Pesantren BUQ Demak | Hafalan Quran Beragam Usia

Posted by

Pesantren BUQ Demak dikenal sebagai salah satu pondok pesantren cukup mashur, di Jawa Tengah. Pesantren ini memiliki banyak santri dari beragam usia. Inilah yang menarik. Ada anak-anak di pondok pesantren ini.

Oleh sebab itu kami sangat tertarik untuk mengulas lebih jauh tentang pondok pesantren BUQ Demak, berdasarkan dari salah satu skripsi IAIN Walisongo Semarang yang dikerjakan pada tahun 2009. Semoga bermanfaat.

Pesantren BUQ Demak

Nama sebenarnya adalah pondok pesantren Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Betengan Demak. Namun orang lebih mudah menyebutnya dengan singkatan BUQ Demak. Berdiri pada tahun 1936, ponpes di Demak ini tergolong salah satu yang tertua.

Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa pesantren yang satu ini fokus dalam tahfidz Quran. Wilayah Demak, Kudus, dan sekitarnya memang dikenal sebagai wilayah penghafal Quran dan berkualitas.

pesantren BUQ Demak

Secara sejarah, pesantren ini erat dengan Krapyak Yogyakarta, juga pesantren Tremas Pacitan. Bahkan pendiri, R. Muhammad, pernah belajar hingga empat tahun di pesantren Krapyak yang dikenal sebagai salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik.

Pendidikan di Pesantren BUQ Demak

Pendidikan di pesantren ini memiliki banyak jenis namun semua fokus pada pendidikan diniyyah dan Al Quran. Mulai dari TPQ dan TPA. Kemudian ada madrasah diniyyah yang mengkaji kitab kuning, sehingga santri bisa memahami Islam dengan mendalam.

Ada program ta’limul Quran bin nadhor, yaitu seperti mengaji. Ada juga program tahfidz Quran, ini yang cukup identik dengan pesantren BUQ Demak. Masih ada lagi program Qira’atus Sab’ah, yaitu tujuh cara membaca Al Quran.

Jika dilihat dari pendidikan yang dihadirkan, ratar-rata adalah aspek lengkap Al Quran. Hal ini sesuai dengan tujuan utama pesantren BUQ Demak, yaitu mencetak hafidz dan hafidzah sebagai penjaga kemurnian Al Quran Al Karim.

Program Tahfidz Quran

Untuk melihat kualitas pendidikan Al Quran, maka kita perhatikan program tahfidz yang dijalankan. Metode yang pertama adalah talaqqi, yaitu tatap muka langsung dengan ustadz. Santri membaca, guru memperbaiki. Setiap hari dua kali, selepas shubuh dan ashar.

Kedua adalah sema’an, arti sebenarnya adalah mendengar. Yaitu santri menghafal kemudian yang lain akan menyimak dan membetulkan hafalan jika ada yang keliru. Minimal satu juz dalam satu kali tatap muka. Ini juga dua kali sehari, 09:30 dan selepas isya.

Ketiga adalah halaqah sema’an, yaitu kelompok yang terdiri dari empat orang. Anggotanya memiliki kelompok yang berimbang. Satu minggu dua kali, yaitu Selasa dan Jum’at dari selepas subuh hingga pukul 07:00. Satu kali pertemuan 2.5 juz.

Nantinya ada sema’an lagi yang lebih besar. Yaitu lima juz dalam satu kelompok. Kegiatan dalam tahfidz Quran yang teratur inilah salah satu alasan mengapa tahfidz Quran di pesantren BUQ Demak berjalan dengan baik.

Santri dan Kegiatan

Ada beberapa kegiatan yang identik di pesantren ini, seperti pembacaan maulid di Kamis malam. Ada juga shalat ghaib di Kamis pagi. Nantinya Kamis sore ziarah ke makam pendiri. Juga ada pembacaan manaqib di hari Senin.

Yang rutin adalah baca kitab setiap Senin malam, Selasa pagi, Jum’at pagi dan siang. Ada juga shalawat nariyah. Menurut kami dari kegiatannya, ini khas pesantren NU di Jawa Tengah, inilah salah satu alasan Pesantren BUQ Demak menjadi favorit mayarakat.

PanduanTerbaik.id

Pondok pesantren ini santri putrinya saja di tahun 2018 sudah mencapai 700-an, belum putra. Bahkan sekali khataman tahfidz Al Quran, santri yang khatam 30 juz mencapai 221 pada tahun 2020. Jadi sangat banyak sekali. Sumber.

Pendaftaran dan Biaya

Bagi yang ingin masuk ke pesantren ini, lebih baik datang langsung untuk mendaftar ke wilayah pesantren. Namun yang pasti pesantren ini untuk yang ingin menghafal dan ngaji kitab. Bisa untuk lulusan SD, SMP, SMA, bahkan ada yang kuliah.

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi biaya masuk, atau brosur, dan informasi detil terkait pendaftaran. Maka bagi Anda yang ingin mondok di pesantren BUQ Demak, silaturahim saja terlebih dahulu.

Bagi yang menginginkan pesantren lain di Demak bisa klik link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Adapun alamat lengkapnya berada di Jl. Sunan Kalijaga No.35, Tanubayan, Bintoro, Kecamatan Demak. Atau bisa ikuti link Google Maps yang kami sediakan di bawah ini. Tinggal klik saja.

Jika ingin komunikasi terlebih dahulu dengan pihak pesantren bisa hubungi nomor  (0291) 685802. Semoga informasi tentang pesantren BUQ Demak bermanfaat bagi siapa saja yang ingin menghafal Al Quran.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *