Krida Nusantara Bandung | Disiplin Tinggi dan Belajar 5 Bahasa

Posted by

Krida Nusantara Bandung, merupakan sekolah semi militer dengan 3 unit pendidikan. Mulai dari TK, SD, dan SMA Krida Nusantara yang dibawah binaan Yayasan Krida Nusantara. 

Namun memang yang paling terkenal adalah jenjang SMA seperti sekolah Taruna pada umumnya yang fokus pada pendidikan anak dewasa. Penasaran seperti apa profil Sekolah Krida Nusantara Bandung? 

Dengan ini kami akan mengulas segala hal mengenai Sekolah Taruna Nusantara Bandung, atau yang sering dikenal dengan Krida Nusantara Bandung.

Kami rangkum dari website resmi dan beberapa informasi yang beredar di internet lainnya. Agar menjadi panduan bagi Anda yang ingin mencari lembaga pendidikan terbaik di Bandung.

Krida Nusantara Bandung

Profil Sekolah Krida Nusantara Bandung

Berdirinya Sekolah Taruna Nusantara Bandung (Krida Bandung) ini berawal dari inisiatif yang disampaikan pada sebuah reuni. 

Dan di tahun 1994 direalisasikanlah dengan berdirinya Sekolah Taruna Nusantara Bandungyang diketuai oleh Ibu Tuti Sutiawati Try Sutrisno.

Yang kemudian diresmikan oleh wakil presiden ke-6 Try Sutrisno bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Dr. Wardiman Djojonegoro.  

Secara warna sekolah yang ada, Sekolah Taruna Nusantara Bandung memiliki konsep berasrama yang khas seperti Sekolah Taruna Nusantara Magelang yang sarat akan nilai-nilai nasionalisme dan kedisiplinan tingkat tinggi.

Jadi kalau ada yang tanya bagus mana antara Krida Nusantara Bandung dan Taruna Nusantara Magelang, menurut kami sebelas dua belas dari sisi identitas pendidikan. Tempatnya pun sama sejuk. 

Sekolah Krida Nusantara ini berdiri di atas tanah dengan luas 18.7 hektar yang terletak di kaki Gunung Manglayang, Bandung. Jadi bisa dipastikan suhu di sini adem dan tidak panas.

Suhunya sekitar 20 derajat celcius, mirip seperti Islamic Boarding School di Batu Malang. 

Identitas Krida Nusantara Bandung

Visi sekolah ini adalah menyelenggarakan sekolah berasrama yang fokus melakukan pengembangan peserta didik di bidang akademik, keagamaan, dan keterampilan dengan disiplin sebagai landasan sehingga mampu bersaing nasional maupun internasional.

Oleh karena itu kurikulum yang digunakan pun menggabungkan tiga kompetensi. Nasional (k-13), keagamaan, berbahasa dan keterampilan dengan disiplin sebagai landasan (kompetensi kepimpinan nasional) .

Dalam aspek bahasa, sekolah Krida Nusantara Bandung memiliki pilihan cukup banyak, tidak hanya Inggris, tapi Jepang, Mandarin, Jerman, dan Arab. Wow. Kami selama ini mereview lembaga pendidikan belum pernah sebanyak ini. 

Hal demikian bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas dan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan minat bakat para siswa. 

Ekstrakulikuler Bela Negara

Ada yang unik dari ekstrakulikuler Sekolah Taruna Nusantara Bandung ini. Yakni ekstrakulikuler bela negara. Menumbuhkan kecintaan terhadap negara Indonesia. 

Kegiatan ekstrakulikuler bela negara yang terdiri dari pramuka, paskibra, pataka, paskasis dan PMR ini mungkin sudah menjadi andalan para siswa di Sekolah Taruna Nusantara Bandung ini.

Sebut saja paskibraka ini. keahlian para siswa dalam baris berbaris yang baik mengantarkan mereka menjadi paskibraka nasional pembawa baki duplikat bendera pusaka di istana negara 2018 silam. 

Prestasi Sekolah

Banyak yang bilang bahwa sekolah semi militer berasrama seperti sekolah taruna nusantara hanya fokus pada pengembangan fisik siswa saja.

Tapi sejatinya hal tersebut tidak berlaku lagi. Para siswa Sekolah Taruna Nusantara Bandung sudah membuktikannya dengan prestasi-prestasi cemerlang yang berhasil mereka raih.

Di antaranya pemenang resensi film (puslitbangfilm) tahun 2019, juara 1 paskibra se-provinsi jawa barat (parahyangan berkibar) 2019, juara esai (hakordia) 2019, juara 1 jurnalistik tingkat pelajar bekasi 2019, diklat kader muda bela negara kementrian pertahanan, dan masih banyak lagi.

Fasilitas dan Sarana

Menurut kami dari segi fasilitas yang tersedia di Sekolah Taruna Nusantara Bandung sudah termasuk lengkap.

Dari smart class dengan teknologi canggih, lapangan sepak bola dan jogging track, kolam renang, student centre, perpustakaan, sarana beribadah siswa, KSA atau klinik krida, mini mart, galeri seni, hingga gedung olah raga (GOR) krida nusantara.

Sedangkan untuk asrama siswa sendiri sama seperti asrama lainnya, siswa mendapatkan ranjang dengan kasur 5 cm dan disediakan lemari untuk menyimpan barang-barang.

Tidak perlu AC karena lokasi Sekolah Krida Nusantara Bandung juga sudah dingin, karena berada di kaki gunung. Oleh sebab itu menjadi salah satu sekolah Taruna terbaik di Jawa Barat. 

PanduanTerbaik.id

Pendaftaran Sekolah Taruna Bandung

Pendaftaran Sekolah Krida Nusantara Bandung dilakukan secara online dengan mengisi formulir yang tertera pada website resmi sekolah.

Dan perlu diingat bahwa Sekolah Krida Nusantara merupakan sekolah dengan disiplin tinggi, maka prosedur masuknya juga cukup rumit. Dari seleksi berkas, tes akademik, tes psikotes, kesehatan, wawancara dan yang terakhir tes jasmani.

Hampir di banyak sekolah Taruna memiliki seleksi yang sangat ketat. Bisa diperiksa juga di Taruna Khatulistiwa, juga cukup ketat. Inilah kelebihan sekolah Taruna.

Biaya Masuk Krida Nusantara Bandung

Berikut rangkuman biaya masuk Sekolah Taruna Nusantara Bandung yang berhasil kami dapatkan melalui website resmi dan sumber informasi lainnya.

  • TK sekitar 9 juta dan SPP sekitar Rp. 300.000 ribu
  • SD sekitar 12 juta dan SPP sekitar Rp. 600.000 ribu
  • SMA sekitar 51 juta, SPP sekitar 3.9 juta  biaya tes sekitar 1.9 juta 

(Untuk biaya tes SMA, semua sudah termasuk biaya penginapan, materi tes tulis, tes kesehatan dan kesegaran jasmani, dan biaya psikotes.

Nah ternyata sekolah taruna nusantara juga menyediakan beasiswa / subsidi untuk siswa baru berprestasi. Persyaratannya adalah mengisi formulir beasiswa, mengajukan surat permohonan subsidi, dan menyerahkan daftar penghasilan orang tua. 

Setelah itu nanti akan ada wawancara khusus jika lolos berkas. Jika Anda di Jawa Timur ada Taruna Nala di Malang. Sekolah sejenis dengan identitas yang mirip.

Atau jika Anda ingin memeriksa Islamic Boarding School di Bandung beserta biayanya, bisa diperiksa di sini.  

Alamat Sekolah Krida Nusantara

Tertarik untuk mendaftarkan anak Anda di Sekolah Taruna Nusantara Bandung? Anda bisa datang langsung ke sekolah yang berlokasi di Jl. Desa Cipadung Cibiru Bandung 40614.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kontak hotline Sekolah Taruna Nusantara Bandung di nomor (022) 7806125 atau klik website resmi Sekolah Taruna Nusantara Bandung di sini.

Jika ada kekeliruan mohon dicantumkan di kolom komentar, akan kami perbaiki agar menjadi informasi pendidikan yang bermanfaat.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *