6 Masjid Terbaik di Indonesia

Posted by

Jika Anda penggemar masjid dengan segala keistimewaannya, Anda tidak boleh melewatkan beberapa masjid yang kami sebutkan. Bukan yang terindah, bagi kami masjid-masjid ini memiliki kegiatan yang bagus sehingga menjadi salah satu destinasi kegiatan masjid di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan juga Jawa Barat. Berikut beberapa masjid terbaik di Indonesia.

  1. Istiqlal, Jakarta

Masjid istiqlal adalah masjid Jakarta yang menjadi simbol Islam di Indonesia. Secara keindahan, masjid yang berada di jantung kota, tepatnya di dekat monument nasional, monas ini cukup menarik perhatian. Disainnya benar-benar tidak termakan zaman. Masjid ini tentu saja masuk sebagai salah satu masjid terbaik terutama karena menjadi pusat kegiatan keislaman di Indoneisa. Daya tampungnya saja 200.000 jama’ah. Masjid ini pada akhirnya menjadi salah satu destinasi religi di Indonesia.

  1. Al Falah, Surabaya

Pada tahun 1970-an, masjid Al Falah Surabaya adalah awal mula pergerakan Islam di wilayah timur untuk wilayah perkotaan. Masjid ini menjadi magnet pada aspek kegiatannya. Hampir setiap waktu tidak pernah lengang dari yang namanya kegiatan. Ruang-ruang kecil untuk kajian bertebaran di sekitar komplek masjid.

Bahkan di waktu pagi hingga siang ada pembelajaran Quran untuk lansia. Selepas magrib ada kegiatan kajian yang beragam. Meskipun demikian secara bangunan bisa dikatakan sangat biasa, bahkan tergolong model tua. Kelebihan utamanya hanya kegiatan yang sangat semarak. Masjid Jogokarian, Masjid Namira menurut ta’mir masjidnya juga belajar dari masjid Al Falah Surabaya. Sehingga kami masukkan sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

  1. Salman, Bandung

Menurut kami masjid Salman ITB adalah masjid percontohan untuk kampus-kampus. Bagaimana masjid mewarnai kampus maka mencontoh masjid Salman ITB. Intelektual yang tinggi harus dibarengi dengan unsur spiritual yang baik, begitulah kiranya prinsip yang terpancar dari setiap kegiatan. Bahkan, informasi dari Ir. Abdulkadir Baraja sebagai salah satu tokoh Islam di Surabaya menyampaikan, bahwa masjid Al Falah berkaca kepada masjid Salman ITB.

Kegiatan di Masjid ini memang cukup luar biasa semarak. Tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga untuk remaja yang ingin mencari pendamping hidup pun disediakan pendampingan di masjid ini. Kegiatan seperti diskusi juga sangat ramai, sehingga pelatarannya ramai digunakan sebagai kegiatan. Oleh sebab itu seperti kajian dan lain sebagainya menjadi hal yang sangat sering dijumpai.

  1. Jogokarian, Jogjakarta

Jika berbicara masjid terbaik saat ini, era 2010-an, maka Jogokariyan adalah salah satu masjid terbaik. Masjid di wilayah Jogja ini sebenarnya tidak indah. Besar juga tidak. Bahkan kalau dibandingkan dengan semua masjid yang kami sebutkan di sini tergolong kecil. Hanya saja kegiatannya yang menjadikan masjid ini cukup besar.

Masjid ini jama’ahnya memiliki komposisi sama dengan antara shalat subuh, magrib, isya, dan shalat lainnya. Istimewanya lagi adalah, masjid ini memiliki daya untuk mengangkat masyarakat sekitar dengan program-program kemandirian. Beras untuk jama’ah, kemudian mukenah untuk yang belum shalat. Sehingga kini masjid yang diasuh oleh ust. Jazir ini menjadi kiblat dari banyak masjid dari aspek kegiatan di Indonesia. Kalau sudah datang bulan Ramadhan, kampung Jogokarian menjadi semarak seperti pasar Ramadhan, semua justru karena masjid.

  1. Namira, Lamongan

Dari keindahan, Masjid ini memang cukup bagus. Yang menarik dari masjid ini adalah kerelaan pengelola agar bisa menyatu dengan masyarakat. Bahkan jika di tempat lain tidur di masjid di larang, di masjid ini justru dipersilakan dengan beberapa ketentuan. Sehingga masjid ini pun menjadi rumah bagi yang melewatinya.

Yang menjadi prinsip bagus dari Namira dan harus ditiru adalah, bagaimana masjid ini memiliki prinsip bahwa saldo yang masuk harus segera dikeluarkan untuk kemakmuran jama’ah itu sendiri. Kegiatan seperti kajian dan pengajian tentu banyak.

Meskipun prinsip saldo segera dikeluarkan juga terinspirasi dari masjid lain, namun aplikasi dari masjid ini cukup baik. Oleh sebab itu salah satu indikator keberhasilan masjid ini adalah, pengunjung yang mencapai angka 2000, mereka merasakan kenyamanan tinggi. Bahkan ac di dalam masjid tidak pernah dimatikan total. Saran saya, Anda harus mampir di masjid di Lamongan ini.

  1. Sunda Kelapa, Jakarta

Meskipun sebagai simbol di Ibu Kota adalah masjid Istiqlal, namun secara aktivitas, bisa dikatakan kegiatan Islam cukup banyak dilakukan oleh masjid Sunda Kelapa. Masjid ini tempat nongkrong tokoh-tokoh besar. Tengok saja bagaimana Anies Baswedan justru sowan ke masjid yang berdiri pada tahun 1970-an sebelum ke istana.

Bisa dikatakan yang istimewa dari masjid Sunda Kelapa adalah kedudukan pentingnya dalam peta dakwah di ibukota. Dai, pendampingan muallaf dilakukan dengan intensif di masjid yang dibangun pada masa Ali Sadikin. Meskipun bangunan tak seindah istiqlal, tapi bisa dikatakan, pengaruhnya cukup besar untuk wilayah Jakarta. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu masjid terbaik di Indonesia.

Inilah beberapa masjid terbaik di Indonesia yang bisa menjadi rujukan. Semoga bisa menjadi destinasi bagi Anda yang ingin membangun masjid tidak hanya dari segi keindahan saja, tapi kegiatannya juga yang terbaik di antara lainnya.

Jika ada yang usul masjid lainnya, bisa dicantumkan di komentar, untuk selanjutnya kami analisa.

 

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *