pesantren terbaik di Riau

Keunggulan dan Biaya Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum

Posted by

Pesantren Krapyak merupakan salah satu yang cukup terkenal di Yogyakarta. Namun yang menjadi pembahasan kami adalah pesantren Krapyak di bawah naungan Yayasan Ali Maksum yang bertempat di Bantul.

Kami akan merangkum informasi berdasarkan brosur dan website resmi agar menjadi bahan pertimbangan dalam menempuh pendidikan. Terutama kami sajikan dari segi keunggulan dan biaya masuk.

Pesantren Krapyak Ali Maksum

Pesantren Krapyak Ali Maksum bisa dikatakan sebagai pondok pesantren dengan sistem salaf, namun tetap mengkombinasikan dengan modern. Jadi pendidikan kitab kuning juga cukup kental, begitu juga dengan pendidikan formal.

Jenjang yang tersedia di sini adalah MTs yang setara dengan SMP, juga MA yang setara dengan MA. Keduanya sudah dikombinasikan dengan sistem pondok pesantren Krapyak.

pesantren krapyak

Kurikulum Pendidikan Ponpes Krapyak

Kurikulumnya persatuan antara nasional plus dengan kegiatan di pesantren selama dua puluh empat jam. Lingkungan inilah yang menurut kami menghasilkan pendidikan terbaik.

Bahkan untuk Madrasah Aliyah ada program peminatan seperti peminatan keagamaan, peminatan Matematika dan Ilmu Alam, peminatan Ilmu-ilmu Sosial, serta peminatan Budaya dan Bahasa, dan kelas persiapan.

Pendidikan di Pesantren

Adapun pendidikan di pesantren Krapyak adalah pengajian Al Quran menggunakan metode musyafahah. Metode ini dikenal sangat efektif karena setiap santri harus mengaji satu persatu di hadapan guru.

Kedua adanya program tahfidz Quran. Istimewanya adalah ada asrama khusus yang terpisah dengan asrama umum. Sehingga santri bisa fokus untuk menghafalkan Al Quran selama di asrama.

Ketiga adanya pendidikan kitab kuning menggunakan metode Bandongan dan Sorogan. Bahkan ada kegiatan seperti Musyawaroh, Majelis Tahlil, Mujahadah, dan Sholawat rutin bersama-sama.

Kegiatan Harian Santri

04:00Sholat subuh, Al Quran dan Kitab
06:00Persiapan Madrasah
07:00Kegiatan Madrasah
12:45Sholat Dhuhur, Istirahat dan Ashar
15:45Kegiatan Ekstrakurikuler
17:00Persiapan sholat maghrib
18:30Pengajian Al Quran dan Kitab
19:30Shalat Isya
20:00Musyawarah dan Bimbingan Belajar
21:30Kegiatan Asrama
22:30Istirahat

Jika melihat dari kegiatan santri Krapyak di atas, maka mayoritas dihabiskan dalam pendidikan Al Quran dan madrasah kitab. Ini cukup bagus sekali bagi santri yang ingin mengembangkan potensi terbaiknya.

Fasilitas

Adapun fasilitasnya cukup lengkap. Hal ini mengingat pesantren sudah berdiri cukup lama. Mulai dari fasilitas akademik seperti Laboratorium Komputer, IPA, dan Bahasa.

Juga tersedia masjid, mushola, ruang kelas, komplek tahfidz Quran putra dan putri. Komplek asrama. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan.

Ekstrakurikuler

Karya Ilmiah RemajaTilawah Al Quran
Palang Merah RemajaDrumb Band dan Seni Tari
Olimpiade Sains NasionalDesain grafis
Hadroh, Qosidah MarawisKaligrafi dan Cinematografi
Sepakbola, Futsal, VoliTakraw, Tenis Meja
PanahanTaekwondo dan Tai Chi
Pagar NusaKarate

Bisa dikatakan setiap minat dan bakat difasilitasi dengan baik di pondok pesantren Krapyak Yogyakarta. Sehingga kemungkinan santri untuk betah cukup besar.

Prestasi Santri Krapyak

  • Juara umum KSM tingkat D.I. Yogyakarta 2021
  • Perunggu Matematika Terintegrasi KSM Nasional 2021
  • Perunggu Geografi Terintegrasi KSM Nasional 2021
  • Perunggu IPS Terintegrasi KSM Nasional 2021
  • Juara 2 MTQ dalam FCQ Nasional 2021
  • Dll

Kita bisa melihat keistimewaan pesantren Krapyak Yogyakarta, yaitu aspek prestasi yang cukup banyak di bidang akademik dan non akademik. Ini jarang ditemukan di beberapa pesantren.

Keunggulan Pesantren Krapyak Yogyakarta

Menurut kami keunggulan utama pesantren Krapyak Yogyakarta adalah kombinasi kualitas antara pendidikan diniyyah yang sudah cukup mashur, dengan pendidikan akademik yang dibuktikan dengan prestasi.

Juga keunggulan kedua adalah tahfidz Quran dengan bukti adanya asrama khusus bagi yang mengikuti program tahfidz Quran tersebut. Ini adalah aspek yang baik.

Waktu dan Syarat Pendaftaran

Bagi yang ingin mendaftar ke Ponpes Krapyak Yogyakarta waktunya mulai dari Desember hingga Januari. Nantinya tes diadakan pada Januari. Kemudian daftar ulang pada Februari.

Untuk persyaratannya adalah sebagai berikut. Usia maksimal MTs adalah 14 tahun, sedangkan MA adalah 17 tahun, sehat jasmani dan rohani.

  • Akte kelahiran 2 lembar
  • KK dua lembar
  • NISN
  • Foto 3 x 4 dua lembar

Nantinya siswa akan ada tes baca tulis Al Quran, tes potensi akademik, dan wawancara. Adapun untuk aliyah ada tes tulis bahasa arab. Jadi harus disiapkan dengan baik.

Biaya Pesantren Krapyak 2022-2023

PendaftaranRp300.000
Infaq PembangunganRp2.000.000
Paket Penunjang Kegiatan PendidikanRp7.900.000
Bulanan MARp900.000
Bulanan MTsRp900.000

Tapi patut menjadi perhatian, bahwa biaya 3 bulan pertama dibayarkan lunas sebelum masuk pesantren. Jadi kalau ditotal pembiayaan di Pesantren Krapyak Yogyakarta adalah Rp12.900.000.

Biaya di atas sudah termasuk dengan 4 stel seragam madrasah, seragam asrama, kitab, dan dan kegiatan santri lainnya. Menurut kami di wilayah Yogyakarta tergolong menengah.

Jika ingin melihat, survey pesantren lainnya di Yogyakarta bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing agar menjadi bahan pertimbangan.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren berada di Jl. KH. Ali Maksum Krapyak kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, D.I. Yogyakarta 55188. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bagian bawah.

Informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resmi di sini. Atau hubungi pihak pesantren di 0857 0113 2211. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *