UIII Depok dari Keistimewaan hingga Biaya Kuliah Terkini

Posted by

UIII Depok atau yang dikenal dengan Universitas Islam Internasional Indonesia merupakan salah satu proyek besar negara yang didirikan pada tahun 2021 di atas lahan seluas 142,5 hektar. Wow. Kampus ini memiliki bangunan yang futuristic.

Oleh sebab itu kami akan mengulas informasi penting tentang kampus Islam Negeri tersebut dengan cara merangkum dari website, brosur, dan dari sumber lainnya. Di antaranya adalah jurusan, dan biaya kuliah.

UIII Depok

Universitas Internasional Indonesia adalah perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN BH). Kampus ini dari awal difokuskan sebagai kampus masa depan untuk mahasiswa dalam dan luar negeri dengan fokus pada aspek keislaman.

Salah satu tujuannya adalah sebagai pusat kajian dan penelitian peradaban Islam Indonesia mengingat nusantara merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim yang terbesar di dunia. Rektornya adalah Prof. Dr. Komaruddin Hidayat.

UIII Depok

Yang menarik dari UIII Depok adalah di tahun 2021, atau tahun pertama, komposisi mahasiswanya berjumlah 34% dari luar negeri mulai dari Kanada, Arab Saudi, bahkan Singapura dan Malaysia. Sisanya adalah dalam negeri.

Program Magister dan Doktoral

Adapun program pembelajarannya adalah khusus magister dan doktoral. Tidak seperti kampus-kampus lain yang memiliki jenjang sarjan S1. Di sini hanya menyediakan S2 dan S3 dengan gelar MA dan Ph.D. Fakultas yang tersedia adalah sebagai berikut.

Islamic studies

Yang akan dipelajari adalah nilai-nilai universal dari Islam dengan cara menggali sumber-sumber dari Islam atau dari prespektif di luar Islam.

Social Sciences

Di antara konsentrasi dari pada Social Sciences adalah sosiologi, ilmu politik, psikologi, hingga antropologi. Bisa dikatakan sangat sangat lengkap.

Economics and Business

DI antara fokusnya adalah ekonomi Islam, ekonomi digital, finansial dan perbankan, juga bisnis digital yang kini merebak dan menjadi pusat perhatian dunia.

Education Faculty

Bidang yang akan dipelajari adalah sejarah pendidikan, falsafah pendidikan, sosiologi dan antropologi pendidikan. Bisa dikatakan cukup mendalam sekali.

Syarat Mahasiswa S2 dan S3

Berasal dari lulusan perguruan tinggi (S1) yang sudah terakreditasi dengan nilai minimum 3.0 pada skala maksimal adalah 4.0. Sedangkan untuk program doktoral, mahasiswa berasal dari perguruan tinggi akreditasi dengan nilai minimum (GPA) di 3.5 dari angka maksimal 4.0

Syarat lain adalah sebagai berikut,

  • Memiliki jejak aktivitas sosial yang bagus.
  • Memiliki jiwa leadership dan latar belakang akademik yang bagus.
  • Mahasiswa harus menjadi full time student
  • Memiliki nilai minimum bahasa IELTs atau TOEFL yang tertera di bawah
  • Jika mahasiswa dalam Islamic Studies harus memiliki nilai minimum TOEIC
  • Khusus untuk program Ph.D. harus memiliki proposal untuk desertasi dan mengumpulkan contoh penelitian, paper yang sesuai dengan bidang yang akan dituju dan sudah terpublikasi di jurnal akademik.

Baca: Ternyata Biaya Kedokteran UIN Tidak Mahal

Syarat Proposal Doktoral

Untuk proposal doktoral harus ditulis dengan bahasa inggris di antara 4000-5000 kata. Sekitar 15 halaman. Di dalamnya harus memiliki beberapa unsur berikut

  • Judul atau topic
  • Latar belakang
  • Tujuan penelitian
  • Pertanyaan untuk apa penelitian baik general atau specific
  • Metodologi penelitian
  • Review literatur
  • Harapan kontribusi penelitian
  • Referensi

Persyaratan Bahasa

TOEFL IBT79-80
TOEFL ITP/PBT550
IELTS6.5
TOEIC750-800

Angka di atas adalah nilai minimum untuk bahasa inggris dan bahasa arab bagi yang menempuh pendidikan Islamic Studies di UIII Depok.

Program Beasiswa UIII Depok

Untuk mahasiswa beasiswa, maka hanya diperbolehkan bagi usia di bawah 35 tahun untuk master, dan di bawah 40 tahun untuk program doktoral. Juga tidak sedang melakukan studi atau double degree, atau menerima beasiswa pada saat pendaftaran.

Untuk mahasiswa internasional, ada tambahan tidak ada masalah untuk masuk Indonesia karena visa, kesehatan, dan lain sebagainya.

Benefit Beasiswa UIII Depok

Jika mendapatkan beasiswa, maka beberapa yang dibiayai adalah visa dan izin untuk mahaiswa internasional. Kemudian tiket ekonomi ke bandara Soekarno Hatta (one way), baik ke UIII atau kembali domisili.

Berikutnya untuk beasiswa akan mendapatkan tuition fees untuk dua tahun akademi (master) atau empat tahun untuk program doktoral sekaligus biaya bulanan. Ada juga asuransi kesehatan, uang untuk tinggal dan uang saku buku.

Lebih lengkap tentang beasiswa bisa ke kampus saja. Karena persyaratannya dan apa yang didapatkan bisa lebih detil dan valid.   

Pemberi Rekomendasi

Ada satu tahap yang harus dilewati dan sangat penting. Pihak UIII Depok mewajibkan kepada mahasiswa untuk menyertakan dua surat rekomendasi ketika mendaftar. Di mana pemberi rekomendasi akan dihubungi via email dan harus merespon.

Untuk yang bisa jadi referensi adalah mereka yang bisa mengetahui seluk beluk pendaftar baik secara akademik maupun non akademik. Jadi keseluruhan, bahkan skil dalam leadership dan networking pendaftar tersebut.

Waktu Pendaftaran UII

Untuk waktu pendaftaran terakhir di 30 Juni 2022 pukul 23.59 regional Jakarta, UTC + 7. Untuk biaya pendaftaran sebesar USD $50. Nantinya siswa akan dikabari tentang pendaftaran paling lambat pada akhir Juli.

Biaya Kuliah UIII Depok

Untuk biaya ada konversi dolar jika dari luar negeri. Jumlah dolar yang tercantum adalah sesuai dengan waktu pembuatan brosur. Biaya yang tercantum adalah estimasi tuition cost setiap satu semester.

  • Biaya S2 UIII Depok Rp25.000.000 (USD $1,725)
  • Biaya S3 UIII Depok Rp30.000.000 (USD $2,125)

Alamat Lengkap

Alamat lengkap kampus berada di Jalan Raga Bogor KM. 33.5, Cisalak, Sukmajaya, Depok. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan.

Untuk informasi lebih lengkap, valid, dan update langsung kunjungi saja website resminya di https://uiii.ac.id/, atau bisa bertanya kepada panitia di Muammar Kadafi (+62 812 8388 9454). Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *