MBS Prambanan Klaten | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

MBS Prambanan Klaten merupakan lembaga pendidikan untuk putra – putri dengan lokasi yang terpisah. Di wilayah Jawa Tengah pesantren Muhammadiyah ini cukup terkenal.

Berikut ini kami rangkumkan serba – serbi informasi penting mengenai MBS Prambanan. Di antaranya yang kami bahas profil pondok, kurikulum pendidikan, program unggulan, hingga biaya masuk.

MBS Prambanan Klaten

MBS Prambanan Klaten masih terhitung pondok pesantren baru. Berdiri pada tahun 2014, pondok ini merupakan pengembangan dari SMP Muhammadiyah 17 Prambanan yang pada akhirnya berubah nama menjadi SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan.

MBS Prambanan Klaten adalah pondok modern, di mana para santri berada di dalam pondok dan diawasi penuh 24 jam oleh ustadz dan pembina asrama. Dan juga pondok ini sudah dilengkapi satu unit pendidikan formal di dalamnya (SMP) untuk mendukung intelektual santri.

MBS Prambanan Klaten

Pendidikan di Pesantren MBS Prambanan

Pesantren MBS Prambanan mengadopsi kurikulum kemendikbud yang berbasis kurikulum 2013 dan mengkolaborasikannya dengan kurikulum khas pesantren modern.

MBS Prambanan pun sudah terakreditasi A, yang berarti baik metode dan kurikulum pendidikannya sudah baik. Sudah sesuai dengan standar nasional.

Tahfidz 3 Juz dan Bahasa Arab

Yang menjadi highlight MBS Prambanan Klaten adalah program tahfidz 3 juz al qur’an dengan terjemahannya. Tidak muluk – muluk, pihak pondok tidak memaksakan para santrinya untuk memiliki hafalan yang banyak.

Yang ditargetkan dalam program ini adalah santri mampu menghafal ayat demi ayat al qur’an dengan hati, baik dan benar pelafalannya dan mampu mengamalkannya hafalannya dalam kehidupan sehari – hari. Untuk masalah kuantitas nanti bisa diikuti. Waah.

Selain itu, pembiasaan berbahasa arab menjadi salah satu program unggulan lain yang ditawarkan Pesantren MBS Prambanan. Dengan harapan pembudayaan berbahasa asing bisa diaplikasikan sehari-hari dalam lingkungan pondok pesantren.

Ekstrakulikuler Ponpes MBS Klaten

Kegiatan ekstrakulikuler di Ponpes MBS Prambanan sendiri dibagi menjadi dua jenis. Ada eskul wajib yakni tapak suci dan hizbul wathan, juga eskul lain yang bisa dipilih oleh santri.

Dari arabic club, english club, tahfidz club, tafsir club, renang, futsal, badminton, panahan, robotika, hingga gubuk seni untuk mendongkrak kreatifitas para santri nih.

Dan bagi santri yang ingin melatih jiwa kepimpinannya bisa mengikuti program pembinaan leadership melalui organisasi ortom muhammadiyah lho, tepatnya Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau IPM. Seru!

Keseharian di Pesantren Muhammadiyah Klaten

Kegiatan harian santri MBS Prambanan Klaten dimulai dari bangun pagi untuk sholat tahajjud dan tadarus, kemudian sholat subuh lalu menghafal Al Quran hingga murajaah hafalan sampai pukul 6 pagi.

Sebelum masuk kelas ada kegiatan muhadatsah (percakapan bahasa arab – inggris), belajar pagi sampai masuk waktu sholat dzuhur. Kemudian setelah sholat dzuhur, santri kembali murajaah surat pilihan bersama, makan siang, dan kembali masuk kelas untuk mengikuti pelajaran siang.

Bagaimana dengan kegiatan sore hari? Jawabannya masih tetap padat. Sholat ashar berjamaah, murajaah kembali surah pilihan, baru kegiatan ekstrakulikuler.

Sedangkan di malam hari waktu santri diisi dengan tadarus / mendengarkan tausiah, sholat isya lanjut makan malam, lalu murajaah hafalan, khitobah (belajar berpidato), belajar malam, dan istirahat.

Fasilitas Pendidikan

Tersedia ruang kelas yang nyaman, asrama santri yang representatif, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium IPA, koperasi, masjid, kamar mandi, dan lain-lain.

Untuk akses lokasi ke MBS Prambanan Klaten pun mudah, karena lokasinya yang berada di tengah kota tidak jauh dari candi prambanan lho. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran dan Biaya Masuk

MBS Prambanan membuka pendaftaran santri baru dengan dua gelombang.

  • Gelombang pertama: Agustus – November
  • Gelombang kedua: November – Januari

Untuk materi ujian masuknya sendiri yakni BTQ (baca tulis al qur’an, pengetahuan agama, matematika dasar, pengetahuan umum, dan wawancara.

Nah, bagi Bapak / Ibu yang tertarik mendaftarkan buah hatinya di pondok ini bisa datang langsung atau mengisi formulir pendaftaran secara online. Biaya pendaftarannya Rp. 200.000 ribu rupiah.

  • Adapun berkas – berkas yang perlu dilengkapi adalah sebagai berikut:
  • – FC rapor SD semester 1 dan 2 kelas 5
  • – FC KK
  • – FC akta kelahiran
  • – Pas foto 3×4 berlatar biru 3 lembar
  • – FC rapor rangking 1, 2, 3, 4, di kelas 5 yang disertai surat keterangan kepala sekolah (bagi santri yang mendaftar lewat jalur prestasi akademik)

Untuk biaya masuknya sendiri Bapak / Ibu perlu merogoh kocek sekitar 11.9 juta. Biaya tersebut sudah mencakup biaya awal santri baru dan biaya pendidikan santri selama 1 tahun. Ini adalah biaya 2021-2022. Kemungkinan di tahun 2022-2023 ada perubahan.

Biaya ini menurut kami bersaing, bisa disandingkan dengan pesantren lain atau boarding school lainnya di Klaten di link ini. Kami sudah sajikan dengan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat MBS Plus Prambanan

Alamat MBS Plus Prambanan di Jl. Perkutut II, Permukti Baru, Tlaga Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Bisa ikuti Google Maps di bawah ini.

Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai pendaftaran dan lain sebagainya bisa telepon di nomor (0274) 2851 283 atau whats app +62 813 2620 7277. Website resmi klik di sini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *