Diponegoro Rawamangun Jakarta | Biaya Masuk SMP SMA SMK

Posted by

Diponegoro Rawamangun Jakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta formal yang fokus pada jenjang menengah atas. Sebenarnya ada juga di Perguruan Diponegoro di Cakung, tapi entah kenapa lebih terkenal Diponegoro Rawamangun.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi berdasarkan website resmi lembaga pendidikan agar mempermudah calon peserta didik. Di antaranya adalah profil, kurikulum pendidikan, hingga biaya masuk SMP Diponegoro Rawamangun, SMA Diponegoro Rawamangun, sampai SMK Diponegoro Rawamangun.

Profil Perguruan Diponegoro

Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Al Hidayah Jakarta. Nama lengkap sekolahnya Perguruan Diponegoro, namun lebih dikenal dengan sekolah Diponegoro Rawamangun Jakarta karena terletak di Rawamangun.

Sekolah ini secara nama memang tidak identik dengan sekolah Islam. Namun secara kegiatan banyak unsur keislaman, di antaranya adalah adanya dzikir mingguan ruti. Bahkan untuk jenjang SMK ada tahfidz Quran juga. Menurut kami unik.

Diponegoro Rawamangun Jakarta Timur

Kalau di Jakarta Timur, sekolah Diponegoro hadir di antara Terpadu Putra Kalimalang, dan Budhi Warman Kramat Jati. Kami akan ulas lebih jauh di bawah ini.

Kurikulum Pendidikan

Kurikulum di sekolah Diponegoro Rawamangun Jakarta mengacu pada kurikulum nasional. Adapun kurikulum khas dari lembaga pendidikan adalah akhlak dan penekanan terhadap karakter.

Salah satu bentuknya adalah dengan adanya pendidikan-pendidikan non formal seperti dzikir dan lain sebagainya. Juga sering mengadakan kajian yang diisi oleh ustadz.

Terutama dibentuk dengan motivation training, dan character building. Meskipun tidak begitu kental, tapi hal ini sudah cukup bagus untuk sekolah swasta yang fokus pada kurikulum nasional.

Hingga akhirnya Perguruan Diponegoro Rawamangun menjadi salah satu sekolah favorit dan unggulan di wilayah Jakarta Timur.

PanduanTerbaik.id

Jurusan di Sekolah Diponegoro Rawamangun

Adapun untuk jenjang yang tersedia adalah SMP, SMA, dan SMK. Menurut kami cukup bagus karena fokus di jenjang anak dewasa. Nah masing-masing memiliki jurusan di mana Anda harus memilihnya.

SMA Diponegoro Jakarta

Adapun untuk SMA, memiliki peminatan pada dua jurusan utama, yaitu IPA, dan satu lagi IPS. Untuk IPA ditunjang dengan laboratorium yang memadai, sehingga pembelajaran berjalan dengan cukup baik. Apalagi ada laboratorium computer.

SMK Diponegoro Rawamangun

Sedangkan untuk SMK menyelenggarakan beberapa jurusan keahlian yang dibutuhkan masyarakat di era milenial seperti sekarang. Di antaranya adalah.

Multimedia, jurusan ini sangat diminati masyarakat karena kebutuhan terhadap media cukup tinggi. Kedua adalah Jaringan Komputer. Ini juga jurusan favorit yang dibutuhkan untuk menunjang era computer.

Terakhir adalah jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, yang mana jurusan ini seolah wajib di SMK karena kebutuhan akan sdm tata kelola perkantoran cukup tinggi di banyak perusahaan, terutama Jabodetabek.

Fasiltas Sekolah Diponegoro Jakarta Timur

Nah untuk fasilitasnya tergolong baik dan representatif. Seperti kelas menggunakan pendingin ruangan. Ada juga smart classroom. Ada pilihan kelas reguler juga. Nantinya ditopang dengan adanya e-learning dan e-library. Sehingga sumber ilmu tidak terbatas.

Ada beberapa fasilitas menarik di sekolah ini, di antaranya adalah ruang musik. Siswa yang memiliki bakat musik bisa mengembangkannya.

Kemudian masjid juga tersedia dengan baik. Tidak hanya sebagai sarana ibadah, tapi juga shalat Sunnah seperti dhuha yang diagendakan sekolah.

Pendaftaran Diponegoro Rawamangun

Nah untuk pendaftaran, sekolah ini banyak sekali jenisnya. Pertama reguler. Jalur biasa untuk mendaftar. Selanjutnya adalah jalur promosi, dari bulan Februari sampai 26 Maret, ada diskon sampai 20%. Tapi setiap jenjang ada kuotanya. Sedikit.

Kedua adalah jalur prestasi, yaitu bagi siapa saja yang memiliki peringkat 1-3, atau prestasi non akademik tiga besar tingkat kota atau kabupaten. Juga bagi siapa saja yang hafal 5 juz akan dapat diskon 15%.

Ada jalur lagi anak guru, tidak perlu dibahas ya. Yang terakhir adalah jalur alumni sekolah perguruan Diponegoro Jakarta Timur, dapat diskon 25%. Ini paling besar seperti di banyak sekolah di Indonesia.

Biaya Masuk SMP Diponegoro Rawamangun

Biaya masuk SMP Diponegoro Rawamangun yang kami cantumkan adalah di tahun 2021 2022, kalau di tahun 2023 tentu sudah berbeda.

SPP BulananRp1.100.000
Peningkatan MutuRp11.648.000
Operasional PendidikanRp5.100.000

Sehingga kalau ditotal berjumlah 17.848.000. Cukup lumayan untuk SMP di Rawamangun Jakarta Timur. Info lengkap bisa hubungi 0856 9400 1186.

Biaya Masuk SMA Diponegoro Rawamangun

Untuk biaya masuk SMA Diponegoro Rawamangun kami cantumkan dalam tabel agar lebih mudah membacanya.

SPP BulananRp1.200.000
Peningkatan MutuRp14.000.000
Operasional PendidikanRp5.250.000

Kalau ditotal biaya masuk SMA Diponegoro Rawamangun sebesar Rp20.450.000. Dalam review kami masuk di kelas sekolah swasta menengah untuk wilayah Jakarta Timur.

Biaya Masuk SMK Diponegoro Rawamangun

Justru untuk jenjang SMK tergolong lebih murah dibanding jenjang lainnya. Lengkapnya bisa dilihat melalui tabel berikut ini.

SPP BulananRp600.000
Peningkatan MutuRp7.280.000
Operasional PendidikanRp3.750.000

Kalau dijumlah semuanya maka biaya masuk SMK Diponegoro sekitar Rp11.630.000. Masih mendingan dibanding jenjang lainnya. Padahal jurusannya cukup representative.

Alamat Lengkap Perguruan Diponegoro

Adapun alamat lengkap lembaga pendidikan ini berada di Jl. Sunan Giri No.5, Kel. Rawamangun, Kec. Pulogadung, Jakarta Timur. Atau jika kebingungan bisa hubungi nomor telepon di (021) 4759164.

Info lebih valid dan lengkap bisa kunjungi website resminya di sini. Semoga rangkuman ini bermanfaat bagi Anda pencari informasi lembaga pendidikan terbaik di Indonesia.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *