Pesantren Terbaik di Banyuwangi

5 Pesantren Terbaik di Banyuwangi

Posted by

Banyuwangi merupakan kota ujung timur dari pulau Jawa. Jika Anda akan menyebrang ke Bali, pasti melewati kota Banyuwangi. Maka salah satu julukannya adalah The Sunrise of Java. Pantai mengelilingi tepian kota yang dulunya naik daun dengan isu santet.

Namun demikian Banyuwangi juga terkenal religius, salah satunya karena banyak pondok pesantren yang tersebar di kota pisang tersebut. Oleh sebab itu kami akan mengulas pondok pesantren terbaik di Banyuwangi versi panduanterbaik.id. Pertimbangan kami adalah unsur pendidikan, pengalaman pondok pesantren, dan beragam hal lainnya.

Pesantren Darul Muttaqin, Kaligung, Rogojampi

Ini adalah pesantren cabang Gontor Ponorogo. Didirikan pada tahun 1990, pesantren ini bernama Darul Muttaqin. Bagi Gontor, pesantren ini adalah cabang ke-5 untuk pondok pesantren putra. Lokasinya cukup luas, dikelilingi pedesaan dan tumbuhan hijau. Yang paling mencolok tentu masjidnya jika dilihat dari kejauhan.

Sistemnya 100% seperti Gontor. Kurikulum menggunakan KMI, yaitu kurikulum mandiri dari Gontor, tidak menginduk kepada Diknas, tidak pula, Depag. Namun dalam kurikulum tersebut pendidikan agama dan formal sudah menyatu menjadi satu. Nama Gontor yang sudah dikenal sebagai salah satu pesantren terbaik di Indonesia, menjadikan Darul Muttaqin kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Banyuwangi.

Pesantren Al Azhar, Tugung, Sempu

Ini adalah pesantren klasik, secara sejarah cukup tua, oleh sebab itu pesantren ini sudah bertahan dari masa ke masa, bahkan melewati masa penjajahan. Didirikan pada tahun 1891 oleh KH. Abbas Hasan, pesantren ini mengedepankan pendidikan khas pesantren Nahdhatul Ulama, wetonan, sorogan, dan bahsul masail. Identitasnya pun kealiman dan kesalehan kyai.  

Secara santri belum begitu banyak, santrinya mencapai 200-an. Namun untuk pesantren wilayah kota, jumlah ini sudah cukup. Dari jumlah tersebut mencakup santri putra dan santri putri.

Jangan bicara fasilitas di pesantren ini, hanya layak. Tidak lebih. Namun bicara pendidikan agama, maka pesantren ini sangat layak dipertimbangkan. Terutama untuk pendalaman kitab kuning, juga tahfidzul Quran. Polanya adalah pendidikan madrasah diniyah, ula, wustho, dan ulya, atau pendidikan awal, tengah, dan tingkat tinggi. Fokus dalam pendalaman kitab klasik inilah yang membuat kami memasukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Banyuwangi.

Pesantren Darussalam, Tegalsari, Blokagung

Ini adalah pesantren di Banyuwangi yang cukup lengkap jenjang pendidikannya. Dari TK sampai perguruan tinggi seperti layaknya Nurul Jadi Paiton, Probolinggo. Pesantren ini memiliki visi yang cukup unik, yaitu mengutip hadist, sebaik-baiknya manusia adalah yang memberi manfaat untuk orang lain.

Di pesantren ini secara pendidikan adalah pondok pesantren salaf, khas Jawa Timur dengan metode wetonan, sorogan, dan bandongan. Namun demikian dikombinasikan dengan sekolah formal. Ditambah lagi dengan adanya program tahfidz Quran, dan beberapa kajian khusus bersama kyai.

Karena kombinasi ini minat masyarakat cukup banyak. Terutama wilayah Jawa Timur, oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Banyuwangi. Kini dari data yang tersebar di Internet kami mendapatkan informasi bahwa santrinya sekitar 6000.

Pondoknya pun cukup luas, total tanahnya mencapai 8 hektar, namun yang dipakai masih sekitar 4-5 hektar. Pesantren yang didirikan KH. Ahmad Hisyam Syafa’at ini sampai memiliki 20-an asrama laki-laki dan 20-an asrama putri. Saran kami berkunjunglah agar lebih memahami kelebihan dan kekurangan pondok pesantren yang bermula dari sebuah mushala bernama Darussalam di tahun 1951.

Pesantren Ummul Qura, Tegalharjo, Glenmore

Ini adalah pondok pesantren yang tergolong tua karena didirikan pada tahun 1937 oleh KH M. Habibullah. Berawal dari kajian-kajian di desa, kemudian banyak anak-anak yang mengaji, maka berdirilah pesantren Ummul Quro. Santrinya mencapai hampir 300, dengan perbandingan santri putri lebih banyak dari santri putra.

Salah satu yang bagus dari pesantren KH. Ahmad  Khotib ini adalah mayoritas santri mukim di pesantren. Hal ini menjadikan miliu pendidikan di pesantren berjalan kental. Adapun secara pendidikan tidak jauh berbeda dengan pesantren klasik yang sudah kami sebutkan sebelumnya, sorogan, wetonan dan lain sebagainya.

Namun demikian ada beberapa ekstrakurikuler yang menarik, di antaranya adalah wirausaha, jurnalistik, publikasi dan penelitian ilmiah.

Miftahul Ulum, Bengkak, Wongsorejo

Miftahul Ulum merupakan pondok pesantren tua yang didirikan oleh KH. As’ad Syamsul Arifin Sukorejo pada tahun 1964. Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan cukup banyak, mulai dari Raudhatul Athfal hingga Sekolah Tinggi yang berafiliasi dengan STIA Ibrahimy.

Nuansa pendidikan hampir sama, menggunakan pola pesantren klasik dengan adanya pendidikan formal dan pesantren bersama kyai. Namun yang menurut kami istimewa adalah, sering hadirnya tamu-tamu undangan besar di pesantren yang dipimpin oleh KH. Moh. Hayatul Ikhsan. Contoh Menteri Pudji Astuti, juga Sandiaga Uno. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Banyuwangi.

Inilah beberapa pesantren terbaik di banyuwangi versi panduanterbaik.id, jika ada kurang lengkap data bisa dimasukkan di kolom komentar. Bahkan jika ada usul pesantren terbaik lainnya bisa juga dimasukkan ke dalam kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *