Pesantren Darul Ma’arif Al Falah Sintang | Biaya dan Keunggulan

Posted by

Pesantren Darul Ma’arif (PPDM) Al Falah merupakan salah satu pesantren tertua di Sintang yang memiliki 3000+ santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Didirikan oleh Drs. KH. M. Gozali, MH., pada 5 Mei 1996, PPDM Al Falah memiliki misi mendidik generasi muda Islam yang kuat imannya, luas ilmunya, dan berakhlak mulia dengan konsep pendidikan dakwah ahlu sunnah wal jama’ah (ASWAJA).

Pendidikan di PPDM Al Falah Sintang

Pendidikan di PPDM Al Falah terdiri dari beberapa jenjang. Pertama adalah MDT atau Madrasah Diniyah Takmiliyah, sebuah program pendidikan penguatan nilai-nilai agama Islam dengan konsep diniyah menggunakan kurikulum pesantren salaf dan kajian kitab kuning.

Kemudian program yang kedua yakni MTs Darul Ma’arif Al Falah. Program pendidikan formal dengan kurikulum kemenag dan diperuntukkan putra-putri dengan kelas terpisah.

Pesantren Darul Ma'arif

Secara akreditasi MTs ini nilainya A dan ditunjang dengan beragam kegiatan ekstrakulikuler pilihan.

Terakhir, MA Darul Ma’arif Al Falah. Program pendidikan formal lanjutan yang juga sudah terakreditasi A.

Menggunakan kurikulum yang sama (kemenag), program pendidikan ini pun didukung dengan eskul dan program keterampilan tambahan.

Program Istimewa

Satu program istimewa lainnya selain kajian kitab kuning pada DTA. Tepatnya yakni tahfidz al Qur’an dengan sistem marhalah.

Maksudnya santri menghafal sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Mulai dari marhalah satu untuk pemula, marhalah dua untuk santri yang kemampuannya menengah, dan marhalah tiga untuk santri takhosus program hafalan 30 juz al Qur’an.  

Kenapa Harus PPDM Al Falah?

Sejatinya ada berbagai keunggulan yang dimiliki PPDM Al Falah. Utamanya adalah pembiasaan ibadah sunnah dan wajib yang diawasi oleh dewan guru. Tujuannya santri terbiasa dengan kegiatan ibadah baik ketika mondok hingga kelak terjun ke masyarakat.

Selain itu para santri dan santriwati kelas akhir dibekali dengan kegiatan fardu kifayah seperti mengurus jenazah dan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai pengalaman tambahan yang akan bermanfaat ketika hidup bermasyarakat setelah kelulusan.

Kedua adalah manajemen kepengasuhan santri yang jelas. Nantinya setiap kelas memiliki wali kelas dan wali asuh yang akan selalu memantau perkembangan akhlak dan prestasi santri selama di ponpes.

Ketiga yakni adanya pembinaan minat dan bakat santri. Selama berada di PPDM Al Falah setiap santri/santriwati memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sesuai minat bakat baik di bidang beladiri, olahraga maupun kesenian.

Keempat adalah fasilitas kesehatan yang memadai. Bapak/Ibu tidak perlu cemas selama santri belajar dan mondok di PPDM Al Falah. Sebab, ponpes memiliki doketer dan apoteker yang memudahkan pengontrolan dan penanganan kesehatan santri.

Fasilitas dan Sarana

Fasilitas-fasilitas yang disediakan PPDM Al Falah Sintang antara lain ada asrama putra dan putri, ruang kelas, kantor pelayanan, dapur umum, kantin, lapangan olahraga, hingga fasilitas air bersih dan kendaraan operasional.

Dari beberapa fasilitas yang ada menurut kami sudah cukup memadai meski beberapa fasilitas seperti poskestren, transmart, mess guru, dan sebagainya masih dalam tahap pembangunan.

Syarat Pendaftaran

Pendaftaran santri-santriwati baru PPDM Al Falah dibuka dengan 2 gelombang:

  • Gel. I: 1 Februari – 8 April 2023
  • Gel. II: 12 April – 24 Juni 2023

Adapun syarat pendaftaran yang perlu disiapkan antara lain:

  • Mengisi formulir online
  • SHUS/surat keterangan lulus (asli)
  • FC kartu peserta ujian sekolah/madrasah
  • FC akta kelahiran dan kartu keluarga (5 lembar)*
  • FC ijazah dan SHU (5 lembar)*

*Dokumen dilegalisir oleh pejabat berwenang, kemudian di-scan dan diunggah pada website pendaftaran melalui link ini.

Biaya Masuk Tahun 2023-2024

Bapak/Ibu yang tertarik memondokkan buah hatinya di ponpes ini maka harus menyiapkan dana sebagai berikut

 Madrasah TsanawiyahMadrasah Aliyah
Biaya masukRp7.220.000Rp7.550.000
SPP syahriahRp820.000Rp850.000

Biaya tersebut bisa diangsur dengan syarat telah membayar 70% pada saat daftar ulang. Terdapat pula beasiswa untuk 20 santri MTs/MA berprestasi di bidang akademik dan non akademik dengan dibuktikan FC rapor, sertfikat ataupun piagam. 

Rekomendasi pesantren terbaik lain lainnya wilayah Kabupaten Sintang sini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap dan Kontak

Pondok Pesantren Darul Ma’arif Al Falah berlokasi di Jl. Sintang Nanga Pinoh, Desa Ransi Dakan, Kec. Sungai Tabelian, Kab. Sintang, Kalimatan Barat.

Jika membutuhkan informasi lebih lengkap bisa menghubungi Ust. Agus (+62 857 5260 4496) / Ust. Roni (+62 857 3511 1611). Website resmi ponpes klik di sini https://ppdmalfalah.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *