Pesantren Al Falah Banjarbaru | Kelebihan dan Biaya

Posted by

Pondok Pesantren Al Falah merupakan salah satu ponpes besar di Banjarbaru. Ponpes bersejarah ini sudah ada sejak tahun 1975.

Pendiriannya diprakarsai oleh KH. Muhammad Tsani, seorang alim ulama yang kiprahnya harum terkenal bukan hanya di Kalimatan Selatan saja, tetapi juga pulau Jawa, Sumatera hingga Malaysia.

Secara identitas, Al Falah mencerminkan nilai-nilai salafiyah, aktivitas harian beserta kajian kitab kuningnya menjadi corak khas. Bahkan salah satu tes masuk bagi santri MTs/SMP adalah membaca kitab kuning.

Arti Pesantren Al Falah Banjarbaru

Adapun nama “Al Falah” yang tersemat pada ponpes ini sebetulnya memiliki makna tersendiri. Kata “Al Falah” diambil dari lafadz azan “hayya alal falah” yang berarti “marilah menuju kepada keburuntungan”.

pesantren al falah banjarbaru

Jadi bisa disimpulkan bahwa ponpes Al Falah adalah manifestasi do’a agar para santri-santriwati yang mondok di Al Falah selalu mendapatkan keberuntungan dan keselamatan baik di dunia maupun akhirat.

“Nyantri” di Pesantren Al Falah Banjarbaru

Masa belajar di Ponpes Al Falah sejatinya adalah tujuh tahun. Pada tahun pertama dalam kurun waktu tersebut, santri dan santriwati diwajibkan mengikuti program tajhizi atau persiapan.

Sebuah program pembinaan keagamaan khusus untuk para santri. Nantinya mereka dibimbing tata cara ibadah yang baik dan benar, mulai dari sholatnya, dzikir-dzikirnya sampai bagaimana cara membaca dan menulis al Qur’an hingga tingkat mahir.

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan, membantu, dan mempersiapkan santri sebelum benar-benar memasuki jenjang madrasah tsanawiyah.

Sehingga apabila santri/santriwati masih sangat awam tetap bisa mengikuti kegiatan ponpes dengan baik karena adanya program tajhizi ini.

Selanjutnya setelah melewati tingkatan awal, santri bisa melanjutkan belajarnya ke tingkat yang lebih tinggi. Wustha (menengah) dan ulya (atas) yang masing-masing tingkatnya ditempuh dalam waktu tiga tahun.

Bagi santri yang ingin menghafal Qur’an tak perlu khawatir, sebab ponpes juga menyediakan program tahfidz Qur’an 30 juz bagi yang memiliki niat dan kemampuan untuk serius menghafal.

Pendidikan Formal di Al Falah Banjarbaru

Pendidikan formal di Al Falah terhitung cukup lengkap. Mulai dari yang paling dasar seperti PAUD dan TK, madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs), madrasah aliyah (MA) dan sekolah tinggi agama Islam (STAI) untuk mahasiswa putra dan putri.  

Fasilitas Ponpes

Menyoal fasilitas, Ponpes Al Falah terbilang lengkap sarana dan prasarananya. Mulai dari asrama santri dengan fasilitas ranjang tingkat, asrama guru, ruang kelas, cafetaria, balai pengobatan.

Perpustakaan, kolam mandi, 5 lapangan olahraga, wartel, lab. komputer, GOR, ruang tunggu berkunjung hingga penginapan untuk orang tua, wali santri maupun tamu.

Kegiatan Ekstrakulikuler

Pilihan kegiatan eskul ponpes Al Falah sama beragamnya dengan pondok modern. Ada hadrah/rebana, drumband, jurnalistik dan publishing, seni kaligrafi, bela diri, olahraga dan keterampilan wirausaha.

Terdapat juga eskul yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis santri seperti musyawarah ma’hadiyah, bahtsul masail, diskusi penelitian ilmiah dan sebagainya.

Pendaftaran Santri Baru

Syarat utama santri baru adalah berusia maksimal 14 tahun saat pendaftaran, kemudian bersedia mukim di dalam pondok dan tidak diperbolehkan pulang-pergi.

Pengecualian bagi santri yang berdomisili kurang dari 3 km dari pondok bisa pulang-pergi dengan syarat wajib mukim minimal satu tahun pertama.

Adapun berkas persyaratan yang dibutuhkan antara lain yakni:

  • SK duduk di kelas 6 SD/MI,
  • FC rapor kelas 6 sebanyak 2 lembar,
  • FC akta kelahiran dan kartu keluarga masing-masing 2 lembar, dan
  • FC KTP ayah dan ibu atau wali santri 2 lembar.

Biaya Masuk Tahun 2023-2024

KeteranganPutraPutri
Uang pendaftaranRp100.000Rp100.000
Biaya masukRp3.780.000Rp3.655.000
SPP syahriah– Rp850.000 (santri mukim) – Rp100.000 (pulang-pergi)– Rp850.000 (santri mukim) – Rp100.000 (pulang-pergi)
Biaya perlengkapan dan seragamRp4.000.000Rp4.100.000

Menurut kami biaya masuk santri-santriwati baru ponpes Al Falah termasuk standar. SPP per-bulannya kurang dari 1 jt-an.

Bapak/Ibu bisa bandingkan dengan ponpes lain yang sudah pernah kami ulas di link ini. Sudah ada informasi kelebihan beserta biayanya masing-masing.

Alamat Lengkap

Pondok Pesantren Al Falah berlokasi di Jl. Ahmad Yani Km. 23, RT. 006 RW. 002, Kel. Landasan Ulin Tengah, Kec. Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Untuk informasi lebih detailnya bisa hubungi Ust. Baidhawi (+62 821 5916 1837) dan Ustadzah Maryam (+62 821 5916 1501). Laman website resminya klik di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *