Sekolah Islam Terbaik di Jawa Timur

Posted by

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan berjubel sekolah Islam favorit. Namun demikian, hanya ada beberapa sekolah yang benar-benar kami rekomendasikan sebagai sekolah Islam terbaik di wilayah Jawa Timur. Dasar penilaian kami adalah Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN), kredibilitas sekolah, dan prestasi.

1. Al Hikmah Boarding School, Batu

Al Hikmah Boarding School, Batu memiliki induk yayasan di Surabaya. Yayasan ini mengelola al Hikmah Surabaya dengan prestasi di antaranya menjadi sekolah rujukan dalam pengembangan pendidikan dan standar mutu ditunjuk oleh kemendikbud pada dua tahun berturut-turut, 2016-2017. Siswanya memiliki prestasi di antaranya mendapatkan Bronze Priza di Kejuaraan Matematika tingkat Asia, bahkan salah satu alumni mudanya sudah berbicara di sidang umum PBB dan mendapatkan penghargaan Diplomacy Award. Al Hikmah Boarding School adalah sekolah bertaraf internasional.

Al Hikmah Boarding School memiliki kelebihan pada aspek kurikulum yang menyediakan konsep self directed learning, yaitu sebuah kurikulum yang menjadikan siswa memiliki kemampuan belajar mandiri yang tinggi dan memiliki jiwa adaptif di semua keadaan perubahan cepat masa depan. Konsep ini menjadikan potensi akademik siswa lebih teridentifikasi lebih dini dan mendapatkan pendampingan khusus dari awal. Caranya, sebelum siswa masuk, akan diadakan wawancara potensi akademik beserta orangtua, oleh psikolog, guru akademik, dll. Dari awal itulah nantinya peserta didik bisa langsung teridentifikasi potensinya dan diadakan kesepakatan ingin diarahkan ke mana. Seandainya, mau jadi dokter, sudah diarahkan dari awal masuk.

Program tahfidznya juga berbeda, hafalan juz 30 dan surat al Baqarah serta surat pilihan seperti yasin dan lain sebagainya. Yang membuat berbeda adalah kewajiban pemahaman atas tafsirnya, sehingga boarding school yang dimulai pembangunannya pada tahun 2015 ini menghasilkan siswa yang memiliki kemandirian belajar, dan berwawasan bekal keagamaan yang melebihi dari sekadar cukup. Rasio guru dan siswa adalah 1:5

  1. Darul Hikam, Mojokerto

Darul Hikam Mojokerto sebenarnya adalah pondok pesantren. Namun demikian, pondok pesantren ini justru memiliki sekolah SMP dan SMA unggulan, bukan Aliyah dan Tsanawiyah seperti umumnya pondok pesantren.

Terletak di Kecamatan Puri Mojokerto, sekolah ini tergolong tidak begitu besar. Namun pola pendidikan yang diterapkan cukup bagus terutama berkaitan dengan pemilahan siswa pada minat dan bakat lebih dini. Jika ingin fokus pada olimpiade, maka ada khusus bimbingan intensif untuk olimpiade. Jika ingin robotic, maka ada bimbingan khusus robotic. Oleh sebab itu prestasi sekolah ini bisa menjuarai perlombaan Robotic di Osaka Jepang pada tahun 2017, dan juara tiga lomba sains tingkat nasional pada tahun 2016.

Menurut kami, faktor yang sangat menentukan adalah pola pembinaan boarding ala pondok pesantren yang dipadukan dengan sistem tahfidz. Sehingga pengasahan kecerdasan bersifat religius dan disentuh melalui bimbingan-bimbingan terpadu.

Satu hal lagi yang menjadikan Darul Hikam Mojokerto kami masukkan sebagai sekolah terbaik adalah, penekanan siswa terhadap adab. Kalau diketahui melakukan kesalahan besar, akan dilakukan terapi akhlaq, melalui proses perbaikan di pondok terdekat dengan fasilitas yang lebih minim dan pendidikan agama yang lebih banyak. Sehingga menghasilkan siswa yang tidak hanya cerdas, tapi juga berakhlaq mulia.

  1. Darul Ulum 2 Jombang

Di dunia pondok pesantren, nama Darul Ulum tidaklah asing. Darul Ulum merupakan salah satu pesantren terbesar dan salah satu yang tergolong tertua. Sehingga Aliyah di Pondok Darul Ulum benar-benar adaptif dengan dunia pesantren. Oleh sebab itu jika ingin pondok pesantren dengan sekolah aliyah cukup baik, Darul Ulum Jombang patut menjadi pilihan. Pondok Darul Ulum khas seperti pondok-pondok NU lainnya, mengkaji kitab kuning, dll.

Yang menjadi luar biasa di Sekolah Aliyah Darul Ulum adalah kurikulumnya yang merujuk kepada tiga kurikulum sekaligus, Pondok Pesantren, Nasional, dan kurikulum Cambridge. Bagi kami, adanya tiga kurikulum menjadi kekurangan, tapi kenyataannya, bagi orangtua, ini merupakan sebuah kelebihan. Efek positifnya tentu saja siswa akan mendapatkan Ijazah Pondok Pesantren, Ijazah Umum Nasional, dan Sertifikat Cambridge yang memungkinkan untuk meneruskan ke jenjang lebih tinggi di luar negeri. Bahkan Darul Ulum Jombang menjadi salah satu Centre International Cambridge yang ada di Indonesia. Meskipun pada akhirnya siswa lebih fokus kepada sekolah aliyah daripada pondok pesantren itu sendiri, namun Darul Ulum pantas menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan sekolah dengan nilai lebih pada aspek pendidikan pesantren.

4. MAN 3 Malang

MAN 3 Malang terletak di jalan Bandung 7 kota Malang. Sekolah tingkat menengah yang satu ini diselenggarakan oleh Kementrian Agama. Patut diakui, bahwa MAN 3 menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Timur karena input siswanya unggul. Sekolah yang sudah mendapatkan banyak prestasi nasional ini selalu menjadi rebutan dari para juara di sekolah Jawa Timur. Efeknya, di dalamnya terdapat kumpulan siswa-siswa yang bermental juara. Untuk wilayah Jawa Timur, siswanya sering masuk nominator terbaik. Apalagi untuk wilayah Malang. Alumninya juga banyak yang tersebar dan masuk di beberapa universitas terbaik di Indonesia, sehingga banyak yang mengincar masuk di sekolah ini.

Identitas keislaman di dalamnya juga cukup kental. Bahkan sarana prasarana untuk putra dan putri dipisah. Sehingga tidak terjadi percampuran yang mengakibatkan hal-hal negatif. Apalagi tersedia asrama untuk siswa yang menginginkan sekaligus menjadi santri. Sehingga pendidikan agama dan karakter bisa dipantau. Bahkan tersedia pendidikan bagi yang ingin tahfidz. Hal inilah yang menjadikan MAN 3 Malang menjadi salah satu yang terbaik di wilayah Jawa Timur.

 

Share This:

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *