Pesantren Aisyah Samawa Sumbawa | Keunggulan dan Biaya

Posted by

Pesantren Aisyah Samawa Sumbawa merupakan pondok pesantren putra putri dengan banyak keunggulan. Santrinya berasal dari beragam daerah di Indonesia.

Oleh sebab itu kami ingin mengulas lebih jauh tentang pondok pesantren Aisyah Samawa Brang Biji yang bersumber dari brosur dan website resmi. Di antaranya kami sajikan informasi pendaftaran dan biaya.

Profil Pesantren Aisyah Samawa Lombok

Pesantren Aisyah Samawa berada di bawah naungan Yayasan Nurul Islam Sumbawa. Secara nilai ponpes ini menyelenggarakan sistem pendidikan dalam frame sesuai dengan manhaj Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

Sistem Pendidikan Aisyah Samawa

Sistem pendidikan yang berjalan di Pesantren Aisyah Samawa adalah berbasis formal dengan jenjang SMP dan SMA untuk putra atau putri. Sehingga secara kurikulum merujuk ke diknas.

pesantren aisyah samawa lombok

Adapun untuk target pendidikan terdiri dari dua aspek pokok, pertama tahfidz Quran atau menghafal Al Quran yang fokus menghasilkan hafalan Mutqin dan bersanad.

Yang kedua adalah target bahasa arab dan inggris yang menjadi bahasa internasional dan sudah menjadi kewajiban di pondok pesantren Indonesia. Baik tulis atau lisan. Bisa dikatakan model pendidikanya sudah modern.

Tenaga Pendidik

Pondok Pesantren Aisyah Samawa memiliki guru-guru yang berasal dari Universitas Islam Madinah, LIPIA Jakarta, Darul Hadist Yaman, serta beberapa lembaga berikut,

  • Monash University, Melbourne
  • Ma’had Minhajus Sunnah
  • Ma’had Al Furqon
  • Alumnus Ma’ha dan Perguruan Tinggi lainnya.

Jika melihat pengajarnya, bisa dikatakan ini adalah pesantren sunnah. Di mana setiap hari mengamalkan sunnah dari cara berpakaian, hingga ibadah.

Program Unggulan dan Ekstrakurikuler

Kajian RutinKewirausahaan
Public SpeakingOlah Raga
PramukaBahasa Asing

Life Skill dan Peminatan

Yang unik di Pesantren Aisyah Samawa Sumbawa, terdapat program program khusus pengembangan life skill untuk santri. Baik putra atau putri bisa mengembangkan potensi terbaik di program ini.

MenjahitTata Boga
MultimediaKaligrafi
BudidayaMIPA

Fasilitas dan Sarana

Menurut kami fasilitas yang tersedia sudah tergolong memadai. Mulai dari masjid, kelas, hingga ruang terbuka yang luas. Lebih jelas bisa melihat video yang sudah kami sertakan di bagian bawah agar bisa tampak secara visual.

Pendaftaran Santri Baru

Jika ingin menaftar bisa online atau offline. Mekanismenya mirip. Yaitu mengisi formulir atau hubungi terlebih dahulu admin di 0877 5393 9768.

Kemudian melakukan biaya pendaftaran senilai Rp200.000. Transfer ke rekening Pondok di 716 802 8991 atas nama Pondok Pesantren Aisyah Samawa.

Santri mengumpulkan berkas yang discan yang dikumpulkan dalam satu pdf. Nantinya berkas seperti Akte, NISN dan lainnya diprint atau fotocopy ketika ujian seleksi. Proses ujian seleksi akan diberitahu kalendernya.

Adapun serah terima santri baru, masuk ke pesantren Aisyah Samawa Lombok dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2023. Jadi harus siap-siap untuk mendaftar dari sekarang.

Biaya Ponpes Aisyah Samawa

SMP PutraRp8.650.000
SMA PutraRp9.050.000
SMP PutriRp9.300.000
SMA PutriRp9.700.000
SMA LanjutanRp7.200.000

Biaya di atas adalah tahun ajaran 2023-2024. Biaya di atas sudah termasuk sarana prasarana, infaq pembangunan, seragam, kitab, buku sekolah, dan lain sebagainya.

Adapun untuk biaya bulanan sebesar Rp800.000 untuk SMP dan SMA Putra, dan Rp820.000 untuk SMP dan SMA Putri. Biaya tersebut sudah termasuk dengan spp bulanan dan laundry.

Sedangkan yang dimaksud dengan SMA Lanjutan adalah santri yang ingin melanjutkan dari SMP Aisyah ke SMA Aisyah. Menurut kami biaya ini tergolong lumayan. Bisa disurvey pondok pesantren lain di Sumbawa melalui link ini. Kami sudah sajikan informasi lengkap biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren Aisyah Samawa berada di Jalan Pramuka Rt 02 Rw 01 Kelurahan Brang Biji, Sumbawa, NTB. Jika ingin menghubungi pihak pesantren, atau ada pertanyaan bisa komunikasi ke nomor berikut

  • 0823 5932 3705
  • 0877 5393 1968

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memasukkan anaknya ke pondok pesantren terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *