pesantren terbaik di Riau

Pesantren Al Amin Mojokerto | Keunggulan Teknologi dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Amin Mojokerto merupakan salah satu lembaga pendidikan salafiyah yang didukung dengan inovasi teknologi terkini. Oleh sebab itu santrinya cukup banyak dan berasal dari banyak daerah di Indonesia.

Penasaran bukan? Kami akan menuliskan profil Pondok Pesantren Al Amin Mojokerto. Di antaranya profil, kurikulum pendidikan, prestasi, hingga biaya masuk. Semua informasi kami himpun dari website resmi, video youtube, dan artikel terpercaya yang tersebar di internet.

Pondok Pesantren Al Amin Mojokerto

Pondok yang resmi didirikan pada 16 Juli 2000 ini adalah pondok nahdliyin (NU). Sesuai dengan misinya “Melahirkan generasi yang berilmu amaliyah, amal ilmiah, dan akhlaqul karimah berlandaskan ajaran islam ahlussunnah wal jama’ah al nahdliyah.”

Karenanya kagiatan santri di sini berputar pada kajian kitab kuning, ta’lim ubudiyah, tahfidzul qur’an, dan khitobah. Sehingga melahirkan kader yang memahami Islam dengan mendalam.

pesantren al amin mojokerto

Pendidikan di Pesantren Al Amin Mojokerto

Untuk pendidikannya, ponpes Al Amin Mojokerto menggunakan kurikulum khas pesantren yang dipadukan dengan kurikulum kementrian agama.

Nah kurikulum khas pesantren ini menggabungkan 2 metode salafiyah dalam pengajarannya. Yakni sorogan, bandongan, ngaji dengan makna pegon, lalaran, dan lain sebagainya.

Sedangkan kurikulum agama sendiri terdiri dari ilmu pengetahuan umum, teknologi, serta media. Adapun masa studi di Ponpes Al Amin addalah 6 tahun. Dari Mts (madrasah tsanawiyah) sampai MA (madrasah aliyah).

Maju Lewat Teknologi

Pondok Pesantren Al Amin Mojokerto bisa dibilang pondok yang berhasil dengan sistem yang mampu beradaptasi dengan teknologi masa kini. Di mana masing – masing santri mempunyai kartu tanda santri (smartcard) yang bisa digunakan sebagai alat transaksi cashless.

Selain itu ada juga program E-Buy (transaksi via online), Al Amin Digital Learning System (ADILS), dan Al Amin Elektronik Sistem Informasi Manajemen (E-SIM) yang berupa aplikasi media pembelajaran, perpustakaan dan sistem informasi manajemen. Belum banyak pondok salafiyah yang menerapkan sistem online ini.

Ekstrakulikuler Santri

Selain belajar dan mengaji, ada beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang bisa diikuti para santri. bagi santri yang menyukai bidang olahraga ada eskul futsal, pencak silat, voli, badminton, dan tenis meja.

Selain itu ada juga eskul pelatihan banjari, jurnalistik, kaligrafi, paduan suara, tilawah, KIR, PMR, kajian kitab kuning dan kajian falakiyah (hisab, rukyatul hilal, dst). Serta banyak ekstrakurikuler lainnya di pesantren Al Amin Mojokerto.

Prestasi Santri Al Amin

Segudang prestasi telah berhasil diraih santri dan santriwati Pondok Pesantren Al Amin Mojokerto baik akademis ataupun non akademis. Mulai dari juara umum pencak silat tingkat nasional se-SMA/MA 2020.

Juga medali emas olimpiade matematika di ajang international world mathematics invitational (WMI) 2020 indonesia, juara 1 parade nadhom imrity se-kabupaten mojokerto 2019, dan masih banyak lagi.

Fasilitas Al Amin

Dari segi fasilitas, Al Amin tidak kalah dengan pondok pesantren lainnya. Ruang kelas juga representatif, luas dan ada lcd-nya. Dan dilengkapi dengan laboratorium komputer, laboratorium IPA, plus perpustakaan.

Selain itu tersedia juga ruang khusus tahfidz santri, Al Amin mart, hingga foodcourt. Bahkan ada juga taman yang cukup luas dengan kolam ikan sebagai tempat hiburan santri untuk melepaskan penat sehari – hari. Lebih lengkap lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Pendafataran santri baru dibuka sekitar bulan Desember – Juni dengan beberapa gelombang. Calon santri baru bisa mendaftar secara offline datang langsung ke pondok atau online via whatsapp di nomor +62 813 9238 6154 (Hanifatur Rosyidah), biaya pendaftarannya sekitar Rp. 200.000 ribu rupiah.

Adapun berkas yang diperlukan di antaranya FC KK, FC akta kelahiran, pas foto berwarna 3×4 dalam bentuk softfile dan cetak sebanyak 4 lembar. Selanjutnya santri mengikuti seleksi dengan empat jenis ujian; tes akademik, tes baca al qur’an, psikotes, dan wawancara.

Sedangkan detail biaya daftar ulang santri baru adalah sebagai berikut:

  • – Santri putra (mandiri): Rp. 13.461.000
  • – Santri putra (beasiswa): Rp. 11.561.000
  • – Santriwati putri (mandiri): Rp. 13.390.000
  • – Santriwati putri (beasiswa): Rp. 11.490.000

Biaya tersebut sudah mencakup perlengkapan santri (seragam, dan lemari), iuran kegiatan, dan sumbangan pembangunan untuk pondok. Untuk SPP syahriah / bulanannya sendiri sekitar 1.2 juta, cukup lumayan untuk daerah mojokerto.

Biaya pesantren Al Amin tersebut di tahun 2021-2022. Menurut kami tergolong kelas menengah. Jika ingin alternatif pesantren di Mojokerto bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Pondok pesantren al amin putra berlokasi di Jl. RA. Basuni No. 18, Japan, Kec. Sooko, Mojokerto. Sedangkan kampus putri berlokasi di Jl. Surodinawan No. 3, Kec. Prajitkulon, Mojokerto.

Jika ingin informasi lebih lengkap dan detil bisa menghubungi sekretariat pondok di nomor telepon (0321) 329 676 / +62 813 9238 6794 (Djuarsih). Website resmi pondok klik link di sini https://www.alamin.sch.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *