Pesantren Fatahillah Bekasi Rating Tinggi Biaya Oke

Posted by

Pesantren Fatahillah Bekasi merupakan salah satu pesantren yang berada di lingkup jaringan Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawi yang dipimpin oleh Maulana Al Habib Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya Pekalongan dan KH. M. Masroni Semarang.

Dengan demikian kami tertarik untuk mengulik informasi mengenai Pondok Pesantren Fatahillah Bekasi. Yang kami bahas nantinya antara lain profil pesantren, kurikulum pengajian, fasilitas, hingga biaya masuk. Semua informasi yang ada bersumber dari brosur dan website resmi pesantren.

Pondok Pesantren Fatahillah Bekasi

Dari awal pendiriannya, Pondok Pesantren Fatahillah yang diasuh oleh Kyai Iftah Shidqi ini adalah pesantren salafi, yang hingga kini masih melestarikan budaya pengajian kitab kuning klasik dan sekaligus membuka sekolah formal untuk santri.

Adapun dari orientasi pendidikannya merujuk pada pemikiran ahlu sunnah wal jamaa’ah an nahdliyah (nahdlatul ulama) yang memiliki visi membangun kader – kader muda muslim indonesia yang cerdas, berakhlak mulia, dan juga cinta tanah air.

pesantren fatahillah bekasi

Pendidikan di Pesantren Fatahillah Bekasi

Saat ini sistem pendidikan Fatahillah diklasifikasikan menjadi dua bagian. Yang pertama adalah program kepesantrenan yang terdiri dari madrasah diniyyah awaliyah (MDA) dan madrasah diniyyah wustha (MDW), pengajian sorogan tahfidzul qur’an, dan bandongan kitab kuning.

Sedangkan yang kedua adalah program pendidikan formal. Yakni madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA) dengan gabungan kurikulum kemenang dan kurikulum Pondok Pesantren.

Nantinya selama masa studi di Pesantren Fatahillah Bekasi, para santri dibekali dengan tiga kemampuan dasar utama. Yakni kemampuan membaca al qur’an dengan fasih dan tartil.

Kedua kemampuan dasar dalam memahami khazanah islam melalui penguasaan alat bahasa (nahwu shorof, mantiq, balaghah) dan alat ilmu fiqih (ushul fiqh dan qawaidul fiqih), dan yang terakhir adalah kemampuan dalam berorganisasi dan bermasyrakat.

Kegiatan Harian di Ponpes Fatahillah Bekasi

JamKegiatan
04.24 – 06.00Sholat subuh berjamaah, ngaji al qur’an
06.00 – 07.00Bersih – bersih, persiapan sekolah (MCK)
07.25 – 11.45Kegiatan belajar mengajar (KBM) formal
11.45 – 13.30Sholat dzuhur dan makan siang
14.00 – 17.00Madrasah diniyah (MDA/MDW)
17.00 – 18.10Istirahat (mandi dan makan sore)
18.15 – 19.30Sholat magrib, ngaji al qur’an (tahfidz juz amma / bin nadzhor)
19.30 – 20.00Sholat isya
20.00 – 21.00Madrasah diniyah (MDA/MDW)
21.00 – 22.30Belajar malam (mandiri)
22.30 – 04.00Istirahat malam

Adapun kegiatan mingguannya di Ponpes Fatahillah Bekasi biasa ada pengajian kitab adabul ‘alim wal muta’alim, pembacaan rotibul kubro, pembacaan yasin dan nurul burhan (manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jaelani), barazanji / simtudor, dan pengajian rutin ahad pagi.

Ekstrakulikuler Pesantren Fatahillah

Kegiatan ekstrakulikuler santri ponpes Fatahillah antara lain seni kaligrafi, hadroh, seni tilawah qur’an, khitobiyyah, jam’iyyah santri, pencak silat, pramuka, paskibra, jurnalistik, PMR, pidato, dan eksul olahraga (sepakbola, basket, voli ball, juga badminton).

Fasilitas

Adapun dari segi fasilitas, menurut kami sudah cukup lengkap sebagai sarana dan prasarana pendamping kegiatan santri sehari – hari. Mulai dari masjid, asrama pesantren, gedung sekolah, gudang, perpustakaan, laboratorium bahasa dan computer.

Juga tersedia ruang tamu untuk wali santri yang datang menjenguk buah hatinya, kopontren (klinik kesehatan pesantren), dapur, aula pertemuan, hingga lapangan olahraga. Lebih lengkap lihat video yang kami sajikan.

Rating di Google

Dari rating di google, pondok pesantren Fatahillah Bekasi mendapatkan bintang 4.9 dari total 49 ulasan. Salah satu akun mengulas seperti ini:

“Anak saya juga mondok di sini, pondoknya bagus. Alhamdulillah selama mondok di sana anak saya mengalami kemajuan ibadah, terima kasih kepada pak kyai / bu nyai dan para ustadz / ustadzah yang sudah membimbing anak saya”.

Pendaftaran Santri Baru

Pondok Pesantren Fatahillah membuka penerimaan santri baru melalui tiga gelombang.

  • Gelombang pertama: 18 Januari – 24 Februari 2022
  • Gelombang kedua: 25 Februari – 7 April 2022
  • Gelombang ketiga: 8 April – 23 Juni 2022

Pendaftaran dibuka secara online melalui link https://psb.ppFatahillah.com/ dan dikenakan biaya pendaftaran sekitar Rp. 200.000 ribu rupiah. Adapun rincian pendaftaran sebagai berikut:

  • FC akta kelahiran
  • FC KTP orang tua / wali dan dan KK
  • FC surat keterangan lulus (SKL) / ijazah yang sudah dilegalisir
  • Pas foto ukuran 3×4 (berjilbab / berpeci dengan background merah)
  • FC KIP, KKS, dan PKH (bagi yang punya)
  • Surat pindah dan rapor (bagi santri pindahan)

Biaya Masuk Pondok Fatahillah 2022 – 2023

Untuk biaya masuk Pondok Pesantren Fatahillah sekitar 8.2 juta, ini untuk pendaftar gelombang pertama, sedangkan gelombang kedua dan ketiga dikenakan biaya tambahan.

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi detil mengenai biaya SPP bulanan. Nanti bisa ditanyakan langsung saja ke pihak ponpes, kami bantu dengan memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Jika ingin melihat pondok pesantren lain di Bekasi bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing sebagai bahan pertimbangan.

Alamat Lengkap

Adapun alamat lengkap Pondok Pesantren Fatahillah di Jl. Asem Jaya Gg. Bungur RT. 004 RW. 006 Ciketing, Kel. Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi – Jawa Barat.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai ponpes ini bisa kunjungi website resmi di sini atau telepon ke nomor +62 814 1345 5948 / +62 813 8170 9390.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *