pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Fiwa Bogor Ciseeng | Fasilitas Wah Biaya Masuk Sip

Posted by

Pesantren Fiwa Bogor juga lebih dikenal dengan Fitrah Islamic World Academy. Ini merupakan pondok pesantren eksklusif berstandar internasional berbahasa Arab dan Inggris.

Memiliki unit pendidikan SMP – SMA, Fiwa membuka dua jalur. Yakni full day school dan boarding school. Namun kali ini kami akan fokus membahas boarding schoolnya saja.

Berikut ini telah kami rangkum profil singkat Pesantren Fiwa Bogor, biaya masuk, hingga alamat lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi yang disadur dari beberapa informasi di internet.

Pesantren Fiwa Bogor

Dibimbing oleh alumni Universitas Islam Madinah, Dr. Sofyan Baswedan, Pesantren Fiwa Bogor mempunyai misi khusus, yakni melahirkan calon ulama, pemimpin, pengusaha masa depan didukung dengan pendidikan islami abad 21 bertaraf internasional dan inklusif.

Identitas Fiwa adalah boarding school bermanhaj ahlu sunnah wal jamaah dengan pemikiran para salafus sholih. Berlokasi strategis di kota bogor, hanya perlu 1-1.5 jam dari Jakarta, Bogor, BSD dan Depok. Cukup mudah.

pesantren fiwa bogor

Program dan Kurikulum Pesantren Fiwa Bogor

Fiwa mengkolaborasikan kurikulum pesantren, kurikulum nasional (k-13), dan kurikulum cambridge (internasional). Bisa dipastikan lulusan Fiwa bisa melanjutkan di mana saja, nasional bahkan internasional.

Yang menarik, Fiwa Islamic Boarding School memiliki 6 program unggulan yang sangat beragam. Nah, penasaran apa saja program unggulan tersebut? Berikut ini ulasannya.

Tahfidz Al-Qur’an – program unggulan pertama dari Fiwa adalah tahfidz Al-Qur’an dengan 5 tingkatan. Tingkat pertama tahsin, kedua hafalan, kemudian naik ke tingkatan ketiga hafalan setengah lembar per hari, keempat tahfidz satu halaman pertama hari, dan yang terakhir adalah program mutqin sanad.

Dengan program tahfidz setengah halaman per hari, bisa diperkirakan santri mampu menyelesaikan 30 juz Al-Qur’an dalam kurun waktu 5-6 tahun. Oleh sebab itu pesantren Fiwa Bogor cukup menarik.

Program ILMU – menggunakan Cambridge STEM (sains teknologi rekayasa matematika) siswa mempelajari metodologi sains menjadi lebih seru karena sambil praktik dan juga difasilitasi laboratorium internasional.

Program TI – tidak gaptek, Fiwa Islamic Boarding School membantu santri dan santriwatinya mengembangkan skill IT yang dimilikinya. Dengan ekstrakurikuler santri bisa memilih kesukaannya. Mulai dari coding, desain grafis,

Program Persiapan UN dan SBMPTN – UN dan SBMPTN selalu menjadi momok yang membuat resah orang tua. Terlebih jika anak berada di pesantren dan tidak ada yang membantu mempersiapkan tes ini.

Karena itu Pesantren Fiwa Bogor telah menyiapkan program persiapan UN dan SBMPTN yang sudah bekerjasama dengan bimbel Salemba Group. Hasilnya pun tidak sia-sia. Fiwa menduduki peringkat ke 6 terbaik di Bogor dengan nilai rata-rata 8.5

Kurikulum Wirausaha – sepertinya jiwa entrepreneur santri Fiwa sudah ditanamkan sejak dini. Dilatih mengurus toko santri, menjadi penguasa dalam program dunia nyata, hingga mengelola toko online.

Bahkan kurikulum wirausaha ini diadopsi dari Akademi Kewirausahaan Muda Universitas IOWA (AS) dan Pengembangan Perusahaan dan Bisnis (Cambridge) disempurnakan dengan Al-Qur’an dan As Sunnah.

Program Umroh Khusus FIWA – program unggulan dan teristimewa yang selalu dinanti-nantikan para santri tiap akhir tahun. Program umroh ini dibimbing langsung oleh Ustadz. Dr. Sofyan Baswedan, ketua pengurus Fatwa Al-Irsyad.

Khusus program ini para santri bisa belajar umroh sesuai sunnah, melatih kemampuan berbahasa Arab langsung dengan native, belajar dengan masayikh di masjid Nabawi, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, hingga tur kampus Islam Madinah.

Lebih khusus lagi, bagi santri kelas 3 SMA bisa juga melakukan tes muqobalah (tes masuk) di Universitas Islam Madinah. Program di Pesantren Fiwa Bogor cukup lengkap.

****

Demikian program-program unggulan yang dimiliki Fiwa, lengkap dan menjadikan Fiwa salah satu boarding school terbaik di Kota Bogor.

Pendaftaran Boarding School

Pendaftaran peserta didik baru dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran secara online yang bisa diakses pada laman resmi Fiwa Islamic Boarding School. Selanjutnya membayar biaya pendaftaran yang nantinya akan diinformasikan melalui email pada formulir pendaftaran.

Setelah mengikuti tes seleksi dan mendapatkan informasi kelulusan maka diwajibkan membayar admission fee. Adapun penerimaan peserta didik baru biasanya dibuka mulai Oktober. Uang pendaftarannya 1 juta.

Biaya Masuk Fiwa 2022-2023

Ketika masuk Fiwa, ada tiga jenis pembayaran yang harus dipersiapkan oleh wali murid. Yang pertama admission fee (uang pangkal) sekitar 55 juta. Sudah termasuk uang gedung, 4 stel seragam, biaya eskul wajib (martial art dan cooking class), buku cetak tahun pertama, biaya field trip, dan biaya asrama tahun pertama.

Kedua ada annual fee (iuran tahunan) sekitar 15 juta (eskul wajib dan field trip 2X). Dan yang terakhir ada SPP yang perbulannya sekitar 5 juta. Mencakup biaya pendidikan setiap bulan, makan 3X sehari, laundry 20 kg, plus transportasi ke sekolah.

Dengan biaya masuk tersebut, menurut kami Fiwa Islamic Boarding School termasuk kelas atas. Jika ingin melihat opsi boarding school lainnya di Bogor bisa kunjungi link ini. Sudah kami sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Fiwa Islamic Boarding School

Kunjungi Fiwa Islamic Boarding School beralamat lengkap di Jalan H. Miing No.67, Karihkil, Kec. Ciseeng, Bogor, Jawa Barat 16120. Atau bisa ikuti Google maps dari kami.

Jika Bapak / Ibu mempunyai pertanyaan lebih lanjut, sila hubungi bagian sekretariat di nomor telepon +62 812 9914 0057 (Ust. Hendri Eka Jaya) atau email ke info@fiwa.sch.id. Klik juga website resmi Fiwa Islamic Boarding School di sini https://id.fiwaschool.com/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *