pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Assalafiyyah Mlangi | Pondok Legendaris Biaya Pas

Posted by

Pesantren Assalafiyyah Mlangi merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis boarding school tertua di Yogyakarta yang hingga kini masih eksis di kancah pendidikan. Santrinya dari beragam daerah di Indonesia.  

Nah berikut ini kami rangkumkan serba – serbi informasi mengenai Pondok Pesantren Assalafiyah Mlangi Yogyakarta. Seluruh informasi yang ada di sini kami sadur berdasarkan website resmi, video youtube, dan beberapa artikel pilihan yang tersebar di internet.

Pesantren Assalafiyyah Mlangi

Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta dirintis dan didirikan oleh Kyai Masduqi jauh sebelum kemerdekaan indonesia, tepatnya pada awal tahun 1936. Dan yang kemudian diteruskan oleh Kyai Syuja’i Masduqi.

Pesantren ini konsisten dengan sistem pendidikan dan manajemennya yang berbasis salafiyah. Namun demikian, dibalik pembelajaran kitab kuning klasik yang masih sangat kental, Ponpes Assalafiyyah Mlangi juga mampu menghadapi dan beradaptasi dengan zaman modern yang serba teknologi 4.0.

pesantren assalafiyyah mlangi

Pendidikan di Ponpes Assalafiyyah Yogyakarta

Program pendidikan di Ponpes Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta utamanya ada dua. Yakni kajian kitab kuning dan tahfidz Al Qur’an yang diselarasikan dengan kurikulum kemendikbud-13 dan kurikulum khas Pesantren Assalafiyyah Mlangi.

Sedangkan untuk pendidikan formalnya terdiri dari beberapa unit pendidikan. Mulai dari PAUD, Mts, MA, SMK (program penjurusan multimedia dan industrial startup), Ma’had Aly, dan Kelas Takhassus.

Pesantren Berbasis Teknologi

Dari banyaknya ponpes yang ada, memang belum banyak ponpes yang mampu beradaptasi dan beralih menggunakan teknologi secara keseluruhan. Tapi lain halnya dengan Pesantren Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta ini.

Sistem E Money

Saat ini ponpes menerapkan sistem cashless, di mana para santri dilarang untuk membawa atau menggunakan uang tunai dalam lingkungan ponpes. Melalui program ini masing – masing santri akan mendapatkan smart id card yang disertai dengan barcode atau yang disebut dengan kartu e-santri.

Dan ternyata kartu e-santri memiliki banyak kelebihan. Beberapa di antaranya yakni menanggulangi keborosan, karna setiap santri mempunyai limit uang jajan per-hari, kemudian menanggulangi pencurian uang, jika ada santri yang menggunakan kartu yang bukan miliknya, maka transaksi akan gagal.

Melalui kartu ini juga para santri bisa menggunakannya sebagai alat presensi digital. Check ini dan check out asrama, presensi kehadiran di sekolah, pengambilan loundry, hingga presensi ijin pulang.

Paperless

Selain kartu e-smart, pihak Ponpes Assalafiyyah Mlangi juga memberlakukan sistem paperless, lho. Contoh program hemat kertas ini diaplikasikan pada pembelajaran kelas.

Di mana para santri tidak lagi menggunakan buku cetak melainkan menggunakan e-book dalam tablet. Begitu pula dengan buku perpustakaan, santri bisa langsung meminjam buku secara online lewat e-library.

Ekstrakulikuler Assalafiyyah Yogyakarta

Kegiatan ekstrakulikuler santri Pondok Pesantre Assalafiyyah Mlangi di antaranya pelatihan bahasa Arab – Inggris, tamrinul khitabah (berpidato), bimbingan tilawah, barazanji, seni kriya, teater / tari, drumband, peternakan, perikanan, menjahit, otomotif, hingga pelatihan perbengkelan.

Fasilitas Pesantren Assalafiyyah Mlangi

Adapun dari segi fasilitas yang tersedia menurut kami sudah cukup lengkap dan baik. Seperti masjid, asrama santri putra dan putri yang terpisah, gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium komputer dan bahasa, ruang tamu, kopontren (koperasi pondok pesantren), dapur, aula pertemuan, kantin, lapangan olahraga, hingga ruang praktikum keterampilan hidup.

Selain itu yang membuat Ponpes Assalafiyyah Mlangi menarik ini adalah arsitektur bangunannya. Yang mana sarat dengan nuansa etnik jawa serta lingkungan ponpes yang masih asri seperti alam terbuka. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran Santri Baru

Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi membuka pendaftaran santri baru dengan tiga gelombang. Tepatnya mulai bulan Januari, Februari, hingga akhir Maret.

Adapun alur pendaftarannya yang pertama adalah calon santri mengisi formulir pendaftaran secara online di www.ppdb.ppasm.com dan membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 500.000 ribu rupiah.

Kemudian mengupload berkas (detailnya bisa dilihat pada website), dan melakukan tes seleksi secara online. Materi yang akan diujikan berupa tes pengetahuan tentang agama, umum, dan kesiapan masuk ponpes, serta tes membaca Al Qur’an melalui video call/zoom meeting.

Biaya Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta

JenjangBiaya MasukSPP
PaudRp1.000.000Rp250.000
MTsRp8.000.000Pilihan
MARp8.000.000Pilihan
SMKRp8.000.000Pilihan
Ma’had AlyRp1.000.000 
TakhassusRp1.000.000 

Biaya di atas khususnya MTs, MA, dan SMK masih ada tambahan wakaf pembangunan yang bisa dipilih paketnya sesuai kemampuan orang tua santri. Biayanya mulai dari 1 – 10 juta.

SPP bulanannya juga variatif, berkisar dari Rp. 980.000 ribu sampai Rp. 1.450.000 ribu. Disesuaikan saja dengan kebutuhan santri selama di ponpes. Tabel lengkapnya di bawah.

Total BulananUang Saku Harian
Rp1.450.000Rp20.000
Rp1.295.000Rp15.000
Rp1.140.000Rp10.000
Rp980.000Rp5.000

Menurut kami biaya ini di wilayah Yogyakarta tergolong standard. Bisa disurvey dengan pesantren lain di wilayah sekitar melalui link ini agar menjadi bahan pertimbangan.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi berlokasi di Jl. Kyai Masduqi Mlangi, Nogotiro, Kec. Gamping, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta.

Jika mengingkan informasi lebih detatil dan valid bisa menghubungi bagian sekretariat ponpes di nomor +62 813 9312 8882. Kunjungi website resmi ponpes klik di sini https://ppasm.com/.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *