Waktu Tepat Membuka Pendaftaran Siswa Baru

Posted by

Pendaftaran siswa baru merupakan momentum penting dari perjalanan lembaga pendidikan. Sebagus apapun lembaga pendidikan tersebut, jika yang daftar sedikit, maka akan terasa tidak stabil.

Nah pertanyaannya adalah kapan waktu yang tepat untuk membuka pendaftaran siswa baru? Jawaban dari pertanyaan ini akan kami buat berdasarkan pengalaman kami mendampingi sekolah-sekolah dan mengelola website ini yang isinya informasi lembaga pendidikan.

Pendaftaran Siswa Baru

Pendaftaran siswa baru memiliki pola yang berbeda-beda setiap jenis lembaga pendidikan. Tidak bisa semuanya disamakan. Entah karena memang pola masyarakatnya yang berbeda atau memang karena kebiasaan dari pihak sekolah itu sendiri.

Seperti contoh sekolah negeri, sangat jarang ditemukan pembukaan pendaftaran siswa baru dari bulan November. Sudah hampir dapat dipastikan pada bulan Juni-Juli baru ramai PPDB. Hal ini karena pembukaan pendaftaran di waktu itu, kecuali MAN favorit.

Yang terpenting adalah Anda tahu momentumnya. Jangan sampai sebagai pengelola lembaga pendidikan tidak mengetahui bahwa pendaftaran pesantren ada polanya, pendaftaran sekolah swasta ada polanya sendiri. Sehingga momentum tersebut lepas.

Keinginan Masyarakat

Bagi Anda pengelola lembaga pendidikan, terutama lembaga pendidikan berbasis agama, maka berbahagialah, karena sejak tahun 2000-an animo masyarakat sangat tinggi terhadap lembaga pendidikan berbasis agama.

Artinya adalah animo masyarakat untuk mendaftar lebih awal juga cukup besar. Bahkan terkadang sampai inden-inden segala. Semua karena ingin pendidikan tidak hanya berbasis formal, tapi ada nuansa agamanya.

Oleh sebab itu pendaftaran sekolah swasta terutama berbasis agama, full day school, sekolah Islam terpadu, boarding school, pondok pesantren, tidak di bulan Juni atau Juli. Tapi jauh sebelum itu. Inilah yang terkadang tidak dipahami pengelola lembaga pendidikan.

Waktu Tepat Membuka Pendaftaran Siswa Baru

Pendaftaran Siswa Sekolah Terpadu

Nah ada yang menarik dari pendaftaran siswa baru sekolah Islam terpadu. Berdasarkan trafik di website kami, pencarian lembaga pendidikan Islam swasta berbasis full day sudah mulai sejak Oktober.

Artinya bagi Anda pengelola lembaga pendidikan yang baru berpikir tentang biaya PPDB di bulan Desember, itu sama saja menghilangkan peluang untuk mendapatkan siswa baru. Karena wali murid sudah mulai survey.

Nah sisi menariknya adalah banyak lembaga pendidikan islam menerapkan sistem pendaftaran siswa baru menggunakan model diskon. Maksudnya adalah ketika orang mendaftar lebih awal, maka akan mendapatkan diskon yang lebih besar. Bisa sampai 30%. Contoh Raudlatul Jannah Sidoarjo. Websitenya di sini.

Karena wali murid yang mendaftar umumnya adalah ibu-ibu, dan mereka sangat tertarik dengan diskon, maka pendaftaran siswa baru tersebut langsung dimakan dan dinikmati seperti mendapatkan baju diskon di mall.

Pendaftaran Siswa Berbasis Asrama

Hal yang berbeda dengan pendaftaran siswa berbasis asrama. Baik pondok pesantren, atau boarding school. Memang pencarian sudah mulai sejak bulan Oktober. Ada juga yang sudah mulai daftar sejak Oktober ke lembaga pendidikan tersebut, tapi tidak sebanyak yang full day school.

Biasanya di bulan Desember pergerakan pencarian lembaga pendidikan berbasis asrama meningkat tajam. Menurut kami ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi.

Pertama, tidak banyak lembaga pendidikan berbasis asrama menerapkan sistem diskon seperti sekolah full day school. Biasanya hanya flat saja. Kapan saja pendaftaran, biayanya sama.

Hal ini tidak memacu andrenalin ibu-ibu yang selalu mendidih melihat harga diskon. Sehingga pendaftaran berjalan datar-datar saja, tidak ada seperti ingin berlomba mendaftar terlebih dahulu.

Kedua memang menentukan lembaga pendidikan berbasis asrama lebih hati-hati dibanding full day school. Jarak yang jauh, serta mengirim anak untuk lama tidak bertemu, menjadikan rekomendasi dari suadara, alumni, dan langsung dari orang yang pernah sekolah di pondok tersebut jauh lebih penting.

Artinya kalau Anda berani menerapkan sistem diskon, maka animo calon pendaftar akan lebih tinggi. Di sisi lain, untuk lembaga pendidikan berbasis asrama jangan sampai pendaftaran siswa baru dibuka mulai bulan April atau Mei. Terlambat.

Bukalah sejak Desember, bahkan kalau bisa Oktober sudah ada pengumuman pendaftaran siswa baru. Coba saja Anda cantumkan call centre di website masing-masing, pasti sejak Oktober sudah ada yang tanya-tanya. Seperti posting kami tentang Darul Hikam Mojokerto, ternyata banyak yang tanya ke call centre yang dicantumkan.

Jadi jangan terlambat ya. Ingat lembaga pendidikan saat sekarang tumbuh semakin banyak. Rasanya pertumbuhan lembaga pendidikan lebih banyak dari pertumbuhan siswa itu sendiri. Kalau tidak menerapkan sistem pendaftaran siswa baru yang bagus, maka pelanggan akan pergi.

Konsultasi bisa ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *