SMK Pasar Minggu Biaya Terjangkau Jurusan Oke

Posted by

SMK Pasar Minggu merupakan salah satu lembaga pendidikan yang cukup populer di wilayah Jakarta Selatan. Lembaga pendidikan ini dikenal karena menyediakan program penjurusan bagus dengan biaya pendidikan yang terjangkau.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas serba – serbi mengenai SMK Pasar Minggu yang informasinya kami rangkum berdasarkan brosur dan website resmi sekolah.

SMK Pasar Minggu

Sekolah menengah kejuruan ini didirikan pada tanggal 26 September 2014 di bawah asuhan Yayasan Wawasan Nusantara yang juga mengelola unit pendidikan SMP dan SMA dengan nama yang sama.

Mengusung misi mewujudkan tamatan SMK yang produktif, profesional, dan berakhlak mulia, pihak sekolah fokus memberikan pendidikan terbaik melalui dua program penjuruan yang keahliannya sangat dibutuhkan di dunia kerja dengan prospek kerja, kuliah, dan usaha yang luas.

SMK Pasar Minggu

Pendidikan di SMK Pasar Minggu

Pendidikan di SMK Pasar Minggu berlangsung dengan jam pembelajaran yang sama dengan SMA di pagi hari, dan nantinya ijazah dan skhun yang didapatkan siswa dikeluarkan oleh Kemendikbud.

Program Otomisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Program penjurusan pertama adalah otomisasi dan tata kelola perkantoran yang menjadi salah satu bidang keahlian bisnis dan manajemen.

Pada program ini siswa akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan administrasi perkantoran seperti pengetikan naskah atau dokumen, penanganan telepon, penataan dan pengelolaan surat / dokumen, asrip, perjalanan bisnis, dana kas kecil, belajar menyiapkan pertemuan atau rapat, penanganan aplikasi hingga informasi melalui internet.

Dengan kemampuan OTKP yang dimiliki ini, siswa nantinya bisa melamar menjadi sekretaris junior, petugas administrasi, petugas kearsipan, perpustakaan, resepsionis, juru ketik, personalia, operator telepon, dan masih banyak lagi.

Akuntansi Keuangan Lembaga

Program penjurusan selanjutnya adalah akuntansi keuangan lembaga. Program ini secara khusus mempelajari sistematika penyajian laporan keuangan lembaga atau perusahaan kepada pihak eksternal.

Beberapa materi yang dipelajari yakni bagaimana mengelola bukti transaksi keuangan, mengelola buku jurnal dan buku besar, menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa, perusahaan dagang, hingga perusahaan manufaktur melalui laporan neraca, rugi laba, perubahan modal dan arus kas, juga profitabilitas dan kredibilitas perusahaan.

Sedangkan prospek kerja siswa program ini bisa menjadi admin keuangan perusahaan, pegawai negeri sipil, hingga akuntan publik. Jurusan di SMK Pasar Minggu cukup menarik.

Keunggulan SMK Pasar Minggu

Keunggulan bersekolah di SMK Pasar Minggu ada banyak. Utamanya adalah fasilitas penunjang yang didapatkan siswa, yakni gratis biaya praktik kerja dan praktik komputer. Ini nantinya harus dimanfaatkan baik – baik oleh siswa, karena di luar sana pelatihan semacam ini memakan biaya yang lumayan banyak.

Selain gratis biaya praktik, para siswa SMK Pasar Minggu juga bisa mendapatkan akses informasi lowongan kerja. Setidaknya ketika lulus nanti, siswa sudah mengantongi banyak informasi lowongan kerja yang diinginkan.

Keunggulan lainnya adalah letak geografis sekolah yang strategis. Pilihan alternatif transportasi umumnya banyak, siswa bisa menggunakan kereta api, transjakarta, jaklinggo, hingga bus sekolah. Hitung – hitung memangkas ongkos bensin kendaraan.

Ekstrakulikuler Siswa

Kegiatan ekstrakulikuler SMK Pasar Minggu cukup variatif. Ada palang merah remaja (PMR), rohis, hadroh, futsal, paskibra, taekwondo, hingga vokal grup.

Kegiatan eskul ini meski tidak begitu banyak tapi terlaksana dengan baik. Dikelola sungguh – sungguh agar potensi yang ada pada siswa bisa keluar secara maksimal.

Sarana Prasarana Sekolah

Beberapa sarana prasarana penunjang sekolah antara lain laboratorium komputer, akuntansi, dan administrasi perkantoran, lapangan olahraga, perpustakaan, ruang unit kesehatan siswa (UKS), mushola, dan aula pertemuan.

Pendaftaran dan Persyaratan

Bagi yang ingin mendaftar bisa datang langsung ke sekretariat pendaftaran dan penerimaan siswa baru di sekolah atau mendaftar secara online melalui link ini. Pendaftaran dibuka mulai dari bulan April – Juli di hari senin sampai sabtu dengan jam pelayanan 8 pagi – 3 sore.

Sedangkan berkas yang harus diserahkan sebagai syarat pendaftaran seperti fotokopi ijazah dan SKHUN yang sudah dilegalisir, fotokopi kartu keluarga, fotokopi akta kelahiran, dan fotokopi kartu pra sejahtera (bagi yang ada) masing – masing satu lembar.

Biaya Masuk

Biaya masuk siswa baru SMK Pasar Minggu sekitar 3.6 juta yang sudah mencakup biaya sarana prasarana, SPP / bulan, iuran OSIS, paket seragam SMK, jas almamater, biaya foto dan kartu pelajar, biaya kegiatan awal tahun (MPLS dan LDKS) dan biaya formulir pendaftaran sebesar Rp. 100.000 ribu.

Sebagai catatan, khusus siswa lulusan SMP Pasar Minggu bisa mendapatkan potongan 50% dari biaya sarana dan prasarana. Selain itu informasi biaya masuk ini adalah estimasi tahun ajaran 2020 – 2021, jadi kemungkinan ada kenaikan biaya meskipun tidak banyak.

Menurut kami biaya ini cukup terjangkau. Bisa disurvey dengan SMK lainnya di wilayah Jakarta Selatan melalui link ini. Kami sudah sajikan keunggulan dan biaya masuk.

Alamat Lengkap

Adapun alamat lengkap SMK Pasar Minggu di Jl. Asem Pejaten Indah II, Kel. Pasar Minggu, Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Informasi selengkapnya bisa dilihat pada website resmi SMK Pasar Minggu di sini atau telepon ke nomor (021) 7820 641 dan whatsapp di + 62 812 8971 5366. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *