Pesantren Al Umm Aswaja Bogor Biaya Terjangkau

Posted by

Pesantren Al Umm Aswaja merupakan salah satu pesantren dengan konsep modern namun tetap melestarikan nilai – nilai dan sistem pendidikan khas salaf yang bermanhaj-kan Ahlu Sunnah wal Jamaah (ASWAJA).

Berikut ini kami rangkumkan informasi mengenai Pesantren Al Umm Aswaja, yang sumber utamanya adalah website resmi, brosur, video youtube, dan artikel pilihan di internet. Semoga dapat menjadi sumber bacaan bagi yang sedang mencari informasi pesantren ini.

Pesantren Al Umm Aswaja

Pesantren Al Umm Aswaja Bogor dirintis dan didirikan oleh seorang pengusaha asal jakarta yang juga merupakan alumni Pesantren Gontor, yakni KH. Mohommad Rusli pada tanggal 31 maret 1994, yang artinya pesantren ini termasuk usia yang cukup matang.

Sebagai pesantren aswaja, orientasi keilmuan pesantren adalah akidah asy’ariyyah dan fikih madzhab yang empat (Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’ie, dan Imam Hambali) dengan penekanan kepada madzhab imam syafi’ie.

Pesantren Al Umm Aswaja Bogor

Pendidikan di Al Umm Aswaja Bogor

Pendidikan di Al Umm adalah pendidikan terpadu yang menggabungkan antara kurikulum gontor, kurikulum kemendikbud (umum), dengan kurikulum pendidikan salafi yang menjadi satu kesatuan komplit untuk pendidikan santri.

Unit pendidikannya pun ada dua, yakni pendidikan formal yang terdiri dari SMP dan SMA Islam Al Umm dan sudah terakrediatasi B. Sedangkan untuk pendidikan non formal di antaranya madrasah diniyah takmiliyah, majelis taklim nurussyari’ah, dan program tahfidz qur’an.

Kegiatan Harian

Adapun kegiatan harian santri al umm kami sajikan dalam bentuk tabel berikut ini:

JamJenis Kegiatan
03.00 – 05.30Qiyamul lail, sholat subuh, wirid subuh, kajian kitab
05.30 – 06.00Pemberian kosa kata, muhadatsah
07.00 – 11.45Kegiatan belajar mengajar (KBM)
12.20 – 14.40Shalat dzuhur, wirid siang, kajian kitab
15.00 – 16.00Shalat ashar, wirid sore, tadarus qur’an
16.00 – 17.00Olahraga / kursus, kegiatan pribadi
17.30 – 18.30Shalat magrib, wirid, tadarus qur’an
18.30 – 20.00Kajian kitab, sholat isya, kajian kitab
20.00 – 21.30Belajar malam, bimbingan wali kelas
22.00 – 03.00Istirahat

Nah dari tabel di atas, bisa disimpulkan kegiatan santri selama 24 jam tidak pernah lepas dari wirid setelah sholat, tadarus al qur’an, dan pengajian kitab kuning klasik.

Ekstrakulikuler

Untuk kegiatan ekstrakulikulernya sendiri, pihak Pesantren Al Umm Aswaja membaginya menjadi dua bagian, yakni ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh seluruh santri dan ekstrakulikuler pilihan.

Kegiatan ekstrakulikuler wajib terdiri dari paskibraka, pramuka, komputer, kepustakaan, kitab kuning, dan yang paling menarik adalah pelatihan life skill pertanian dan peternakan.

Sedangkan ekstrakulikuler pilihan di Pesantren Al Umm Aswaja Bogor antara lain seni tulis indah arab (kaligrafi), nasyid, qira’ah, pelatihan bahasa asing, pelatihan ilmu eksakta (Ipa – matematika), pelatihan pemberdayaan kemampuan memahami kitab salaf, hingga olahraga (basket, voli, badminton, sepak bola, futsal, dan renang).

Fasilitas Ponpes Al Umm Bogor

Menurut kami fasilitas yang ada di Pesantren Al Umm sudah cukup baik, lengkap namun tidak menghilangkan ciri kesederhanaan pesantren.

Mulai dari asrama santri putra dan putri yang terpisah, gedung sekolah, laboratorium komputer, perpustakaan, dapur, kantin, ruang bimbingan konseling, aula pertemuan yang dilengkapi dengan panggung serbaguna, lapangan voli, basket, futsal, juga saung yang bisa digunakan sebagai tempat lesehan wali santri ketika menjenguk buah hatinya.

Pendaftaran Santri Al Umm

Bagi calon santri yang tertarik untuk mondok di sini, bisa mendaftar secara online (lewat website) dan offline (datang langsung) yang dibuka dalam tiga gelombang.

  • Gelombang pertama: 1 Desember  – 28 Februari
  • Gelombang kedua: 1 Maret – 30 April
  • Gelombang ketiga: 1 Mei – 15 Juli

Adapun berkas yang diperlukan yakni:

  • FC surat tanda lulus yang sudah dilegalisir
  • FC ijazah, SKHUN, dan NISN
  • FC rapor dua rangkap
  • FC akta kelahiran, KK, dan KTP orang tua
  • Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah asal
  • Surat keterangan sehat dari instani kesehatan setempat
  • Mengisi lembar kesanggupan mengikuti peraturan disiplin pesantren dan administrasi pembayaran

Biaya Masuk Al Umm 2022 – 2023

Berdasarkan brosur yang kami peroleh, biaya awal santri baru sekitar 7.6 juta yang sudah meliputi biaya pendaftaran, biaya bangunan, pre-test, MPLS, komputer, biaya kegiatan OSIS / pramuka, perlengkapan santri (kasur, ranjang, lemari, bantal, plus seragam 4 stel).

Selain itu masih ada biaya kegiatan semester ganjil sebesar 3 juta rupiah, dan adapun biaya bulanannya sekitar Rp. 880.000 ribu. Ini termasuk uang makan 3x sehari, KBM, kepesantrenan dan asrama, cek kesehatan, dan administrasi.

Menurut kami untuk wilayah Bogor biaya ini terjangkau. Bisa disurvey pesantren lainnya di sekitar Bogor di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap Al Umm

Pesantren Al Umm Aswaja beralamat lengkap di Jl. Raya Ujung Tol Ciawi, Kp. Wangun Tengah, RT 04 / RW 02 kel. Sindangsari, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor – Jawa Barat.

Untuk informasi lebih lengkap, valid, dan update bisa kunjungi laman resmi pesantren di link ini http://alummaswaja.com/ atau hubungi bagian sekretariat di nomor (0251) 8249 012 / +62 896 3872 8072 (Ust. Muhammad Naqib).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *