di dalam dan di luar negeri. Jenjang tahfidznya mencapai 30 juz. 

Pondok ini telah meluluskan ribuan santri. Semetara itu, lembaga pendidikan formal yang dikelola langsung oleh pondok adalah MTs Daarul Quran yang terakreditasi yang tertera di brosur B. Alamatnya di Cimalaka, Kec. Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Sedangkan dalam aspek kepesantrenan, Darul Quran memiliki fokus pada kitab turats tradisional atau kitab kuning dengan pendalaman pada nahwu, sharf, tauhid, fiqh, serta pembiasaan ibadah berkiblat pada nahdhatul ulama. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Sumedang.

Biaya masuk pesantren cukup murah. Sekitar 1.5 jutaan dengan SPP setiap bulan sekitar 450 ribuan. Info lengkap bisa dilihat di halaman facebook resminya di sini.

Pesantren Tertua Asyirofudin

Sebagai salah satu pondok pesantren tertua di Sumedang, pesantren Asyirofudin dapat dikatakan cukup eksis dan berkembang. Bagaimana tidak? Didirikan pada tahun 1846, pondok ini sangat diminati masyarakat sebab pengajiannya yang rutin dengan pemahaman agama yang mudah. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Sumedang. 

Semakin banyaknya masyarakat yang mengaji di Asyirofudin maka kegiatannya pun ditambah dengan agenda pendidikan. Alamatnya di Cipicung, RT.12/RW.03, Conggeang Wetan, Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Satu kelebihan yang pasti dari pesantren ini adalah kondisi alam yang begitu nyaman dan asri. Dikelilingi banyak pohon, kemudian juga sangat dekat dengan suasan kolam. Benar-benar kembali ke alam. Di sinilah mengapa banyak yang betah di pesantren. Oleh sebab itu di pesantren ada kegiatan agrobisnis bagi santrinya. 

Akreditasi pendidikan formalnya sudah A, namun uniknya biaya pendidikannya tidak terlalu mahal. Untuk biaya masuk hanya kurang lebih 2.1 jutaan. Dengan uang bulanan 400 ribuan termasuk makan dua kali dalam sehari. Info lengkap bisa kunjungi di sini

Pesantren Salafiyah Miftahul Hasanah

Tak hanya masyarakat setempat yang nyantri di pesantren ini, banyak juga santri-santri yang berdatangan dari luar wilayah Sumedang. Pesantren ini dikenal konsisten memberikan pelajaran khas pesantren klasik kitab kuning. Seperti layaknya Sidogiri Pasuruan

Ilmu agama jauh lebih banyak diajarkan ketimbang ilmu umum. Menghafal nadzam menjadi pemandangan yang akrab ketika masuk pesantren. Padahal pesantren-pesantren lain mulai meninggalkan. Namun demikian pesantren ini layak mendapatkan tempat sebagai pesantren terbaik di Sumedang karena konsistensi yang dimilikinya. 

Bahkan dari cara berpakaian pun pesantren ini masih mempertahankan cara tradisional, seperti menggunakan sarung, koko, dan kopyah putih. Begitu pula yang putri, masih menggunakan sarung untuk bawahan. 

Udaranya sangat sejuk, dikelilingi pepohonan yang rindang, plus wilayah pesawahan menjadikan pesantren ini tempat yang nyaman bagi para santri untuk menuntut ilmu agama sebagai bekal masa yang akan datang. 

Daftar Pesantren di Sumedang

Inilah beberapa daftar pesantren di Sumedang yang dalam sudut pandang panduanterbaik.id layak dijadikan rujukan pendidikan. Tentu masih banyak lembaga pendidikan terbaik lainnya yang belum masuk, namun karena keterbatasan informasi kami belum bisa memasukkannya.

Jika pesantren Anda ingin direview di website ini cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan mengulas agar lembaga pendidikan Anda mudah ditemukan di internet. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *