Pesantren Darussalam Pematang Siantar | Keunggulan dan Biaya

Posted by

Pondok Pesantren Darussalam Pematang Siantar merupakan salah satu pesantren yang cukup legendaris bagi masyarakat sekitar Pematang Siantar. 

Ponpes yang dirintis dan dibangun oleh KH. Muhammad Bakry Al Kholidi, Lc., pada tahun 1983 ini memiliki misi menjadi ponpes yang memberikan pendidikan yang berlandaskan aqidah ahlu sunnah wal jamaah serta pembelajaran ibadah berdasarkan fiqih syafi’iyah. 

Dengan demikian menurut kami konsep Darussalam sendiri adalah ponpes salafi dan cara berpakaian santri yang identik dengan celana di atas mata kaki dan bersurban sedangkan santriwatinya memakai kerudung syar’i bercadar. 

Pesantren Darussalam Pematang Siantar

Kurikulum pendidikan Ponpes Darussalam Pematang Siantar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ponpes lainnya yang mengkaji kitab-kitab ulama salafus shalih.

Pesantren Darussalam Pematang Siantar

Oleh karenanya materi yang dipelajari santri macam-macam, mulai dari tauhid, fiqih, akidah, nahwu, shorof, tafsir, hadits, tarikh, tasawwuf dan sebagainya. 

Selain belajar kitab, terdapat juga program-program lainnya yang menjadi bagian pendidikan santri. Yakni program tahfidz al Qur’an dan program wajib berbahasa Arab untuk santri-santriwati jenjang Tsanawiyah (SMP) dan Aliyah (SMA). Program tahfidz seperti ini memang banyak dicari orang tua masa kini.

Pembentukan Insan Salafi yang Sholih

Tujuan utama hadirnya pesantren dalam pendidikan adalah melahirkan generasi insan yang berilmu tinggi dan berkepribadian sholih. Dan pribadi yang sholih lahir dari hasil didikan orang tua/guru, pengaruh lingkungan sekitar serta pembiasaan sejak dini.

Di Ponpes Darussalam Pematang Siantar, baik santri dan santriwati dilatih berdisiplin mengikuti syariat agama.

Beberapa contohnya adalah santri dibiasakan berpuasa sunnah senin-kamis maupun di hari-hari lain yang disunnahkan untuk berpuasa. Melakukan sholat fardu berjamaah dan dilanjutkan wirid hingga selesai.

Pembentukan insan shalih ini juga terlihat dari peraturan yang ditetapkan oleh ponpes seperti larangan mengadakan hubungan via apapun dengan lawan jenis, menonton segala pertunjukan di luar ponpes, mendengarkan alat musik, dan sebagainya. 

Inilah salah satu ikhtiar pihak ponpes Darussalam Pematang Siantar sebagai wali orang tua untuk membentuk santri sholih dan santriwati sholihah. Masya Allah. 

Ekstrakulikuler di Ponpes Darussalam Pematang Siantar

  • Muhadloroh (latihan berpidato)
  • Seni bela diri karate
  • Latihan bertani
  • Latihan beternak 
  • Olah raga

Syarat Pendaftaran

Berikut ini beberapa syarat yang harus diperhatikan calon santri:

  • Calon santri diantar orang tua/wali dengan membawa surat wakilah dari orang tua
  • Calon santri yang berusia di atas 10 tahun wajib membawa surat tes darah dari dokter sebagai bukti bebas narkoba, HIV, AIDS dan sebagainya.
  • Membawa berkas administrasi seperti ijazah/rapor pendidikan terakhir (3 lembar), fotokopi KTP, fotokopi KK, dan surat keterangan pindah dari pondok atau sekolah bagi santri pindahan. 

Biaya Darussalam Pematang Siantar

  • Uang pangkal: Rp5.000.000
  • Administrasi: Rp200.000
  • Biaya air dan listrik: Rp50.000/bulan
  • Biaya keperluan lain: Rp20.000/bulan
  • SPP syahriah (disesuaikan dengan kemampuan masing-masing): Rp350.000 atau Rp500.000 per bulan.

Dengan demikian totalan biaya masuk santri-santriwati Pondok Pesantren Darussalam Pematang Siantar sekitar 1.1 juta rupiah. Biaya di atas kami dapatkan di tahun 2023.

Biaya yang menurut kami terhitung murah untuk ukuran ponpes di wilayah Sumatra Utara. 

Namun jika menghendaki ponpes lain di Sumatra Utara, silakan klik link berikut ini. Kami rekomendasikan beragam ponpes terbaik lainnya beserta keunggulan dan biaya masuk masing-masing. 

Alamat Lengkap

Jika ingin melihat Pondok Pesantren Darussalam lebih jelas bisa datang langsung ke ponpes yang berlokasi di Jl. Darussalam, Pd. Sayur, Kec. Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara. 

Narahubung untuk bertanya-tanya mengenai ponpes silakan hubungi Ust Abbdul Halim Abbas (+62 822 6112 4528) atau kunjungi laman fanspage resmi Pondok Pesantren Darussalam Pematang Siantar di sini.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan mencari ponpes terbaik. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *