Pesantren di Sambas Kalbar | Rekomendasi dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren di Sambas Kalimantan Barat tidaklah sedikit. Di sini beberapa pesantren berdiri kokoh dengan santri yang berasal dari beragam daerah di Kalimantan. Modelnya juga variatif, dari modern hingga klasik.

Oleh sebab itu kami akan mengulas beberapa pondok pesantren di Sambas yang terbaik berdasarkan informasi brosur, serta beragam informasi lainnya. Di antaranya kami sajikan biaya masuk. Nomor bukanlah ranking.

Pesantren Al Furqon Sambas

Pesantren di Sambas yang pertama adalah Al Furqon. Alamat lengkapnya adalah Jalan H. Said Desa Tebas Sungai, Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat.

Dari brosur terbaru, di sini hanya menyediakan jenjang SMP untuk program pesantren. Di mana kuotanya hanya 50 santri putra dan 50 santri putri. Adapun program pendidikannya tergolong lengkap.

pesantren di sambas

Tersedia dua program, yang pertama kelas reguler di mana mata pelajaran umum dipelajari dengan baik. Ditambah dengan Aqidah, Bahasa Arab, Doa dan Dzikir, Fiqih, Siroh, Hadist, dan hafalan Al Quran sebanyak 1 juz.

Sedangkan program diniyyah memiliki muatan hafalan Al Quran 5 juz, bahasa arab, aqidah, doa dan dzikir, hadist arabin. Nantinya setiap santri akan mendapatkan ijazah resmi dari kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Bagi yang ingin mendaftar maka bisa datang langsung di hari Senin, Selasa, dan Rabu dari pukul 07:30 sampai dengan 16:00. Adapun syarat administrasinya adalah KTP orang tua, KK, akte, raport, ijazah legalisir, foto 3×4. Untuk biaya adalah sebagai berikut.

PendaftaranRp100.000
SPP BulananRp600.000
Uang PangkalRp5.200.000
Biaya Tahun2023-2024

Pesantren Sulthoniyah Sambas Kalbar

Berikutnya adalah Pesantren Sulthoniyah Sambas. Alamat lengkapnya di Jalan LPDI desa Lubuh Dagang Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pondok ini memiliki model modern.

Fasilitasnya sudah lengkap. Mulai dari asrama untuk putra dan putri yang terpisah. Ruang kelas putra dan putri juga terpisah. Kasur dan almari masing-masing untuk santri. Lapangan olah raga, dan laboratorium komputer.

Namun demikian di sini hanya menyediakan jenjang SMP dengan kuota hanya untuk 60 santri. Nantinya dikombinasikan dengan pendidikan pesantren dengan pembelajaran dari Aqidah hingga Fiqh.

Ekstrakurikuler juga menarik. Mulai dari pramuka, muhadhoroh, lailatul Quran, kajian kitab, tahsin dan tahfidz Quran, outing class, olah raga dan lain sebagainya.

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi biaya masuk. Jika ingin mendaftar bisa dimulai sejak 1 Februari. Informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi pondok pesantren Sulthoniyah.

Pesantren Basiuni Imran Sambas

Jika Anda ingin mencari pesantren berbasis kitab kuning di Sambas, menurut kami M. Basiuni Imran adalah jawabannya. Berdiri di tahun 1979, pondok ini beralamat di Jalan Pembangunan, Dalam Kaum, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Jenjang pendidikan yang tersedia untuk pesantren mulai dari MTs dan MA sederajat dengan SMP dan SMA. Akreditasinya B. kemungkinan seiring berjalannya waktu sudah terakreditasi A.

Di sini menggunakan model pagi sekolah sore hingga malam pendidikan pesantren diniyyah. Sehingga khas pesantren di pulau jawa dengan kedalaman ilmu agama.

Ponpes Al Muhajirin Sapak Hulu

Pesantren di Sambas selanjutnya adalah Al Muhajirin dengan alamat di jalan Natuna No. 08 Sapak Hulu, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pondok ini berada di wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia.

Adapun pendidikan formalnya adalah Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Jenjang setara dengan SMP dan SMA namun di bawah kemenag.

Secara karakter pondok ini adalah Annahdliyah. Sehingga lebih ke pondok dengan pendidikan kitab kuning. Adapun metodenya adalah klasikal dan sorogan.

Untuk kitab yang dipelajari di antaranya Safinatun Najah, Sulam Taufiq, Fathul Qorib, Ta’lim Muta’allim, Jurumiyah, dan masih banyak lagi. Santri akan belajar dari Fiqh, Aqidah, hingga Hadist.

Adapun fasilitasnya menurut kami standard. Mulai dari asrama, perpustakaan, koperasi. Juga tersedia pendidikan ekstra seperti tahfidz dan tilawah, pidato, pramuka, pengembangan shalat dan kasidah.

Inilah beberapa pondok pesantren rekomendasi terbaik di Sambas Kalimantan Barat. Kami yakin masih banyak pesantren terbaik. Namun demikian karena keterbatasan informasi kami hanya mampu menyediakan beberapa saja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *