pesantren terbaik di Surabaya

6 Pesantren Terbaik di Surabaya

Posted by

Surabaya lebih dikenal sebagai kota bisnis daripada kota pendidikan, apalagi kota pesantren. Surabaya memang salah satu kota terbesar di Indonesia selain Jakarta, Bandung, Medan, dan lain sebagainya. Namun demikian, Surabaya juga memiliki banyak pesantren yang berada di dalam wilayah Surabaya itu sendiri.

Tim kami merangkum beberapa pesantren terbaik di Surabaya. Kami merangkum berdasarkan pengalaman kami berkunjung, mengetahui informasi dari kerabat, dan kepopulerannya.

Tahfidz Quran Sulaimaniya, Kendangsari

Pesantren terbaik di Surabaya yang kami pilih pertama kali adalah pesantren tahfidz Quran Sulaymaniya. Pesantren ini merupakan afiliasi dari Turki. Sehingga pasti ada orang Turki di dalamnya, atau pengurus yang bisa berbahasa Turki.

Tahfidz Quran Sulaymaniya memang unik. Pesantren ini memiliki metode yang benar-benar berbeda dibandingkan dengan pesantren tahfidz pada umumnya. Hadir dari negara berbeda maka menggunakan metode Turki Usmani. Metode ini memang berasal dari Turki.

Caranya menghafal dari halaman paling belakang di dalam satu juz al Quran. Halaman dua puluh juz satu, halaman dua puluh juz dua, sampai juz tiga puluh. Halaman selanjutnya adalah 19 dari juz satu. Begitu seterusnya. Dengan metode ini hafalan menjadi sangat kuat, dan mutqin. Tapi jika Anda menghafal sendiri, jangan pakai metode ini ya, karena cukup sulit.

Dengan cara demikian, siswa mampu menghafal Quran hanya dalam waktu 1-2 tahun saja. Artinya cukup cepat.

Namun demikian, tidak sembarangan bisa masuk pesantren ini. Seleksinya cukup ketat, karena memang gratis. Seleksinya dikerjasamakan dengan Depag. Usia maksimal yang boleh masuk hanya 19 tahun. Harus punya ijazah tsanawiyah, sudah punya hafalan juz 30. Lengkap informasinya di sini.

Istimewa lagi adalah siswa di pesantren ini punya kemungkinan besar melanjutkan studi di Turki jika sudah menghafal. Ada beasiswa. Maka kami tidak ragu memasukkannya ke dalam salah satu pesantren terbaik di Surabaya.

Komplek Pesantren Ndresmo, Jagir.

Kalau Anda tahu stasiun Wonokromo, maka tidak jauh dari situ ada satu komplek pesantren besar sekali, Ndresmo. Pesantren ini sangat legendaris di Surabaya, dan memang pesantren cukup besar. Meskipun bukan pesantren tunggal, yaitu kumpulan dari beberapa pesantren, tapi Ndresmo merupakan salah satu pesantren terbaik di Surabaya.

Nama Ndresmo sangat berkaitan dengan sejarah. Aslinnya Nderesmo, yang terambil dari Nderes wong limo, atau lima orang yang mengaji. Awalnya memang hanya lima orang yang mengaji dengan kyai. Pada akhirnya justru berkembang seperti sekarang.

Ketika kami wawancara dengan Gus yang ada di dalamnya, ia menjelaskan bahwa dulu adalah kumpulan orang yang mengaji dan membantu kyai. Hanya ingin itu saja, semoga nantinya didoakan oleh kyai ketika sudah keluar dari pesantren. Faktanya, alumni dulu dari Ndresmo memang banyak yang menjadi pedagang sukses.

Kini dua puluhan pesantren di komplek itu sudah banyak yang bermetamorfosis menyesuaikan zaman. Ada pendidikan formalnya. Sehingga pagi, sore, dan malam mengaji, mondok, sedangkan pagi hingga siang sekolah.

Secara pendidikan, pesantren ini sangat kental dengan nuansa pesantren klasik, seperti Sidogiri dan Langitan. Ngajinya menggunakan metode sorogan dan bandongan. Sehingga suasana yang terpancar pun kental dengan nuansa pesantren klasik. Hanya saja ini di tengah kota, sehingga pastinya memiliki perbedaan dengan yang ada di desa.

Namun demikian karena sejarah, dan daya tahan pesantren ini, juga antusiasme santri yang cukup banyak, maka pesantren ini kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Surabaya.

Hidayatullah, Keputih

Ini adalah pesantren dari ormas besar Hidayatullah, berpusat di Balikpapan. Pesantren Hidayatullah yang ada di Surabaya ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Surabaya. Keberadaannya di tengah-tengah kota, di dekat ITS menjadikan Hidayatullah menjadi perhatian besar.

Pilihannya hanya dua, full boarding school, atau takhassus. Kalau full boarding school artinya pendidikan umum yang kuat,pendidikan agama lebih memiliki porsi. Sedangkan tahfidznya setahun 2 juz. Adapun kalau takhassus, maksudnya adalah khusus menghafal Quran. Sekolahnya hanya satu hari, sedangkan hari lain hanya untuk menghafal Quran.

Sayangnya, untuk ukuran pesantren, Hidayatullah memiliki biaya yang tergolong cukup besar. Apalagi jika dibandingkan dengan pesantren lain yang dibahas. Biayanya Rp. 26.000.000, jutaan (2019).

Oleh sebab itu Hidayatullah cenderung banyak diketahui sebagai boarding school, yaitu pendidikan formal yang berbasis asrama. Yang diunggulkan, pendidikan sains, IPA dan IPS yang lebih ditekankan, dengan keunggulan berasrama

Namun demikian, Hidayatullah adalah salah satu pesantren terbaik di Surabaya.

Amanatul Ummah, Siwalankerto

Amanatul Ummah adalah pesantren yang berbasis Nahdlatul Ulama. Sangat jelas dari amaliyah harian yang dimiliki. Seperti dzikir-dzikir, atau shalawat yang menghiasi setiap hari. Bahkan ketika kami mampir ke pesantren yang di Surabaya, sebelum masuk kelas juga ada amalan khusus, istighasah.

Amanatul ummah sebenarnya memiliki pesantren lain, di Pacet Mojokerto. Keduanya satu induk. Pesantren ini juga memiliki gaya lebih dekat dengan boarding school. Tandanya, porsi pendidikan formal jauh lebih dikedepankan. Bisa dilihat dari jadwal kegiatan, hanya memiliki waktu untuk kegiatan belajar mengajar mu’adalah 18.15-20.30. Tidak terlalu banyak.  

Ketika ada pemilihan gubernur, pesantren ini terang-terangan mendukung Khafifah dan beredar di banyak media online. Artinya memang benar-benar ini pesantren bernuansa Nahdlatul Ulama.

Amanatul Ummah banyak dikenal karena siswanya cukup banyak yang berprestasi. Baik skala lokal, maupun nasional. Hal ini pula yang menjadikan Amanatul Ummah banyak diminati dan memiliki santri yang cukup banyak. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Surabaya.  

Sulaymaniya Surabaya

Ponpes As Salafi Fitrah, Kedinding

As Salafi yang dimaksud bukanlah klasik, namun mengedepankan kepada kembali ajaran-ajaran sunnah yang diajarkan oleh rasul. Jika sering mendengar kata salafi, maka pesantren ini pun memang memiliki tujuan demikian.

Namun pesantren Salafi yang satu ini juga terbuka dengan dunia modern. Pendidikan umum ada di pesantren ini sejak 1998. Bahkan upacara pun digelar meski menggunakan jubah putih bagi semua pesertanya.

Porsi kurikulumnya 70% agama, 30% umum. Jika dibandingkan dengan Hidayatullah atau Amanatul Ummah, dalam sudut pandang kami, pesantren al Fitrah jauh lebih banyak porsi agamanya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Surabaya.

Yang unik adalah, biasanya Salafi berseberangan dengan ajaran NU. Tapi pesantren As Salafi Al Fitrah justru mengamalkan tahlil pukul 5.00, seperti pesantren NU di Jawa Timur umumnya. Pola pendidikan belajar kitab pun menggunakan pola sorogan. Bahkan malam jum’at ada kegiatan ziarah ke makam pendiri pesantren. Oleh sebab itu pesantren ini cukup banyak yang menerima meskipun dengan nama salafi. Maka kami tidak ragu menjadikannya sebagai pesantren terbaik di Surabaya.

Usulan Pesantren Terbaik di Surabaya

Jika pembaca memiliki usulan pesantren terbaik di Surabaya lainnya, atau ada tambahan informasi, bahkan ada yang kurang sesuai, bisa dicantumkan di kolom komentar agar kami bisa revisi.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *