5 Pesantren Terbaik di Pringsewu Lampung | Biaya Masuk Terjangkau

Posted by

Pesantren Terbaik di Pringsewu | Di Provinsi Lampung, Pringsewu dikenal sebagai salah satu wilayah dengan penduduk lumayan padat. Yang kedua, banyak penduduk bisa bahasa Jawa. Oleh sebab itu dalam aspek pesantren identitasnya mirip yang ada di pulau Jawa. 

Kali ini kami akan mengulas beberapa pesantren terbaik di Pringsewu versi Panduan Terbaik. Dasar kami adalah review di internet, ranking Google, dan beberapa pertimbangan subjektif lainnya. Semoga menjadi rangkuman informasi yang bermanfaat bagi Anda. Nomor bukanlah ranking.

Insan Mulia Boarding School 

Kali ini kami masukkan Boarding School di Pringsewu, yaitu Insan Mulia Boarding School, biasanya dikenal dengan IMBOS. Alamat lengkapnya Pringsewu Sel., Kec. Pringsewu. Ini memang berada di lokasi yang lumayan strategis. 

Sebenarnya Boarding School yang satu ini berdiri pada tahun 2017, masih baru, tapi kemudian berkembang cukup pesat. Terutama gedung-gedung yang cukup megah terlihat kokoh di sekolah modern ini. 

pesantren terbaik di Pringsewu

Islamic Boarding School di Pringsewu ini memiliki dua identitas pokok, yaitu pendidikan formal, dan tahfidz Quran. Dari kegiatan harian, dua hal ini cukup dominan. Targetnya adalah dalam tiga tahun, baik jenjang SMP atau SMA, mampu menghafal 7 juz.

Oleh sebab itu pesantren ini pernah juara nasional tahfidz Quran kategori lima juz pada hari santri nasional 2019. Adapun di asrama pembelajaran bahasa Arab dan Inggris berusaha menjadi salah satu kebiasaan positif siswa.

Tentu fasilitas kelas boarding school sangat mumpuni, mulai dari kamar, kelas yang hanya satu bangku satu orang. Serta fasilitas ekstra lainnya. Sayangnya kami tidak mendapatkan info biaya masuk, namun kalau dilihat pengalaman kami, boarding school seperti ini di atas sepuluh juta.

Info lengkap bisa kunjungi website resminya di imbos.sch.id/

Pesantren Nurul Huda Pringsewu

Ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Pringsewu, berdiri pada tahun 1966, bisa jadi merupakan salah satu pesantren tertua di Pringsewu. Alamatnya Jln Ki Hajar Dewantara No 3-5, Pringsewu Tim., Kec. Pringsewu.

Pesantren ini memiliki warna khas pesantren NU, yaitu memiliki kegiatan harian pada diniyyah melalui pendalaman kitab kuning. Sehingga penguasaan ilmu alat, seperti bahasa arab menjadi menu wajib melalui nahwu dan sharf yang matang.

Tersedia asrama untuk putra dan putri yang terpisah, 3 komplek putri, dua komplek putra, jenjang yang tersedia ada Tsanawiyah, Aliyah, juga SMK. Kegiatan ekstra juga tidak lepas dari tradisi seperti rebana dan lain sebagainya.

Yang istimewa adalah, pesantren ini beberapa kali meraih juara festival video pendek Kemenag RI tingkat nasional, 2017 dan 2018. Itu artinya multimedia di pesantren ini bagus. Oleh sebab itu programnya cukup variatif dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Pringsewu.

Kalau fasilitasnya tidak berlebihan, cara berpakaiannya dalam keseharian dengan sarung, peci, koko, sederhana. Sayang kami tidak berhasil menghimpun info biaya masuk. Website resmi bisa dikunjungi di sini, https://yppnhpringsewu.sch.id/

Pesantren Al Anshor Khusus Putri 

Satu lagi pesantren terbaik di Pringsewu yaitu Al Anshor yang beralamat di Wates, Kec. Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu. Pesantren ini memiliki spesialisasi yaitu khusus putri. Di Indonesia tidak banyak pesantren yang demikian.

Ada dua program yang cukup menarik. Pertama pesantren ini hanya fokus kepada pendidikan anak jenjang menengah atas, SMA. Terutama untuk IPA. Kedua pesantren ini fokus pada pendidikan umum dan disertai dengan tahfidz Quran. Untuk yang reguler minimal hafal 5 juz. Plus ada tambahan satu tahun setelah lulus untuk tugas wiyata bakti.

Selanjutnya adalah program khusus tahfidz Quran. Program ini untuk siswi usia antara 15 sampai dengan 25 tahun. Targetnya adalah 30 juz. Pesantren ini banyak menjadi pilihan untuk putri yang ingin mondok.

Kalau dilihat di brosur secara keseharian di pesantren ini rata-rata menggunakan cadar, sehingga banyak yang mengenal sebagai pesantren sunnah. Jumlah santrinya tidak terlalu banyak. Sehingga bisa lebih kondusif dalam bimbingan. Kalau untuk fasilitas standard pesantren dengan kamar dan lain sebagainya.

Untuk biaya bulanannya ada pilihan, sekitar 800-900 ribuan. Sedangkan untuk biaya masuk dengan SPP kurang lebih 7.8 juta rupiah. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini https://www.ppialanshorputri.com

Pesantren Al Hidayah Gading Rejo

Satu lagi pesantren terbaik di Pringsewu yaitu Ma’had Al Hidayah dengan alamat lengkap di Wates, Kec. Gading Rejo. Pesantren ini bisa dikatakan tergolong paling lengkap secara jenjang, mulai setingkat, SD, SMP, hingga SMA. 

Pesantren ini secara identitas jika dilihat dari Visinya adalah pesantren sunnah yang berpegang pada pemahaman salafus shalih. Maka dari brosur dan lain sebagainya foto-foto tidak ditampilkan wajahnya. Untuk yang perempuan juga memakai cadar.

Kelebihan lain yang cukup baik adalah unsur tahfidz Quran, untuk jenjang sekolah dasar targetnya tiga juz, untuk jenjang berikutnya adalah hafal 15 juz. Ada pula jenjang khusus menghafal 30 juz Al Quran. Bahkan beberapa kali juara tahfidz Quran seperti juara umum olimpiade Al Quran Provinsi Lampung, dan lain sebagainya. 

Unsur lain yang kuat adalah bahasa arab. Karena di pesantren ini setiap santri memiliki target untuk bisa membaca kitab ulama terdahulu. Bahkan jika ingin masuk jenjang Aliyah dan belum bisa bahasa arab, atau tidak lulus, maka ada satu tahun jenjang persiapan bahasa arab.

Untuk biaya masuk tingkat MI berasrama sekitar 6.5 jutaan, SPPnya sekitar 600 ribuan. Sedangkan untuk jenjang MTs dan MAbiaya masuknya sekitar 7.5 jutaan dengan biaya SPP sekitar 700.000 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resmi di http://mahadalhidayah.com/

Ponpes Madinatul Ilmi Pagelaran

Pesantren ini berdiri pada tahun 2006 dengan luas lebih dari 0.5 hektar. Alamat lengkapnya di Gumukrejo Kecamatan Pagelaran Pringsewu Lampung. Pesantren ini memiliki identitas berbeda di banding yang lain, dalam sudut pandang kami lebih kental unsur diniyyah.

Yaitu pendidikan yang fokus pada pembelajaran kitab kuning dengan tingkatan Ula selama empat tahun, Wustha selama tiga tahun, dan Ulya selama tiga tahun. Masing-masing memiliki 18 jam pelajaran selama satu minggu. Artinya satu hari rata-rata sekitar tiga jam. Fokus diniyyah seperti ini layaknya pesantren Al Anwar Rembang, juga pesantren lain di Jawa Timur. 

Namun demikian bukan berarti tidak memiliki pembelajaran di formal. Pesantren ini memiliki jenjang formal setingkat Tsanawiyah, dan Menengah Kejuruan. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Pringsewu Lampung. 

Santrinya sudah tumbuh ratusan, tersedia untuk putra dan putri dengan asrama yang memadai. Adapun untuk biaya masuk ke pesantren ini menurut kami standard bahkan murah dengan dua pilihan. 

Kalau dengan dua kali makan, biaya pendidikan selama setahun, ingat setahun ya, sekitar 4.2 juta. Sedangkan kalau tiga kali makan selama setahun sekitar 5.6 juta. Info lengkap bisa kunjungi website resmi di sini, https://www.madinah.or.id/

Daftar Pesantren Bagus di Pringsewu

Inilah daftar pesantren bagus di Pringsewu Lampung. Tentu masih banyak pesantren terbaik lainnya yang belum bisa kami himpun, seperti pesantren modern, karena keterbatasan informasi. Jika ada usul mohon cantumkan di kolom komentar.

Atau jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview oleh kami cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke alamat affany1986@gmail.com, kami akan membantu untuk publikasi lembaga pendidikan yang Anda miliki. 

3 comments

  1. Assalamu’alaikum….,
    Utk pondok pesantren yg masih membutuhkan bantuan pembangunannya ada tidak diPringsewu, terutama pondok2 anak2 yatim dan duafa..?
    Ada Pengusaha yg akan ber Infak relatif cukup besar,
    Mohon info nya..
    Wassalam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *